Ide Belajar Sambil Bermain Yang Tepat Untuk Anak Usia 3 Tahun

belajar sambil bermain https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Apa yang membedakan antara anak yang sudah berusia 3 tahun dengan yang dibawahnya? Jika ibu sudah memiliki anak, pasti tahu perbedaannya.

Karena perbedaan tersebut, tentu ibu perlu menerapkan pengasuhan yang berbeda. Permainan untuk anak usia 3 tahun pun berbeda.

Ibu perlu mengajak si kecil belajar sambil bermain agar kemampuan si kecil selalu meningkat dan mendapatkan lebih banyak pengetahuan.

Nah, ibu ingin tahu bagaimana cara belajar dengan bermain yang cocok untuk anak usia 3 tahun? Berikut beberapa ide yang bisa ibu coba.

Berkreasi dengan Bahan-Bahan Bekas

Ibu tidak harus membelikan mainan yang mahal untuk sang buah hati. Akan lebih baik jika ibu mengajarkan kepada si kecil untuk membuat mainan yang terbuat dari bahan bekas.

Dengan mengajarkan hal seperti ini, ibu secara tidak langsung membiasakan anak untuk kreatif memanfaatkan barang-barang yang sepertinya tidak ada gunanya menjadi barang yang ada manfaatnya.

Dan yang tak kalah penting lagi, cara ini juga mengajarkan kepada anak untuk menjadi bagian dari agen menyelamatkan bumi. Yaitu, mengurangi limbah dengan cara mengolah bahan bekas menjadi barang yang masih bisa digunakan.

Ada banyak sekali ide berkreasi dengan bahan-bahan bekas. Dan ini tepat sekali dijadikan permainan sekaligus belajar anak.

Ibu bisa cari video tutorial berkreasi dengan barang-barang bekas. Akan tetapi, ibu harus pilihkan kreasi yang mudah untuk ditiru oleh si kecil.

Sering Mengajak Si Kecil Di Taman Bermain

Belajar tidak hanya berkaitan dengan kecerdasan otak. Belajar juga harus dikaitkan dengan kemampuan si kecil bersosialisasi dengan orang lain atau setidanya dengan anak-anak seusianya.

Dan hal ini bisa ibu lakukan jika ibu sering mengajak anak untuk bertemu dengan anak-anak yang lain. Salah satu tempat agar si kecil bisa bersosialisasi adalah playground. Di sana biasanya banyak orang tua yang mengajak anak mereka untuk bermain atau sedang bersantai.

Nah, di sana pula ibu bisa mengajarkan agar anak terbiasa untuk bersosialisasi dengan teman-teman yang lain.

Piknik Edukasi

Terkadang ibu jenuh dan ingin refreshing. Sesekali meninggalkan rutinitas setiap hari. Dan kenapa ibu tidak mengajak si kecil piknik edukasi? Sembari refreshing, ibu juga sekaligus mengajak si kecil belajar sambil bermain di tempat piknik tersebut.

Sekarang ini semakin banyak tempat piknik edukasi. Anak akan tertarik karena wahananya sangat menyenangkan untuk si kecil. Namun, tidak itu saja. Yang terpenting adalah si kecil bisa mempelajari hal-hal yang baru di tempat tersebut.

Dalam hal ini, ibu perlu mempertimbangkan untuk memilihkan tempat piknik edukasi yang sesuai dengan usia si kecil. Karena usianya sudah mencapai 3 tahun, sebenarnya sudah banyak sekali pilihan tempat piknik yang bisa ibu coba.

Ibu harus tahu usia 3 tahun adalah usia emas anak. Pada saat inilah si kecil belajar banyak hal. Dokter anak mengatakan ketika anak mencapai usia 3 tahun, ada keinginan yang kuat dari dalam diri si kecil untuk mempelajari banyak hal. Dan inilah waktu yang tepat bagi ibu untuk menyalurkan rasa ingin tahu tersebut terhadap hal-hal yang baik.

Oleh sebab itu, ibu harus bijak dalam memilih permainan yang sekaligus membuatnya belajar tentang hal-hal yang baru. Dengan demikian, si kecil akan tumbuh menjadi anak yang pintar. Karena banyak anak yang sudah terlihat ketertarikan, bakat, dan juga potensinya ketika usianya masih belia. Tugas ibu adalah menggali potensi terpendam di dalam diri si kecil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*