Hamil Kembar: Perkembangan Janin 6 bulan Ke Atas

perkembangan janin 6 bulan

Bila ditanya salah satu kebahagiaan terbesar di dunia, mungkin kehamilan bisa menjadi jawaban pertama. Saat seseorang mengharapkan anugrah kehadiran buah hati dalam hidupnya, menanti hari menuju persalinan tentu membahagiakan hati. Kata orang bijak, tak ada kehamilan yang sama, setiap orang memiliki masa unik sendiri, tidak sepenuhnya salah. Beberapa perempuan beruntung memang mengalami perkembangan janin 6 bulan yang lain daripada ibu pada umumnya, yakni kandungan berisi janin kembar.

Bak dapat undian beruntung pada saat berbelanja yaitu beli satu dapat satu, hati langsung berbunga mengetahui ada 2 manusia sedang tumbuh dalam perut yang saat ini sudah lebih berkembangan dibanding sebelumnya. Edisi perkembangan janin kehamilan kembar kali ini akan menjelaskan lebih lanjut seperti apa perkembangan janin 6 bulan atau lebih yang setiap ibu dan ayah harus tahu, terlebih bagi anda yang sedang mengandung dalam kondisi serupa.

Sebelum membahas mengenai kehamilan itu sendiri, mari membicarakan hal yang membuat topik satu ini yakni ‘janin kembar’. Selama berabad abad telah banyak mitos beredar mengenai anak kembar, mulai dari ilmu mistik dimana anak kembar bisa menjadi jalan masuk mahluk halus sampai dengan psikologis yang menganggap anak kembar bisa memahami pikiran satu sama lain. Di benua Amerika dan eropa ada sekitar enam sampai lima belas anak kembar lahir dari 1000 persalinan, sedangkan di benua afrika malah ada delapan belas sampai tiga puluh anak kembar dari 1000 persalinan. Bercermin dari daerah Asia, kehamilan anak kembar justru lebih jarang lagi dimana hanya ada 6 sampai 9 anak kembar dari 1000 persalinan, jadi anda yang mengandung anak kembar termasuk beruntung.

Dari semua anak kembar, kebanyakan lahir dalam kondisi tidak identik. Tidak identik berarti ada 2 telur yang tumbuh secara bersamaan namun terpisah, anda mungkin pernah melihat beberapa anak dengan wajah berbeda tapi mengaku kembar. Sedangkan anak kembar yang banyak diabadikan dalam dunia film yakni kembar identik. Kembar identik berarti anak kembar dengan fisik yang sangat mirip bahkan jauh lebih sulit dibedakan dibanding non identik. Pada kehamilan kembar identik, janin berasal dari 1 telur yang sama sehingga berkembang lebih jauh namun nantinya akan melepaskan diri. Bila sampai pelepasan gagal, hasil dari kembar identik biasanya kembar dempet yakni kondisi menempel pada satu bagian tubuh. Pada beberapa kasus ekstrem organ tubuh dalam menempel sehingga keduanya tidak hidup lama.

Lemak seringkali menjadi musuh utama dengan alasan bikin gendut. Justru, bagi janin lemak malah penting. Lapisan lemak terbangun di dalam tubuh janin sehingga kulit janin makin terlihat halus. Umur diatas 6 bulan, bayi lebih terlihat manusiawi. Saat melakukan ultra sound bunda bisa mulai melihat bentuk kuku janin. Masing – masing jari janin yang sudah jelas bentuknya terselimuti kulit berkerut dengan kuku – kuku pendek yang baru tumbuh sungguh indah. Posisi janin masih menekuk dengan kondisi mulai terlihat seolah terpisah dari satu sama lain, terlebih pada kehamilan kembar identik. Bunda mungkin menyadari kuku janin makin menebal setiap kali datang periksa hal ini sangat wajar. Kuku sebenarnya merupakan alat pelindung diri yang sangat kuat. Manusia bisa memotong sesuatu dengan kuku yang terawat sehat dengan asupan protein yang cukup.

Anak yang tampan atau cantik menawan hati tentu banyak diinginkan oleh orang tua. Nah, pada kehamilan saat ini, anda bisa melihat dua paduan kemenarikan penampilan seseorang yakni rambut. Tidak hanya rambut – rambut tipis saja yang terlihat, akan tetapi rambut yang mulai tebal. Tentu jangan membayangkan setebal model sampo, tapi sudah terlihat pasti. Anda mungkin terdorong untuk mengelus kepala bayi yang terselimuti rambut pada tahap kehamilan satu ini.

Pada edisi sebelumnya telah dijelaskan bahwa sampai dengan memasuki bulan kelima, Rambut mulai keluar dari ujung kepala, kedua janin mampu mendengar suara ayah dan bunda dari luar, dan posisi janin bergulung dengan kulit berwarna merah segar. Karena kehamilan sudah lebih dari trimester kedua, tentu saja ultra sound menjadi semakin menarik. Saat ini bulu mata lentik janin mulai terbuka lebar membuat mata menjadi lebih mudah melihat meskipun tidak sepenuhnya, janin masih buta tapi telinga siap menangkap suara. Salah satu keahlian pertama yang janin peroleh adalah mengisap jempol. Sentuhan di bibir janin menenangkan hati sehingga janin merasa aman dalam ruang rahim. Kendati kembar sekalipun, janin tidak bisa menyentuh teman satu rahimnya. Terkadang ibu hamil bisa merasakan sensasi cegukan dobel dari dalam rahim oleh bayi. Wajar saja, karena ada 2 calon bayi, maka cegukan usia 6 bulan terasa semakin ekstrem.

Semakin besar resiko berbanding lurus dengan keuntungan memang menjadi slogan kehamilan kembar. Anda yang sudah pernah hamil bisa jadi paham betul bagaimana gejala normal orang hamil. Mual muntah, makan tidak terkontrol, pusing, dan cepat lelah sepertinya sudah jadi lagu biasa. Pada kehamilan kembar, segala efek samping kehamilan akan meningkat 2 kali lipat, sehingga anda tidak perlu heran kalau merasa lebih repot. Bahkan, dokter mungkin melarang anda melakukan beragam aktivitas yang biasa diperbolehkan. Guna menjaga perkembangan janin 6 bulan tetap berkondisi prima tidak perlu merasa khawatir bila anda harus makan dua kali lipat atau merasa sakit lebih dari umumnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*