Hal yang Perlu Diperhatikan Tentang Perawatan Bayi Prematur

perawatan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Perawatan bayi prematur tentu berbeda dengan cara merawat bayi normal. Pasalnya, bayi prematur merupakan bayi yang lahir namun belum tiba saatnya. Untuk itu, diperlukan treatment khusus untuk bayi prematur ini.

Pada awalnya, bayi prematur akan mendapatkan perawatan khusus di sebuah ruangan khusus yang dinamakan dengan NICU atau Neonatal Intensive Care Unit. Ini merupakan ruangan yang diset dengan susu tertentu agar bayi mendapatkan treatment yang tepat sehingga tidak terjadi kegagalan fungsi organ.

Kapan waktunya boleh dibawa ke rumah? Bayi boleh dibawa dan mulai dirawat oleh ibunya sendiri di rumah ketika dokter menyatakan perkembangan bayi prematur sudah mulai normal. Pada dasarnya bayi prematur mengalami keterlambatan perkembangan sehingga dibutuhkan perawatan khusus. Jika dirasa sudah cukup berkembang normal, bayi tersebut boleh dibawa pulang dan perawatan bayi sepenuhnya bisa dilakukan oleh ibunya.

Lalu, bagaimanakah cara merawat bayi prematur? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Hati-Hati Menggunakan AC

Di beberapa daerah di Indonesia, udaranya sangat panas, apalagi ketika musim kemarau tiba. Oleh karena itu, ibu mungkin akan menghidupkan AC untuk membuat suhu tidak terlalu panas, sebaiknya ibu harus mengetahui berapa suhu ruangan yang baik untuk bayi prematur. Anjuran dokter bayi, susu ruangan yang digunakan untuk merawat bayi prematur berkisar antara 26-27 derajat Celcius. Pastikan ibu tidak mengatur suhu AC tidak kurang dan tidak lebih. Suhu 26-27 derajat Celcius merupakan suhu ruangan yang baik agar suhu bayi prematur stabil.

Cara Menggendong Bayi Prematur

Perawatan bayi prematur selanjutnya adalah mengenai cara menggendong sang bayi. Ibu pernah dengan metode KMC atau Kangaroo Mother Care? Ini murupakan metode di mana ibu akan menggendong sang bayi seperti kangguru menggendong bayinya, yaitu menempelkan tubuh bayi tepat di dada ibu.

Metode ini perlu dipraktekkan agar susu sang bayi selalu stabil. Selain itu, dengan mendekatkan bayi pada bagian dada ibu maka akan terjadi kedekatan hubungan emosional antara sang buah hati dan ibu.

Memberikan ASI Eksklusif

Sebenarnya bukan hanya bayi prematur saja yang seharusnya mendapatkan ASI eksklusif. Akan tetapi, karena bayi prematur sangat membutuhkan perawatan khusus, maka ibu wajib memberikan ASI eksklusif.

Caranya memberikan ASI pun berbeda. Bayi prematur tidak bisa meminum ASI sebanyak bayi normal. Bayi prematur akan meminum ASI sedikit tapi sering. Selain itu, ibu harus siap-siap untuk memerah ASI. Pasalnya, terkadang bayi prematur tidak bisa minum ASI secara langsung.

Memberikan Obat

Aneh memang ketika bayi harus diberi obat. Bayi normal memang sebaiknya menghindari obat-obatan agar sistem immune-nya terbentuk. Berbeda dengan bayi prematur. Umumnya, dokter akan tetap memberikan obat-obatan untuk diberikan kepada sang bayi ketika sudah mulai dirawat di rumah. Obat tersebut adalah zat besi dan asam folat.

Dalam hal ini, ibu tidak perlu khawatir. Bayi prematur memang butuh obat-obatan agar tubuhnya bisa berkembang layanknya bayi normal. Sementara itu, obat-obatan yang diberikan oleh dokter tidak akan membuat bayi ibu ketergantungan terhadap obat tersebut. Ibu diharapkan berkonsultasi dengan dokter seminggu sekali untuk mengontrol perkembangannya. Jika dirasakan sudah tidak perlu obat-obatan lagi, maka bayi ibu bisa mengkonsumsi ASI tanpa harus ada tambahan obat-obatan. Yang jelas, ibu harus dengan sabar merawat bayi ibu dengan cara tepat perawatan bayi prematur.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

1 Comment on Hal yang Perlu Diperhatikan Tentang Perawatan Bayi Prematur

  1. Artikel yang sangat bermanfaat untuk para calon ibu maupun seluruh kaum perempuan secara umum termasuk saya. Dan anak bagus juga juka calon bapak juga membacanya sehingga bisa secara bersama-sama istri merawat buah hati.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*