Hati-Hati Jika Ibu Harus Memberikan Perawatan Bayi Prematur

perawatan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Perawatan bayi prematur ini tidak seperti perawatan bayi normal. Ada beberapa kondisi di mana ibu harus berhati-hati. Langkah hati-hati ini diperlukan sebagai cara proteksi terhadap bayi yang sebenarnya sangat rentan.

Bayi prematur bisa dikatakan bayi yang belum sempurna. Artinya, ada sedikit gangguan sehingga ibu harus memberikan treatment khusus agar bayi tersebut tumbuh layaknya bayi normal.

Untuk itu, ibu harus melakukan 5 hal berikut ini sebagai langkah penting untuk menjaga kesehatan bayi prematur. Apa saja lima hal tersebut?

  • Rajin Memberikan ASI

Setiap ibu memang harus rajin memberikan ASI atau air susu ibu. Rasa sayangnya ibu kepada sang buah hati akan ditunjukkan dengan cara siap sedia memberikan ASI.

Akan tetapi, pemberian ASI kepada bayi prematur ini sedikit berbeda. Ibu harus ekstra sabar. Ibu harus ekstra rajin memberikan ASI kepada si kecil. Bayi prematur tidak bisa minum ASI dalam jumlah yang banyak seperti bayi normal. Oleh karena itu, ibu harus menjadwal kapan sebaiknya si kecil harus mendapatkan ASI. Jangan menunggu si kecil menangis minta ASI.

  • Sebaiknya Hindari Susu Formula

Ini merupakan saran dari dokter untuk semua ibu. Khusus untuk bayi prematur, cara perawatan bayi juga agak berbeda. Sebaiknya ibu hanya memberikan ASI saja, tanpa tambahan susu formula. Hal ini dikarenakan ASI memberikan nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan bayi dan agar bayi tumbuh secara normal.

Hanya saja, jika pada kondisi tertentu ibu tidak bisa memberikan ASI, maka ibu bisa memberikan susu formula yang dibuat khusus untuk bayi prematur.

  • Lebih Banyak Menghabiskan Waktu dengan Si Kecil

Peran ibu itu sangat penting sekali bagi bayi prematur. Kehadiran ibu di sisi bayi seolah-olah bayi masih berada di dalam rahim.

Bahkan, ibu sebaiknya sering menggendong bayi ibu dengan posisi seperti kangguru menggendong bayi ini. Menurut peneliti kesehatan bayi, posisi menggendong seperti itu bisa memperkuat ikatan antara ibu dan bayi.

Selain itu, bayi juga akan merasakan kehangatan seperti ketika ia masih di dalam kandungan. Posisikan kepala sang bayi di atas, sama persisi seperti kangguru menggendong bayi kecilnya.

  • Batasi Kunjungan Menjenguk Bayi

Perawatan bayi prematur selanjutnya adalah berkaitan dengan jadwal kunjungan. Sudah barang tentu akan banyak sekali saudara, rekan, atau tetangga yang datang ke rumah untuk mengunjungi si buah hati yang baru ibu lahirkan ke dunia. Itu menjadi bagian adat atau tradisi.

Akan tetapi, ibu sebaiknya memberi pengertian pada tamu agar tidak terlalu banyak yang datang untuk mengunjungi si kecil. Katakana bahwa bayi lahir prematur dan tidak boleh terlalu sering bertemu dengan orang lain. Takutnya, ada tamu yang datang membawa kuman atau virus karena bayi prematur sangat rentan sekali terhadap penyakit.

  • Gunakan Produk Khusus Bayi Prematur

Perawatan kulit bayi prematur itu 100% berbeda dengan perawatan kulit untuk bayi normal. Untuk itu, ibu harus mendapatkan rekomendasi dari dokter produk apa yang baik untuk kulit bayi prematur.

Dalam hal ini, produk perawatan kulit meliputi sabun mandi, bedak, dan lain sebagainya. Selain itu, produk lain selain untuk kulit juga harus khusus untuk bayi prematur.

Itulah beberapa hal yang harus ibu ketahui tentang cara merawat bayi prematur. Jika informasi ini bermanfaat, silakan ibu bagikan tips tentang perawatan bayi ini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*