Hindari 7 Aktivitas Ini Untuk Menjaga Kehamilan

perkembangan janin 3 bulan

Menjaga kehamilan tidak bisa dilakukan setengah-setengah. Bunda harus benar-benar total melakukannya. Apapun itu yang bisa membahayakan kandungan harus bunda hindari. Namun sayangnya banyak ibu hamil yang kurang memahami hal seperti ini. Sehingga yang terjadi pada akhirnya masih melakukan aktivitis yang sebenarnya bisa membahayakan kandungan.

Apalagi ketika usia kandungan masih berada di trimester pertama. Selain janin yang berada di dalam kandungan masih sangat rentan mengalami keguguran, kondisi ibu hamil muda juga bisa terganggu jika kehamilan muda ini tidak dijaga dengan baik. Untuk itulah kenapa menjaga kehamilan muda ini menjadi sangat penting dilakukan.

Yang perlu Anda pahami sebenarnya adalah hal ini tidak cukup hanya dilakukan dengan memeberikan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang saja. Namun ada hal lain yang harus Anda lakukan atau hindari supaya kondisi Anda dan anak yang berada dalam kandungan tetap sehat dan tumbuh kembangnya bisa lebih optimal.

Jadi persepsi tentang menjaga kandungan ini cukup hanya dengan selalu mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung gizi seimbang saja itu kurang begitu tepat. Jika Anda hanya melakukan ini saja maka potensi kehamilan menjadi terganggu bisa sangat besar. Bahkan pada akhirnya keguguran bisa Anda alami.

7 Tips Menjaga Kesehatan Ibu dan Bayi Di Dalam Kandungan

Di atas sudah sedikit disinggung bahwa menjaga sekaligus ibu dan si kecil yang dikandungnya tidak cukup ketika hanya mengandalkan pemenuhan asupan nutrisi seimbang saja. Namun ada hal lain yang harus diupayakan supaya potensi kandungan terganggu bisa dihindari.

Salah satunya adalah menghindari beberapa aktivitas yang bisa mengganggu kehamilan. Perlu Anda ketahui bahwa ternyata ada beberapa aktivitas yang sebaiknya ibu hamil hindari. Hal ini dimaksudakan untuk merawat bayi dalam kandungan serta ibu hamil.

Kehamilan merupakan moment yang paling berharga dan pasti sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Untuk menjaga agar kehamilan tetap sehat dan bayi dalam kandungan dapat berkembang dengan baik, ibu hamil harus menghindari beberapa aktivitas yang membahayakan janin.

Berikut ini merupakan daftar aktivitas yang harus ibu hamil hindari dengan maksud untuk menjaga ibu dan bayi yang masih berada di dalam kandungan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Terlalu Keras Berolahraga

Memang pada dasarnya olahraga itu sangat baik untuk kehamilan. Namun saat Anda hamil ada beberapa olahraga yang sebaiknya dihindari. Olahraga saat hamil ini sebenarnya dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan atau tekanan di perut atau punggung bawah secara alami.

Namun jika olahraga yang Anda lakukan ini terlalu keras maka bisa mengancam kesehatan dari janin yang ada di dalam kandungan. Untuk itulah olahraga saat hamil itu harus, tapi sebaiknya hindari jenis olahraga yang ekstrem seperti halnya latihan kekuatan atau bersepeda dengan intensitas yang cukup tinggi.

  1. Hindari Pembersih Kimia

Ketika Anda hamil, jangan sampai melakukan kontak langsung terhadap produk-produk pembersih rumah tangga yang terkandung bahan kimia di dalamnya. Contohnya saja seperti cairan pembersih lantai, kamar mandi, dan sejenisnya. Sebab hal ini dapat menghambat perkembangan janin dalam kandungan.

Ibu hamil sebaiknya memilih alternatif lain saat ingin membersihkan rumah tanpa harus menggunakan bahan kimia yang bisa membahayakan kehamilan. Anda bisa menggunakan cuka dan air atau baking soda.

  1. Menggunakan Lotion yang Mengandung Bahan Kimia

Menjaga janin yang berada dalam kandungan bisa diupayakan dengan cara menghindari menggunakan lotion yang mengandung bahan kimia. Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lotion serta beberapa produk kecantikan sejenisnya ini bisa mempengaruhi kadar hormon.

Untuk itulah sebaiknya ibu hamil menggunakan lotion yang mengandung bahan alami saja, contohnya seperti minyak zaitun, biji anggur, atau teh hijau daripada lotion yang mengandung mineral minyak bumi.

  1. Mewarnai Rambut

Ini bukan berarti wanita hamil tidak boleh mewarnai rambutnya, namun ketika ingin mewarnai rambutnya sebaiknya memilih perwarna rambut alami, seperti henna atau pewarna nabati ini lebih aman untuk ibu hamil daripada cat rambut yang di dalamnya terkadung bahan kimia.

Selain itu, saat ingin mewarna rambut, fokuslah untuk mewarnai pada bagian panjangnya saja dan hindarilah untuk menempatkan cat pada kulit kepala. Pastikan juga saat menggunakan pewarna rambut Anda berada di dalam area yang berventilasi baik.

  1. Minum Alkohol

Merawat kandungan bisa juga diupayakan dengan cara menghindari minuman yang beralkohol. Mengkonsumsi jenis minuman yang mengandung alkohol ketika hamil tentu saja sangat berbahaya. Berapapun kadar dan jumlahnya.

Sebab hingga saat ini belum ada batasan pasti berapa batasan alkohol yang masih aman dikonsumsi saat hamil. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya Anda hindari saja semua jenis minuman yang beralkohol. Baik yang kandungan alkoholnya banyak ataupun sedikit.

  1. Minum Obat Pereda Nyeri

Saat ibu hamil, jangan sampai sembarangan minum obat pereda nyeri saat kondisi badan kurang enak. Hal seperti ini bisa mempengaruhi jantung dan juga ginjal dari anak yang sedang Anda kandung.

Maka dari itu jika ada keluhan pada badan Anda, langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda sebelum membeli obat di apotek.

  1. Tidak Boleh Terlalu Lama Berendam Di Air Hangat

Meskipun wanita yang sedang hamil ini membutuhkan relaksasi seperti halnya berendam di air hangat namun jika terlalu lama dengan suhu yang terlalu panas bisa berpengaruh terhadap kesehatan bayi yang sedang dikandungnya.

Pada dasarnya selain mencukup kebutuhan nutrisi saat masa kehamilan, menghindari aktivitas-aktivitas yang dilarang selama hamil juga harus kamu lakukan agar bisa menjaga kehamilan secara lebih optimal lagi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*