Hindari Memberikan Karbohidrat Jahat untuk Si Kecil

Friso www.friso.co.id
Friso

www.friso.co.id

Apa saja makanan yang mengandung karbohidrat jahat? Mungkin ini pertanyaan yang akan ibu cari jawabannya setelah ibu tahu betapa berbahayanya karbohidrat jahat untuk sang buah hati.

Yang jelas, ibu harus tahu ada karbohidrat yang baik dan ada juga karbohidrat jahat. Yang yang perlu dihindari adalah karbohidrat jahat.

Ingin tahu alasannya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Bahaya Karbohidrat Jahat

Masyarakat yang awam tentang ilmu kesehatan dan juta nutrisi akan berpikir karbohidrat ya tentu sangat penting mengingat karbo merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mereka tidak tahu ada karbohidrat yang rendah energi. Lebih dari itu, karbohidrat tersebut justru memberikan efek buruk yang lebih banyak lho.

Itulah lantas kemudian disebut dengan karbohidrat jahat. Dikatakan jahat karena memberikan lebih banyak madhorot atau efek negatif daripada efek positif.

Ada satu hal yang perlu ibu catat. Karbohidrat yang jahat itu mengandung banyak kandungan gula. Sementara itu, kandungan nutrisi yang lain sangat sedikit.

Inilah yang menjadikan banyak orang mengalami masalah dengan obesitas atau kegemukan karena terlalu banyak makan. Dan ternyata makanan yang dikonsumsi merupakan makanan yang mengandung karbohidrat jahat.

Apakah hal ini juga bisa terjadi pada anak kecil? Jawabannya sangat mengejutkan. Siapapun bisa mengalami hal yang sama jika mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung karbo jahat lebih banyak.

Lihat saja banyak anak baru berusia 4 tahun memiliki tubuh yang begitu gemuk, bukan? Bisa saja orang tua mereka tidak begitu memperhatikan asupan nutrisi setiap hari. Yang penting mereka sudah memberikan makanan padahal mereka tidak tahu ternyata makanan yang dikonsumsi oleh si kecil mengandung karbohidrat jahat.

Makanan Dan Minuman Mengandung Karbohidrat Jahat

Kini tiba pada hal yang sangat ibu ingin ketahui. Makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat jahat itu seperti apa?

Yang pasti, tidak hanya makanan saja yang mengandung karbohidrat jahat, minumann pun ada. Oleh sebab itu, ibu harus tahu jenis makanan dan minuman seperti apa yang sebaiknya ibu hindari.

Ada banyak makanan yang mudah untuk didapatkan dan ternyata mengandung karbohidrat jahat. Salah satunya makanan fast food. Memang mengenyangkan tapi dalam waktu yang relatif pendek. Dan kandungan gula serta lemaknya yang tinggi bisa membuat si kecil mengalami masalah obesitas.

Mie instan juga termasuk makanan yang mengandung karbohidrat jahat. Jadi, sebaiknya ibu menghindarkan si kecil mengkonsumsi makanan seperti itu.

Bagaimana dengan minuman?

Aneh tapi ini benar. Jus dalam kemasan ternyata mengandung karbohidrat yang jahat. Memang ada kandungan nutrisinya tapi kandungan gulanya juga banyak.

Itulah mengapa sebaiknya ibu membuat jus buah sendiri saja di rumah. Buah memang mengandung karbohidrat jahat. Hanya saja, nutrisi berupa serat dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan sistem pencernaan sang buah hati.

Minumam bersoda jelas tidak diperbolehkan. Selain tidak bergizi, minuman bersoda juga termasuk minunan dengan kandungan karbo jahat dan tinggi gula.

Setelah ibu tahu tentang karbohidrat jahat, semoga ibu semakin bijak dalam memilihkan menu makanan untuk sang buah hati. Ada berbagai menu makanan yang lebih bergizi yang bisa ibu berikan untuk si kecil terutama makanan yang mengandung protein. Untuk lebih jelasnya, ibu bisa kunjungi www.friso.co.id untuk mendapatkan daftar makanan bergizi apa saja yang bisa ibu berikan untuk sang buah hati.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*