Hal yang Tak Kalah Penting Selain Menjaga Kebugaran Menjelang Persalinan

Friso www.friso.co.id
Friso

www.friso.co.id

Isu tentang kematian ibu dan bayi saat persalinan masih sering terdengar. Dan instansi kesehatan selalu berusaha untuk meminimalisir hal buruk tersebut. Tidak hanya itu. Semua pihak juga dilibatkan. Salah satunya melalui website www.friso.co.id di mana informasi kesehatan ibu hamil diberikan untuk memastikan semua ibu hamil bisa menjaga kehamilan sehingga tidak ada resiko kematian pada ibu ataupun pada bayi.

Banyak hal yang perlu dilakukan oleh seorang ibu hamil menjelang persalinan. Umumnya mereka disarankan agar menjaga kebugaran oleh dokter kandungan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung energi sangat dianjurkan.

Akan tetapi, menjaga kebugaran saja tidak cukup jika merujuk pada isu kematian pada ibu dan bayi ketika melahirkan.

Lalu, apa saja yang perlu ibu perhatikan lainnya? Berikut ini informasi penting yang perlu untuk ibu ketahui.

Menjaga Asupan Zat Besi dan Vitamin C

Jika isunya adalah kematian ibu dan bayi meningkat, ibu harus tahu apa yang menjadi penyebabnya. Memang banyak sekali faktor penyebabnya. Hal tersebut bisa disebabkan kondisi kesehatan ibu yang kurang baik, perkembangan bayi yang tidak optimal mulai ketika masih ada di dalam rahim, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, ada satu penyebab yang juga paling sering terjadi, yaitu kondisi jantung ibu yang kurang baik. Untuk memastikan kondisi jantung ibu baik, sebaiknya ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan juga vitamin C. Dua nutrisi ini sangat dibutuhkan agar jantung sehat lantaran berpengaruh terhadap penyaluran oksigen ke jantung.

Hindari Makanan yang Terlalu Asin

Sebenarnya tidak hanya makanan yang asin saja, tapi makanan yang terlalu banyak mengandung sodium. Hanya saja, kebanyakan makanan yang mengandung sodium berlebihan itu terasa sangat asin.

Kenapa makanan yang terlalu asin perlu dihindari? Karena jenis makanan tersebut bisa meningkatkan resiko tekanan darah tinggi.

Seorang ibu yang akan menghadapi proses persalinan tidak boleh memiliki masalah dengan tekanan darah yang tinggi. Jika ternyata tekanan darah tinggi, maka biasanya dokter akan melakukan tindakan medis lain, berupa operasi caesar.

Jika ibu ingin sekali melahirkan secara normal, ada baiknya ibu menjaga tekanan darah ibu selalu stabil. Khusus bagi ibu yang beresiko tinggi mengalami tekanan darah tinggi, ibu sebaiknya menghindari makanan yang terlalu asin.

Olahraga Ringan

Olahraga tidak hanya diperlukan untuk menjaga stamina dan kebugaran sebelum proses persalinan, tapi juga untuk melatih fleksibilitas pinggang. Dengan demikian, bayi akan dilahirkan dengan mudah.

Banyak ibu yang akhirnya diambil tindakan operasi caesar karena ada masalah dengan pinggangnya. Dokter tidak mau mengambil resiko buruk dan akhirnya melakukan tindakan operasi caesar dalam kondisi seperti ini.

Jika ibu yakin ingin melakukan persalinan normal, memang banyak hal yang harus ibu persiapkan. Selain kesehatan fisik, kesiapan mental juga tak kalah penting.

Ibu bisa pelajari semua hal tentang bagaimana mempersiapkan persalinan normal di situs Friso. Di sana ibu akan mendapatkan banyak sekali informasi penting agar tubuh ibu siap menjalani proses persalinan normal.

Siap saja tidak cukup. Jika ibu siap tapi kondisi tubuh tidak siap, maka tetap saja tidak ada gunanya. Mental dan juga fisik harus siap jika ibu ingin melakukan persalinan secara normal.

Mungkin ibu juga bisa belajar dari pengalaman para ibu lainnya yang berhasil melakukan persalinan normal. Jadi, ibu bisa meniru apa saja yang mereka lakukan sehingga ibu bisa benar-benar siap melakukan persalinan normal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*