Ibu Tahu Mengapa Air Ketuban Itu Penting?

Ibu dan balita https://www.ibudanbalita.com/

Ada beberapa bayi yang terpaksa dilahirkan melalui operasi caesar lantaran ketuban di dalam rahim sudah hampir habis. Kasus ini jarang terjadi. Hal tersebutlah yang membuat masyarakat mengerti pentingnya air ketuban untuk janin.

Namun, apakah berhenti di situ saja? Ternyata tidak. Selain memastikan bayi di dalam kandungan bisa berkembang dengan baik dan tidak harus dipaksa lahir sebelum waktunya, ada banyak lagi fungsi atau peran air ketuban.

Sebagai ibu hamil, ibu harus tahu hal berikut ini.

Pentingnya Air Ketuban

Ada 5 manfaat air ketuban yang tidak banyak orang tahu.

1. Air Ketuban Sebagai Penyedia Nutrisi

Nutrisi yang dibutuhkan oleh janin untuk berkembang tidak hanya didapatkan dari makanan atau minuman yang ibu konsumsi setiap hari. Ternyata, air ketubanpun menyediakan nutrisi baik untuk janin.

Hal tersebutlah mengapa air ketuban harus terus dijaga jangan sampai kurang apalagi keruh. Ibu bisa konsultasi secara online dengan dokter kandungan di www.ibudanbalita.com agar lebih tahu bagaimana mencegah ketuban keruh.

2. Memastikan Perkembangan Paru-Paru Baik

Ibu harus tahu bawasannya janin yang ada di dalam rahim berenang di air ketuban. Tidak hanya itu. Janin juga menghirup air ketuban. Dan inilah digunakan untuk melatih paru-paru agar berkembang dengan baik.

3. Melindungi Janin

Kenapa seorang ibu hamil muda dilarang terlalu sering bergerak dan tidak disarankan untuk melakukan bepergian jauh menggunakan kendaran? Hal tersebut disebabkan janin bisa saja membentur dinding rahim dan akhirnya janin mengalami keguguran. Karena pada saat hamil muda, janin belum begitu kuat dan rahim pun demikian.

Beruntung sudah ada air ketuban sehingga jika ada gerakan atau benturan di dalam rahim tidak membahayakan janin.

4. Mencegah Terjadinya Kelainan

Bukan hanya kekurangan nutrisi saja yang menyebabkan terjadinya kelainan pada janin. Kekurangan air ketuban juga bisa menyebabkan hal tersebut. Para ahli kesehatan kandungan mengatakan kekurangan air ketuban lebih berpengaruh pada kelainan pada jari.

5. Menstabilkan Suhu

Kenapa bayi prematur harus mendapatkan perawatan khusus? Karena perawatan khusus tersebut sangat diperlukan mengingat bayi membutuhkan tempat dengan suhu yang tepat.

Maka dari itu, kasian sekali jika bayi lahir dalam keadaan prematur. Pasalnya, ia tidak lagi bisa mendapatkan suhu stabil seperti ketika masih ada di dalam rahim. Rahim memiliki suhu yang tepat untuk bayi mengingat ada air ketuban yang memastikan suhu di dalam rahim selalu stabil.

Sekarang ibu sudah tahu kan betapa pentingnya air ketuban?

Menjaga Air Ketuban

Setidaknya dua hal yang harus ibu ketahui. Yang pertama, ibu harus pastikan air ketuban tidak berkurang. Cara yang paling mudah adalah dengan selalu berolahraga ringan seperti yoga, senam ibu hamil, atau jalan sehat. Selain itu, ibu juga harus mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak setiap hari.

Yang kedua, ibu juga harus memastikan air ketuban tidak keruh. Apakah air ketuban bisa keruh? Jawaban bisa. Dan inilah yang menjadi salah satu penyebab bayi lahir dengan penyakit kuning.

Untuk lebih lengkapnya tentang bagaimana menjaga air ketuban, silakan kunjungi situs ibu dan balita agar ibu bisa ikut berdikusi di forum ibu hamil. Atau ibu bisa langsung konsultasi dengan pakar.

Yang pasti, air ketuban sangat mempengaruhi bagaimana bayi di dalam kandungan berkembang dengan baik. Sayang sekali jika ibu tidak memahami hal ini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*