Hati-Hati, Posisi Duduk Mempengaruhi Kesehatan Wanita Hamil

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Kesehatan wanita hamil tidak lepas dari apa yang ibu lakukan setiap hari. Tak terkecuali cara ibu duduk juga sangat mempengaruhi kesehatan ibu juga lho. Itulah mengapa ibu harus perhatikan posisi duduk ibu setiap hari.

Bagi ibu yang setiap hari menghabiskan banyak waktu dengan cara duduk, maka ibu wajib tahu posisi duduk yang bisa memperburuk kesehatan ibu hamil.

Posisi Duduk yang Tidak Disarankan

Banyak sekali keluhan kesehatan wanita hamil yang ternyata disebabkan oleh posisi duduk yang salah. Contohnya saja kaki bengkak. Masalah yang satu ini sering sekali dialami oleh ibu hamil ketika masa kehamilan menginjak usia trimester ketiga. Pada saat itu, perut semakin membesar dan beban semakin berat. Tidak heran jika ibu akan lebih sering merasa pegal pada bagian kaki disertai dengan bengkak.

Namun, ternyata tidak itu saja yang menyebabkan pembengkakan pada bagian kaki. Posisi duduk dengan cara menggantung kedua kaki juga sangat berpengaruh terhadap bengkak pada kaki. Oleh sebab itu, jika ibu merasa sering sekali mengalami bengkak pada bagian kaki, sebaiknya ibu perhatikan kebiasan duduk ibu setiap hari, apakah ibu sering menggantungkan kaki saat duduk.

Posisi duduk lainnya yang tidak baik untuk kesehatan wanita hamil adalah membungkuk. Bagi ibu yang bekerja di depan komputer atau laptop, mungkin ibu akan lebih sering duduk dengan posisi bungkuk. Secara tidak sadar, posisi duduk ibu membungkuk. Apalagi jika kursi lebih tinggi daripada meja, maka tidak sadar ibu akan duduk dengan membungkuk.

Posisi duduk seperti ini sangat tidak dianjurkan karena sangat membahayakan kesehatan wanita hamil. Jika ibu terbiasa duduk dengan posisi tersebut, sumsum tulang belakang akan merasakan beban yang lebih berat. Lebih dari itu, perkembangan janin juga akan terganggu karena duduk membungkuk akan menekan bagian perut.

Apa yang Sebaiknya Ibu Lakukan?

Posisi duduk sangat mempengaruhi sekali terhadap kesehatan ibu hamil. Karena dengan posisi duduk yang tepat, maka ibu tidak akan mudah lelah. Ibu akan nyaman dan pastikan ibu akan semangat dan sehat selalu.

Oleh sebab itu, pastikan ibu duduk di kursi yang ada sandarannya. Selain itu, ibu sebaiknya membawa bantal. Sekalipun sandaran sudah empuk, ibu harus tetap membawa tambahan bantal untuk ibu taruh ke bagian belakang. Gunakanya agar posisi duduk ibu selalu tegak. Karena itulah posisi duduk yang baik untuk menunjang kesehatan wanita hamil.

Yang pasti, ibu harus pastikan posisi duduk harus membuat ibu merasa senyaman mungkin sehingga ibu tidak mudah lelah. Posisi duduk yang kurang tepat biasanya justru membuat sakit kepala, pusing, dan masalah kesehatan lainnya. Itulah mengapa ibu tidak boleh menyepelekan masalah posisi duduk ibu hamil ini.

Untuk ibu hamil muda, mungkin informasi seputar posisi duduk yang satu ini tidak begitu penting. Pasalnya, saat hamil muda, perut belum begitu besar sehingga ibu masih merasakan seperti belum dalam keadaan hamil.

Saat kehamilan muda, ibu hanya perlu apa saja yang perlu ibu lakukan untuk menjaga kesehatan wanita hamil muda. Apalagi kehamilan muda sangat menentukan perkembangan janin selanjutnya. Pastikan janin berkembang optimal usia kehamilan 1-3 bulan. Ketika kehamilan sudah mencapai usia 3 bulan dan janin di dalam kandungan sehat, itu tanda ibu sudah berhasil menerapkan semua tips atau cara untuk kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*