Hati-Hati, Ini Mungkin Tanda-Tanda Ada yang Salah dengan Perkembangan Balita

perkembangan balita www.facebook.com/ibudanbalita

Perkembangan balita itu berbeda. Jadi, salah jika ada ibu yang membandingkan balitanya dengan balita lain. Hanya saja, banyak sekali ibu yang khawatir ketika balita lain sudah bisa melakukan sesuatu namun balitanya belum bisa, padahal mereka seumuran. Apakah ibu merasakan hal yang sama?

Tentu kekhawatiran tersebut sangatlah wajar. Sebagai orang tua, ibu ingin sekali melihat balita ibu tumbuh baik. Jika ada satu hal yang rasanya ganjil, ibu merasa ada yang salah dengan tumbuh kembang balita.

Ada tanda-tanda perkembangan yang mungkin kurang baik yang perlu ibu waspadai.

Pada Usia 1 Tahun, Balita Belum Mulai Belajar Berjalan

Apa saja yang menjadi faktor balita sudah mulai berjalan? Setidaknya tiga faktor yang menentukan, kekuatan tulang, keseimbangan, dan perkembangan saraf motorik. Jika salah satu faktor ini belum bisa optimal, maka balita ibu mungkin belum bisa berjalan.

Sayangnya, banyak sekali ibu yang menafikan dua faktor terakhir. Mereka hanya mengaggap faktor yang paling menentukan dan paling penting adalah faktor tulang. Dan justru banyak dari mereka yang melakukan hal yang salah sehingga kekuatan tulang kaki balita tidak bisa berkembang maksimal. Lihat saja berapa banyak orang tua yang akhirnya membelikan baby walker. Mereka menganggap alat bantu belajar jalan tersebut bisa membuat balita lebih cepat berjalan. Padahal, pada ahli perkembangan balita mengatakan alat tersebut justru akan membuat perlambatan kekuatan tulang karena tubuhnya ditopang oleh alat, bukan kaki balita itu sendiri.

Biarkan balita berkembang secara natural. Itu nasehat yang sering diberikan oleh para ahli kesehatan balita. Ibu sebagai orang tua hanya perlu memberikan stimulus. Jika pada usia 1 tahun balita ibu belum juga menunjukkan tanda-tanda belajar berjalan, bawalah ke dokter anak untuk mendapatkan pengecek tulang dan saraf motorik si kecil.

Pada Usia 2 Tahun, Balita Belum Mulai Belajar Berbicara

Kapan si kecil mulai belajar bicara? Sebenarnya, pada usia 1 tahun balita sudah bisa mengucapkan kata walaupun tidak begitu jelas. Hanya saja, umumnya, balita usia 2 tahun sudah lancar berbicara. Ia sudah bisa merangkai kalimat sederhana. Ia juga sudah memahami instruksi orang.

Jika balita ibu belum menunjukkan hal tersebut, mungkin ada masalah dengan perkembangan balita ibu. Langkah pertama yang sebaiknya ibu lakukan adalah mencoba untuk semakin intens memberikan stimulus agar ia mau belajar berbicara. Putarkan video lagu anak-anak, ajaklah berbicara, keluar dan perkenalkan dengan lingkungan, bacakan cerita, anak dan lain sebagainya. Itu semua merupakan stimulus dari luar yang bisa ibu berikan agar si kecil bisa bicara.

Balita Takut Bertemu Orang Asing

Tentu saja wajar jika balita ibu takut ketika bertemu orang asing, orang yang ia rasa tidak bisa memberikan keamanan seperti yang diberikan orang tua. Hanya saja, jika balita ibu semakin dewasa dan tetap takut dengan orang asing, ibu pasti akan kerepotan karena setiap kali bertemu orang baru, ibu harus meyakinkan terlebih dulu bahwa orang tersebut tidak akan menyakiti si kecil.

Sayangnya, cara tersebut tidak selalu berhasil. Oleh karena, ibu perlu sekali mengajak si kecil bersosialisasi dengan orang lain sesering mungkin. Ajaklah ke rumah tetangga atau bermain di taman terbuka agar bertemu orang banyak. Lakukan terus menurus dan lihat perbedaannya. Si kecil akan mulai terbiasa bertemu dengan orang baru.

Itulah beberapa hal yang harus ibu perhatikan. Memang Ibu harus benar-benar concern jika berkaitan dengan perkembangan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*