Ibu Ingin Si Kecil Mudah Diatur? Terapkan Cara Mendidik Anak Berikut Ini

cara mendidik anak https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Tidak sedikit orang tua yang mengeluh karena sang buah hati mereka susah diatur. Bahkan ada juga orang tua yang akhirnya menyerah dan membiarkan anaknya bertingkah sesuai dengan apa yang ia inginkan.

Tentu perilaku anak seperti itu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Ia cenderung menjadi anak yang semakin susah diatur, suka membantah orang tua, dan menjadi anak yang nakal. Terlebih lagi, ia akan menjadi anak yang tidak mau mendengarkan apa kata orang lain. Ia menjadi tidak respect terhadap sesama karena ia sangat egois.

Untuk mengatasi masalah tersebut, tentu ibu harus menerapkan cara mendidik anak yang khusus. Diperlukan cara yang spesial untuk menghadapi masalah yang serius seperti itu.

Berikut ulasan singkat tentang tips mendidik anak yang bisa ibu terapkan mulai sekarang

Jangan Membentak

Sering kali orang tua kehilangan kesabaran jika ia merasa kuwalahan mengatur anak. Mereka tidak mempu mengatur emosi sehingga mereka sering marah-marah karena tingkah anak yang susah diatur tersebut. Tak jarang orang tua harus membentak sang anak agar ia menurut apa yang mereka katakan.

Untuk jangka pendek, bentakan tersebut bisa membuat anak patuh dan menurut pada orang tua. Akan tetapi, dalam jangka pendek, hal tersebut justru akan membuat anak semakin berani kepada orang tua. Bahkan, anak bisa meniru apa yang orang tua lakukan kepadanya. Mereka akan sering membentak orang lain karena itulah pelajaran yang mereka dapatkan dari rumah.

Agar membuat anak menurut, sebenarnya ibu tidak boleh membentak anak. Apapun alasannya, tidak ada tips mendidik anak yang meminta orang tua untuk membentak anak.

Menjadi Pendengar yang Baik

Pernahkah ibu bertanya kepada anak tentang sesuatu hal? Seperti contoh, ketika anak menolak untuk makan, apakah ibu pernah bertanya kenapa ia menolak makan? Pernahkah ibu bertanya kenapa anak meminta game yang harus ibu tolak karena harganya sangat mahal?

Banyak orang tua yang justru mengajarkan anak untuk selfish. Padahal, agar membuat anak mengerti, orang tua terlebih dahulu harus mengerti. Ibu harus mengajari anak pentingnya menjadi pendengar yang baik. Ibu tanya dan biarkan anak menjelaskan apa yang ia rasakan.

Dengan menjadi pendengar yang baik, ibu bisa dengan mudah menjelaskan kepada anak kenapa ia tidak boleh atau boleh melakukan sesuatu. Cara ini jelas lebih efektif daripada membentak sang anak tanpa mau mendengar dan memberikan penjelasan. Ini yang terpenting dari cara mengasuh anak yang tepat.

Luangkan Waktu

Sangat disayangkan jika orang tua pulang kerja tapi tidak memiliki waktu untuk anak. Sebenarnya, alasan sibuk bisa diantisipasi. Setidaknya setelah pulang kerja atau pada waktu weekend, semua waktu seharusnya dicurahkan kepada anak. Namun, kebanyakan justru sibuk dengan gadget mereka sendiri. Yang penting anak diam, itu sudah bagus. Mereka melanjutkan chatting atau browsing dengan ponsel pintar mereka.

Memiliki quality time dengan anak merupakan kunci dari segala jenis tips mendidik anak. Karene dengan cara inilah ibu bisa mempererat hubungan batin antara orang tua dan anak. Dengan demikian, ibu akan semakin mengerti dan begitu juga anak. Ia akan menjadi anak yang penurut karena ia merasa sudah satu hati dengan orang tua.

Sebenarnya tidak sulit untuk menerapkan cara mengasuh anak. Lihat saja apa yang orang dahulu lakukan. Tanpa kesibukan bekerja dan tanpa gadget, mereka bisa mendidik anak dengan baik. Sementara sekarang ketika kesibukan luar biasa dan orang tua tidak bisa lepas dari gadget, justru ikatan batin orang tua dengan kurang sehingga anak susah diatur.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*