Ide Permainan Sederhana Tapi Sangat Menunjang Tumbuh Kembang Anak

Ibu dan balita www.ibudanbalita.com
Ibu dan balita

www.ibudanbalita.com

Ada banyak sekali pilihan permainan yang bisa ibu berikan untuk si kecil. Namun, apakah ibu yakin permainan tersebut baik untuk tumbuh kembang anak? Jika ibu yakin, apakah ibu yakin permainan tersebut bagus untuk perkembangan sisi kognitif anak?

Banyak jenis permainan yang disebut sebagai permainan atau game edukatif. Imbuhan kata “edukatif” ini sering membuat orang tua yakin permainan tersebut bagus untuk sang buah hati.

Namun, tentu saja ibu bisa percaya begitu saja, bukan?

Ada banyak ide permainan sederhana yang ibu tidak perlu mengeluarkan banyak uang di mana permainan tersebut bisa sangat menunjang tumbuh kembang anak. Kunjungi saja www.ibudanbalita.com untuk mendapatkan ide permainan sederhana apa saja yang bisa ibu tunjukkan kepada sang buah hati.

Yang pasti, permainan yang ibu pilihkan setidaknya memiliki kriteria berikut ini:

Membuat Anak Aktif

Tentu saja game online atau game yang ada di smartphone tidak termasuk ke dalam kriteria ini. Jika ibu ingin tahu permainan apa yang membuat anak aktif, ibu bisa lihat permainan yang ibu mainkan pada waktu masih kecil ketika belum ada gadget atau alat-alat canggih seperti saat ini.

Namun, tidak semua permainan modern itu tidak membuat anak bisa aktif lho bu. Ibu bisa cari tahu permainan yang bisa menarik bagi anak pada saat ini yang modern tapi juga bisa membuat anak aktif bergerak.

Anak Belajar Bekerjasama

Di berbagai negara maju, anak usia dini tidak diajarkan tentang hal-hal yang bersifat kognitif. Justru mereka diajarkan untuk bersosialisasi dan bekerjasama satu sama lain.

Itulah mengapa teori perkembangan anak mengatakan anak usia dini tidak diperbolehkan menghafal, tapi bermain.

Mungkin ini yang menjadi salah satu kesalahan sistem pendidikan di Indonesia. Lihat saja banyak anak cerdas yang cenderung pendiam, kurang bisa bersosialisasi dengan orang lain, dan bekerja atau belajar sendiri.

Padahal ketika ia dewasa nanti, di dalam dunia kerja, mereka tidak mungkin bekerja sendiri, melainkan bekerjasama dengan orang lain.

Untuk itu, akan lebih baik jika sejak dini ibu memberikan permainan yang membuat si kecil bisa bersosialisasi dengan temannya dengan mudah serta permainan yang membuatnya bisa bekerjasama dengan yang lain.

Lebih Percaya Diri

Apakah ada permainan yang bisa menumbuhkan percaya diri? Ada. Contohnya saja permainan di air seperti renang atau permainan outbound yang biasanya ada di tempat rekreasi alam.

Membiarkan si kecil melakukan kegiatan yang tidak biasa seperti akan membuat si kecil merasa percaya diri. Hal ini disebabkan mereka berhasil melakukan hal yang di luar kebiasaan.

Jika di rumah, ibu bisa memilihkan permainan seperti naik sepeda, main skateboard, bermain bola basket, dan lain sebagainya. Tentunya permainan tersebut harus disesuaikan dengan usia serta minat si kecil ya bu.

Apakah ibu sudah memiliki bayangan permainan apa yang cocok untuk sang buah hati?

Yang pasti, buatlah si kecil bergerak. Jangan biarkan ia berdiam diri di dalam rumah, bermain gadget atau menonton TV.

Akan lebih baik jika permainan tersebut disesuaik dengan bakat sang buah hati ibu. Sudah tahu bakat apa yang terlihat pada si kecil?

Jika belum tahu, ibu bisa konsultasikan dengan psikolog anak yang bisa melakukan pemetaan bakat anak. Ibu akan lebih mudah mengarahkan kemana arah masa depan si kecil jika ibu tahu apa bakat yang ada pada dirinya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*