Ibu Hamil Ngidam Tak Harus Dituruti

Ibu Hamil Ngidam Tak Harus Dituruti www.ibudanbalita.com

Ada yang bilang jika seorang ibu hamil yang ngidam tapi tidak dituruti, maka anak yang lahir akan sering “ngeces” atau suka mengeluarkan air liur. Benarkah hal tersebut?

Karena seringnya hal tersebut terjadi, maka tidak sedikit masyarakat yang mempercayai hal tersebut. Pada kenyataannya, itu tidak lebih hanya sekedar mitos belaka.

Ibu hamil yang “ngidam” itu bukan tanpa alasan. Ada hal yang bisa dijelaskan secara ilmiah. Yang pasti, “ngidam” tidak harus dituruti dengan alasan jika tidak maka anak sering ngeces ketika lahir nanti.

Sisi Ilmiah Ngidam

Ternyata ada hubungan antara “ngidam” dengan nutrisi. Menurut pakar kesehatan ibu hamil, seorang ibu hamil yang “ngidam” terhadap makanan tertentu berarti tubuh memberikan reaksi ketika tubuh kekurangan nutrisi tertentu.

Hal ini seperti halnya ketika seseorang mengalami dehidrasi. Secara naluri, orang tersebut akan merasa kehausan dan ingin sekali mengkonsumsi minuman.

Sama halnya dengan seorang ibu hamil yang “ngidam”. Jadi, apakah harus dituruti? Jika dilihat dari segi ilmiah, sebaiknya dituruti dengan alasan tubuh memerlukan nutrisi tertentu, bukan karena khawatir anak nanti “ngeces”.

Jika dilihat dari penjelasan tersebut, tentu saja seorang ibu hamil yang “ngidam” terhadap makanan tertentu bukan berarti harus mendapatkan makanan tersebut. Ia bisa mengalihkan dengan makanan yang lain yang memiliki kandungan nutrisi yang sama.

Hal ini penting karena banyak ibu hamil yang “ngidam” terhadap makanan yang tidak wajar. Seperti contohnya seorang ibu hamil yang “ngidam” buah mangga padahal tidak sedang musim pohon mangga berbuah.

Jadi, pada intinya, ngidam itu adalah reaksi yang ditunjukkan oleh tubuh seorang ibu hamil di mana tubuh memerlukan nutrisi yang tidak terpenuhi ketika hamil. Dan ini yang sebaiknya dipahami oleh setiap ibu hamil.

Agar Tidak “Ngidam” Yang Aneh-Aneh

Tidak sedikit seorang ibu hamil yang “ngidam” terhadap makanan atau hal yang aneh-aneh. Sebenarnya hal ini bisa dihindari.

Dalam hal ini, suami harus tahu bawasannya “ngidam” ini juga terkait dengan sifat manja istri ketika sedang hamil. Oleh sebab itu, sebaiknya suami tanggap dengan kondisi seperti ini. Akan lebih baik jika suami memanjakan istri sejak awal. Dengan demikian, istri tidak akan meminta sesuatu yang aneh-aneh.

Suami juga harus tahu apa itu baby moon. Untuk lebih lengkapnya, ibu bisa lihat penjelasan tentang baby moon di website www.ibudanbalita.com. Yang pasti, dengan melakukan hal tersebut, istri akan merasa dimanjakan sehingga ia tidak akan “ngidam” yang aneh-aneh.

Dan satu lagi yang tak kalah penting. Kebanyakan seorang ibu hamil “ngidam” dan merasa harus dituruti lantaran ia memahami bawasannya hal tersebut memang harus dilakukan. Padahal, tidak lain itu hanya mitos belaka.

Pemahaman tentang mitos berkaitan dengan kehamilan ini harus dilakukan. Semakin banyak informasi kesehatan kehamilan akan membuat semakin banyak ibu hamil yang tidak lagi percaya dengan mitos.

Harus diakui, di zaman modern seperti saat ini, masih banyak masyarakat yang percaya dengan mitos, apalagi yang berhubungan dengan hal yang tidak terlihat seperti halnya janin di dalam kandungan.

Dengan mengikuti forum ibu hamil, maka seorang ibu hamil akan lebih terbuka dan lebih logis untuk menanggapi masalah mitos yang berkembang. Ia tidak langsung menerima informasi begitu saja, tapi dinalar terlebih dahulu.

Yang pasti, jangan sampai mitos membuat kesehatan ibu hamil memburuk. Kesehatan harusnya didasarkan pada hal yang ilmiah. Dalam hal ini, penjelasan ilmiah dari pakar kesehatan ibu hamil yang diperlukan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*