Hati-Hati Jika Balita Mengalami Insomnia

balita insomnia susah tidur www.friso.co.id

Apakah balita bisa mengalami insomnia? Jawabannya bisa. Bahkan, tidak sedikit balita mengalami masalah tersebut.

Dan ini tidak boleh dianggap sepele lho. Insomnia atau susah tidur di malam hari bisa mengganggu perkembangan balita. Ibu harus tahu perkembangan otak balita optimal ketika ia tidur. Bagaimana otaknya bisa berkembang secara maksimal jika waktu tidur saja kurang?

Itulah mengapa insomnia pada balita harus dicegah.

Penyebab Balita Insomnia

Bisa dikatakan insomnia pada balita itu disebabkan oleh ibu meskipun hal tersebut tidak berarti ibu lah satu-satunya faktor penyebabnya. Hanya saja, banyak orang tua yang tidak menyadari jika masalah yang terjadi pada balita bermula dari cara mengasuh yang kurang tepat.

Itulah mengapa banyak pakar kesehatan anak mendedikasikan diri untuk menyebarkan pengetahuan tentang parenting. Ini sangat penting agar setiap orang tua bisa menjalankan peran mereka dengan baik.

Sudah banyak tips parenting yang ditulis di majalah, koran, dan bahkan website seperti www.friso.co.id. Tidak lain hal tersebut dilakukan agar semua balita terhindar dari masalah kesehatan dan perkembangannya optimal.

Dalam hal insomnia, ada kesalahan yang menjadi salah satu akar permasalahannya, yaitu ketidakmampuan seorang ibu untuk mengatur aktivitas anak. Ibu tidak membuatkan jadwal kapan anak beraktivitas dan kapan waktunya tidur.

Balita sebaiknya tidur di siang dan malam hari. Di siang hari, ia bisa tidur 1-2 jam. Sementara itu, di malam hari, ia tidur 7-8 jam. Itu waktu ideal tidur balita setiap hari.

Maka tidak jarang balita yang mengalami masalah insomnia karena ia tidak tidur di siang hari. Ia terus bergerak dan beraktivitas sehingga ia merasa lelah di malam hari dan akhirnya tidak bisa tidur. Ini yang harus benar-benar diperhatikan.

Selain itu, lingkungan yang kurang nyaman juga bisa menjadi penyebab lain. Apakah ibu memperhatikan bagaimana kondisi kamar tidur balita? Apakah sirkulasi udaranya bagus? Apakah lampu penerangan membuatnya nyaman sehingga ia mudah terlelap?

Kondisi kamar tidur yang tidak nyaman juga menjadi penyebab lain kenapa balita mengalami insomnia. Sirkulasi udara harus baik. Jika memungkinkan, ibu bisa pasang lampu redup agar mata si kecil nyaman dan mudah tertidur.

Dengan memahami beberapa penyebab tersebut, semoga si kecil terhindar dari masalah insomnia.

Tips Agar Balita Tidur Cepat Dan Lelap

Ibu tidak hanya bisa fokus pada penyebab balita mengalami insomnia. Ibu juga harus tahu bagaimana cara agar balita bisa cepat tidur. Selain itu, tidurnya juga berkualitas.

Apa saja tips tersebut?

  • Memandikan Si Kecil Dengan Air Hangat

Ada yang bilang mandi di malam hari bisa mengganggu kesehatan. Akan tetapi, hal tersebut tidak terjadi jika ibu memandikan si kecil dengan air hangat. Atau ibu bisa mengelap seluruh tubuhnya dengan handuk yang dibasahi dengan air hangat. Ganti baju yang baru agar ia merasa lebih nyaman.

  • Minum Susu

Setelah memandikannya, ibu siapkan susu Friso yang hangat.

  • Bacakan Dongeng

Selain menjadi ajang untuk mendidik, membacakan dongeng juga akan membuat balita mudah terlelap. Ia tidak merasa bosan berada di atas tempat tidur dan akhirnya perlahan-lahan ia akan mengantuk.

Silakan ibu praktekkan tips tersebut di atas dan lihat manfaatnya.

Tentunya masih banyak hal lain yang harus ibu ketahui tentang parenting. Ibu bisa sempatkan diri untuk mengikuti kursus parenting atau baca saja artikel tentang parenting di www.friso.co.id.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*