Hubungan Antara Seks dan Kesehatan Wanita Hamil

kesehatan wanita hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan wanita hamil ternyata tidak hanya ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi. Makanan memang berperan penting dalam memberikan nutrisi yang baik bagi ibu hamil dan juga janin dalam kandungan. Akan tetapi, ada hal lain yang tidak bisa diberikan oleh makanan.

Oleh karena itu, bagian yang tidak bisa didapatkan dari makanan bisa ibu dapatkan dari aktivitas lain, seperti yoga, senam ibu hamil, menonton TV, dan juga berhubungan seks dengan pasangan. Dalam hal ini, berhubungan seks erat kaitannya dengan kesehatan wanita hamil.

Untuk mengetahui apa saja hubungan antara seks dengan kesehatan ibu hamil, berikut ulasan yang perlu ibu pahami.

Hubungan Seks Bisa Meningkatkan Sirkulasi Darah

Apakah ibu termasuk wanita karir? Bagi wanita karir yang juga bekerja di kantor sebagai wanita karir, sangat tidak mudah untuk menjaga kesehatan di tengah kesibukan setiap hari. Bahkan, tidak sedikit ibu hamil yang akhirnya kehilangan janin dalam kandungan (keguguran) karena stress membuat tubuh ibu tersebut kurang fit yang akhirnya berpengaruh apda perkembangan janin dalam kandungan.

Akan tetapi, hal tersebut bisa ibu hindari. Ibu bisa tetap bekerja tanpa mengesampingkan kesehatan wanita hamil. Caranya adalah dengan melakukan hubungan seks secara teratur dengan pasangan.

Ternyata, hubungan seks bisa meningkatkan sirkulasi darah. Jika ibu sedang stress mengahadapi pekerjaan yang menumpuk, itu artinya sirkulasi darah dalam tubuh ibu tidak lancar. Untuk itu, ibu perlu melakukan sesuai agar sirkulasi darah baik dan salah satu caranya adalah dengan melakukan hubungan seks. Jika sirkulasi darah baik, maka rasa tertekan atau stress akan hilang.

Hubungan Seks Merupakan Analgesik

Analgesik merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut obat pereda rasa nyeri. Ternyata, hubungan seks juga merupakan analgesik, yaitu pereda rasa sakit atau nyeri. Hal ini berhubungan dengan produksi hormon bahagia, yaitu hormon erdorfin. Ketika hormon ini diproduksi oleh tubuh, secara otomatis rasa nyeri akan berkurang. Rasa nyeri tersebut mungkin terjadi karena sakit muncul ketika masa kehamilan.

Untuk itu, sebenarnya hubungan seks dengan pasangan itu tidak dilarang, bahkan bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan wanita hamil. Hanya saja, ibu harus mengerti posisi hubungan seks seperti apa yang tidak membahayakan janin dalam kandungan.

Hubungan Seks Membakar Lemak

Apakah ibu tahu bahayanya obesitas pada masa kehamilan? Obesitas atau kelebihan berat badan saat kehamilan bisa mengakibatkan keguguran. Bahkan resiko kegugurannya sangat tinggi.

Sementara itu, menjalani program diet saat hamil sangat tidak dianjurkan karena nutrisi untuk janin di dalam kandungan tidak bisa dipenuhi. Bagaimana dengan program olahraga? Tertanya tidak semua jenis olahraga itu baik untuk ibu hamil.

Cara untuk mengatasi obesitas adalah melakukan hubungan seks. Hubungan seks dengan pasangan ternyata cara yang paling efektif untuk membakar lemak dalam tubuh. Selain mengatasi obesitas, jelas hubungan seks sangat baik untuk kesehatan wanita hamil seperti sirkulasi darah lancar dan mengurangi rasa nyeri.

Masih banyak lagi manfaat melakukan hubungan seks saat hamil. Jadi, ibu tidak perlu bertanya-tanya lagi bolehkah berhubungan intim saat kehamilan. Tidak hanya boleh, tapi juga dianjurkan.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah caranya. Ada janin di dalam kandungan. Gunakan posisi berhubungan seks yang tidak membahayakan janin. Selain itu, ibu juga harus mempraktekkan cara menjaga kesehatan wanita hamil lainnya, selain berhubungan seks.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*