Hamil Muda? Kenali Pantangan Makanan Ini!

hamil muda https://www.facebook.com/ibudanbalita

Hamil muda adalah kondisi yang sangat menyenangkan sekaligus membuat banyak pasangan yang baru saja memiliki bayi sangat was – was. Bagaimana tidak, janin yang selama ini diharapkan untuk hadir, akhirnya telah datang. Tetapi disaat yang bersamaan juga membuat para orang tua muda bingung, terkait apa saja yang harus diterapkan untuk membuat kondisi janin perkembangannya terjaga.

Tenang moms, salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Namun, jangan terkecoh dengan penampilannya saja, ada beberapa makanan sehat yang sebenarnya tidak boleh dikonsumsi loh moms. Apa saja itu? Ya berikut adalah daftarnya.

  1. Tape

Jenis makanan hasil fermentasi dari singkong menjadi daftar pertama makanan yang sebaiknya dihindari oleh para ibu hamil. Mengapa demikian? Kandungan ragi untuk melakukan proses fermentasi untuk singkong sebelum menjadi tape menjadi penyebabnya. Pasalnya pada ragi dan proses fermentasi akan melepas senyawa kimia seperti alkohol yang tentunya dapat memengaruhi kesehatan moms sebagai ibu hamil.

  1. Sushi

Bagi anda para moms yang sangat menyukai sushi yang merupakan jenis makanan yang mayoritasnya mentah ini sangat tidak dianjurkan. Makanan yang berasal dari jepang ini sangat diragukan kualitas dari higienitasnya hal ini karena kebanyakan dari jenis sushi menggunakan jenis ikan mentah untuk membuatnya tanpa melakukan proses pemasakan sebelumnya. Beragam bakteri yang terkandung pada sushi seperti salmonella menyebabkan diare dan kram perut.

Selain itu, terdapat bakteri lain yang secara langsung akan menyerang janin terutama pada bagian kepalanya. Ya, bakteri toksoplasmosis adalah namanya. Kandungan bakteri tersebut pada sushi akan menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di otak bagian syaraf para bayi. Tentu, para ibu hamil muda tidak menginginkan hal demikian terjadi kan?

  1. Daging Setengah Matang dan Berlemak

Selain sushi, jenis daging mentah juga masuk ke daftar makanan yang menjadi pantangan ibu hamil muda karena mengandung salmonella. Jika daging mentah tertelan pada ibu hamil bisa menyebabkan infeksi bakteri pada janin. Selain itu, daging yang terlalu berlemak juga tidak boleh dijadikan pilihan makanan harian anda moms.

Hamil muda sendiri tidak membatasi diri anda untuk mencicipi betapa juicy-nya daging yang mengandung banyak lemak tetapi harus dikurangi jumlahnya. Kandungan kolesterol yang tinggi pada daging berlemak dapat membahayakan janin dan mempersulit proses persalinan karena komplikasi penyakit karena banyaknya kolesterol yang menyubat aliran darah anda.

  1. Jenis Ikan Bermekuri

Mom, apakah anda tahu? Tidak semua jenis ikan itu baik untuk kesehatan anda loh. Perhatikan deh saat membeli ikan apabila warna kulitnya dan sisiknya mengkilap dan terlihat sangat segar ternyata bisa saja mengandung merkuri loh. Dampak merkuri merupakan jenis kosmetik berbahaya yang apabila masuk kedalam tubuh bisa dipastikan membuat beberapa fungsi dalam tubuh tidak bekerja dengan baik.

Ikan – ikan yang mengandung merkuri biasanya ikan yang ditampak dari daerah yang memiliki limbah dan kadar polutan tinggi. Selain itu, ikan tenggiri juga banyak yang mengandung merkuri. Mulai sekarang perhatikan dimana anda membeli ikan dan bagaimana mengolahnya, karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan anda loh.

  1. Keju

Siapa yang tidak mengenal keju? Makanan olahan dari susu ini juga menyimpan bahaya yang tidak mom ketahui loh. Pasalnya keju yang dibuat dari susu yang tidak melalui proses pasteurisasi sudah pasti sangat tidak baik bagi diri anda dan bayi dalam kandungan anda. Pasteurisasi sebagai proses pemanasan hingga suhu 60 derajat celcius sangat berguna untuk membasmi beragam jenis bakteri pada susu yang akan diolah menjadi keju. Jika proses tersebut dilewatkan bisa dibayangkan berapa bakteri yang masih ada di keju tersebut.

  1. Daging Kambing

Makanan terakhir yang harus anda hindari adalah daging kambing. Rasa kenyal dan nikmat dimulut membut kambing tidak bisa dijadikan pilihan bagi anda loh. Pasalnya kandugan kolesterol pada daging kambing membuat tensi darah anda meningkat. Untuk sesekali, bisa anda konsumsi tetapi jika dalam kadar yang melebihi normal, para moms harus waspada terhadap kandungan anda karena hal tersebut sangat rawan saat kondisi kandungan hamil muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*