Ibu Hamil Jangan Sampai Telat Makan. Bahaya!

ibu hamil telat makan www.ibudanbalita.com

Setelah mengetahui informasi yang satu ini, siapapun wanita yang sedang hamil pasti akan lebih mengontrol pola makan mereka setiap hari. Makan tidak hanya sekedar untuk memastikan perkembangan bayi di dalam kandungan baik. Lebih dari itu, pola makan yang teratur akan menghindarkan dari hal buruk yang bisa terjadi.

Yang harus dipahami di sini adalah pola makan yang teratur, bukan berlebihan. Pasalnya, banyak orang yang salah paham yang mengatakan saat hamil, seorang ibu harus makan lebih banyak. Yang benar bukanlah demikian. Pola makannya yang harus teratur, jangan sampai telat makan.

Bahaya Jika Ibu Hamil Telat Makan

Sebenarnya telat makan tidak hanya berbahaya bagi anak yang ada di dalam kandungan lho. Kebiasaan buruk ini juga bisa berakibat buruk untuk seorang ibu hamil.

Terutama jika ibu juga seorang wanita karir, sebaiknya ibu tidak boleh telat makan. Hal tersebut bisa membuat daya ingat ibu berkurang. Pasalnya, kebiasaan telat makan akan membuat tubuh kekurangan kalsium. Dan kekurangan kalsium ini secara tidak langsung berhubungan dengan menurunnya daya ingat.

Akan tetapi, bahaya yang paling harus dihindari adalah bahaya yang bisa terjadi pada bayi di dalam kandungan. Apa saja itu?

  • Kelahiran Prematur

Ada banyak sekali faktor pemicu bayi lahir premature seperti yang sudah dijelaskan oleh pakar kesehatan kehamilan di www.ibudanbalita.com. Namun, salah satu faktor pemicu yang paling kuat adalah kebiasaan telat makan.

Ada beberapa kondisi di mana dokter akan mengambil sebuah keputusan untuk melahirkan bayi walaupun belum waktunya lahir. Salah satunya ketika kondisi kesehatan ibu hamil tidak memungkinkan untuk melanjutkan masa mengandung. Dan ini bisa terjadi ketika seorang ibu hamil sering telat makan sehingga tubuhnya lemas lantaran kekurangan kalori.

Tentu saja hal ini tidak ingin terjadi pada ibu, bukan? Itulah mengapa penting sekali memperhatikan waktu untuk makan. Jangan sampai telat.

  • Bayi Lahir Dalam Keadaan Cacat

Apakah ibu tahu apa yang paling sering menjadi penyebab bayi lahir dalam keadaan cacat? Kekurangan asam folat. Hal ini bisa dengan mudah dihindari dengan cara mengkonsumsi susu ibu hamil serta makan makanan yang bergizi. Sayangnya, banyak ibu hamil yang tidak menghiraukan himbauan ini. Justru mereka sering mengkonsumsi makanan fast food yang rendah nutrisi namun tinggi lemak.

Bagaimana ibu bisa mendapatkan asam folat yang cukup jika ibu selalu telat makan atau hanya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat? Asam folat ini sangat dibutuhkan oleh bayi untuk berkembang secara optimal. Dengan demikian, ia bisa lahir dalam keadaan yang sempurna dan sehat, tanpa ada cacat.

  • Bayi Lahir Dengan Masalah Berat Badan Di Bawah Normal

Bayi dikatakan normal jika berat badan lahirnya di antara 2.5 kg sampai 4 kg. Jika beratnya di bawah 2.5 kg, itu artinya bayi mengalami masalah dengan berat badan.

Hal ini sangat terkait dengan nutrisi yang didapatkan oleh bayi tersebut selama masa kehamilan. Nutrisi tidak akan tercukupi jika seorang ibu hamil sering telat makan.

Jadi, sekarang ibu sudah tahu bukan kenapa penting sekali menjaga pola makan yang baik? Ibu bisa makan 3-4 kali sehari asalkan rutin. Dan jika ibu makan lebih dari 3 kali sehari, sebaiknya ibu mengurangi porsi makan. Makan dengan porsi sedikit namun sering lebih baik daripada makan dengan porsi banyak namun hanya dua kali sehari.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*