Haruskah Ibu Melarang Anak Menggunakan Internet?

anak menggunakan internet www.friso.co.id

Hampir semua anak menggunakan internet sekarang. Bahkan anak SD sekalipun sudah harus bisa menggunakan teknologi berbasis internet lantaran guru menganjurkan anak didiknya untuk mencari informasi di internet.

Namun, di lain sisi, banyak orang tua yang khawatir dengan hal ini. Sering dengar kan anak kecil yang menonton video yang tidak layak mereka tonton.

Penuh dilemma. Di satu sisi, internet membuka peluang agar anak semakin tahu dan semakin berkembang. Namun, ada juga sisi negatifnya. Teknologi selalu memberikan sisi positif dan sisi negatif terhadap perkembangan anak.

Bagaimana sikap ibu? Apakah ibu akan membiarkan anak menggunakan internet?

Mencari Solusi

Sepertinya tidak ada yang bisa membendung teknologi. Dunia pendidikan pun mendapatkan manfaat dari perkembangan teknologi ini, terutama internet. Jadi, melarang anak menggunakan internet sama saja memenjarakan anak.

Untuk itu, karena ada efek negatif yang bisa terjadi, ibu hanya perlu fokus pada solusi saja bagaimana agar efek negatif penggunaan internet bisa dicegah.

* Jangan Belikan Smartphone

Sangat disayangkan ketika orang tua sudah membelikan smartphone pada anak yang masih duduk di bangku SD. Ini bukan masalah uang yang harus ibu keluarkan untuk membeli smartphone, tapi bagaimana ibu mengontrol penggunaan smartphone. Jika ibu sudah membelikan smartphone, ibu akan sangat sulit sekali mengontrol anak dalam menggunakan internet.

Jika alasannya agar anak bisa mengakses internet, ada cara lain yang jauh lebih aman kecuali membelikan smartphone.

* Menempatkan Komputer Di Ruang Keluarga

Daripada membelikan smartphone, akan lebih baik jika ibu menyiapkan komputer yang terhubung dengan koneksi internet. Namun, jangan tempatkan komputer ini di dalam kamar tidur, tapi di ruang keluarga. Tujuannya agar ibu bisa memonitor penggunaan internet.

* Memasang Software Tertentu

Sekarang ini, sudah banyak sekali software yang bisa diinstal untuk mem-block situs-situs tertentu yang ingin ibu block. Ini akan sangat membantu ibu dalam memantau anak menggunakan fasilitas internet.

* Jangan Biarkan Anak Menggunakan Media Sosial

Sebenarnya, sudah ada aturan pada usia berapa seseorang bisa menggunakan media sosial. Tahukah ibu kenapa? Karena pengguna media sosial memiliki tanggungjawab atas apa yang ia unggah atau apa saja yang ia lakukan dengan media sosial tersebut.

Sayangnya, anak kecil belum mengerti betul apa tangungjawab tersebut. Itulah mengapa anak kecil sebaiknya tidak bermain media sosial.

Jangan sampai anak ibu menuliskan kalimat atau mengunggah foto atau video yang membuat resah banyak orang. Anak ibu mungkin tidak merasakah hal tersebut lantaran anak kecil belum bisa memahami. Untuk menghindari hal tersebut, jangan biarkan anak ibu menggunakan media sosial. Ibu boleh saja membiarkan anak menggunakan internet, tapi untuk browsing, bukan untuk bermain media sosial.

Akan tetapi, tidak sedikit orang tua yang justru membuatkan akun media sosial untuk anaknya. Mereka mengganti usia anaknya agar akunnya diterima. Ini yang sangat disayangkan.

Memberikan Pengertian

Banyak tips tentang penggunaan internet yang aman untuk anak. Kebanyakan berbicara tentang pemasangan software tertentu sebagai proteksi agar anak tidak bisa mengakses situs yang tidak seharusnya mereka akses.

Akan tetapi, apapun teknologi yang digunakan, semuanya akan sia-sia. Yang terpenting adalah memberikan pengertian kepada anak bagaimana menggunakan internet yang tepat.

Yang sangat dibutuhkan adalah keterbukaan antara ibu dan anak. Jangan sampai anak tertutup. Ibu harus cerewet dan bertanya apa saja yang anak buka ketika berselancr di dunia internet dan lain sebagainya. Dengan demikian, proteksi ibu lakukan dari dalam diri anak, bukan dari luar sehingga ibu akan tenang ketika anak menggunakan internet.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*