Hal Paling Mudah Untuk Menjaga Kehamilan Muda

menjaga kehamilan muda www.facebook.com/ibudanbalita

Menjaga kehamilan muda bukanlah hal yang mengkhawatirkan. Asal ibu tahu caranya, ibu tidak perlu takut dan khawatir jika terjadi apa-apa dengan janin yang ibu kandung.

Akan tetapi, wajar sekali jika seorang ibu merasa khawatir. Kekhawatiran tersebut dikarenakan rasa sayangnya terhadap sang buah hati yang masih ada di dalam kandungan. Banyak hal yang dilakukan agar janin berkembang secara baik.

Salah satu hal yang sering dilakukan para ibu hamil adalah bergabung di sebuah forum ibu hamil. Di sana, ibu akan mendapatkan informasi seputar kehamilan. Ibu bisa tukar cerita masa kehamilan dengan ibu hamil lainnya.

Selama masih dalam masa kehamilan muda, ada beberapa sederhana yang bisa ibu lakukan untuk menjaga kehamilan muda. Apa saja hal itu? Berikut informasi selengkapnya.

  • Mengelola Emosi

Nasehat yang sangat mudah diberikan namun susah untuk dilakukan adalah mengatur emosi. Jangan suka marah ketika sedang hamil muda karena hal tersebut akan mempengaruhi psikologi Anda ketika hamil secara secara tidak langsung juga mengganggu perkembangan janin.

Bagi Anda yang beraktivitas di kantor sebagai wanita karir, sebaiknya Anda mampu mengatur emosi walaupun di tengah pekerjaan yang banyak. Anda bisa lebih sering rileks setelah pulang dari kerja seperti mendengarkan musik. Bahkan, mendengarkan musik tidak hanya baik untuk mengatur emosi Anda, tapi juga perkembangan janin. Hanya saja Anda harus tahu jenis musik apa yang bisa membuat bayi pintar mulai sejak masih ada di dalam kandungan.

  • Perhitungkan Asupan Nutrisi

Tidak mesti makanan yang sehat dan lezat itu baik untuk janin Anda. Dalam ilmu kesehatan misalnya, mengkonsumsi buah-buahan itu baik sekali. Akan tetapi, ada beberapa jenis buah-buahan yang justru akan membuat potensi keguguran seperti buah nanas.

Oleh karena itu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui nutrisi apa saja yang penting untuk merawat kehamilan muda. Sekarang ini, Anda bisa berkonsultasi secara online dengan dokter. Ada beberapa situs dan juga forum online di mana Anda bisa bertanya langsung dengan para ahli.

  • Mengkonsumsi Susu untuk Ibu Hamil

Banyak sekali para ibu hamil yang mengeluh karena setelah mereka mengkonsumsi susu ibu hamil, mereka sering merasa mual. Memang benar dan itu wajar terjadi. Hanya saja, ada langkah antisipasi yang bisa dilakukan agar mengurangi rasa mual. Yang pasti, asupan gizi dari susu ibu hamil itu sangat penting sebagai cara tepat menjaga kehamilan muda.

Agar tidak membuat Anda mual saat mengkonsumsi susu, Anda bisa kurangi takaran dulu. Mulailah membuat susu dengan takaran 1 sendok makan. Anda juga tidak harus mengkonsumsi susu dua kali sehari. Awalnya, Anda bisa mulai dengan minum susu sekali sehari, yaitu di pagi atau di malam hari. Setelah terbiasa, Anda bisa menambahkan takaran susu dan mengkonsumsi susu dua kali sehari.

Itulah hal sangat sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai langkah menjaga kehamilan pada trisemester pertama. Sebenarnya, tidak ada hal khusus dan sulit untuk Anda lakukan untuk menjaga janin yang Anda kandung. Lakukan kegiatan seperti biasanya. Kekhawatiran yang berlebihan justru akan membuat Anda stres dan hal tersebut jelas tidak baik untuk perkembangan janin.

Yang tak kalah pentingnya lagi, usahakan berkonsultasi dengan dokter secara rutin. Anda bisa utarakan apa saja yang Anda keluhkan selama masa kehamilan. Dokter kandungan akan memberikan solusi medis yang terbaik dalam rangka menjaga kehamilan muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*