Hal Menyenangkan Tapi Tidak Boleh Ibu Lakukan Saat Hamil

ibudanbalita https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Banyak pantangan saat hamil dan mungkin ibu akan merasa terkekang selama masa kehamilan.

Apalagi ada banyak hal menyenangkan yang justru tidak boleh dilakukan. Karena hal tersebut bisa menyebabkan keburukan entah pada ibu atau janin di dalam kandungan.

Namun, ibu tidak perlu khawatir. Bukan berarti semua hal yang menyenangkan itu tidak boleh dilakukan lho. Ibu bisa lihat hal yang menyenangkan yang justru disarankan untuk dilakukan selama masa kehamilan. Di situs ibu dan balita, ibu akan tahu banyak hal menyenangkan yang baik untuk seorang ibu hamil.

Kali ini, ibu ketahui dulu beberapa hal yang menyenangkan yang seharusnya ibu hindari. Apa saja itu?

  1. Massage

Paling enak itu di massage. Apalagi ketika masa kehamilan sudah mencapai usia lebih dari 4 bulan di mana beban terasa lebih berat. Mungkin ibu juga stress menghadapi pekerjaan kantor atau bisnis yang ibu jalankan. Pada saat itulah ibu butuh refreshing.

Tapi, jangan sekali-kali ibu memilih untuk massage. Ini hal yang menyenangkan tapi bisa berakibat buruk terhadap janin di dalam kandungan. Ada resiko yang bisa terjadi seperti mengubah posisi bayi di dalam rahim, mengakibatkan kontraksi, dan lain sebagainya.

Dan yang paling parah adalah resiko plasenta lepas. Ibu harus tahu plasenta merupakan jalan di mana nutrisi didapatkan oleh janin. Ibu bisa bayangkan sendiri bagaimana janin bisa berkembang jika plasenta putus.

  1. Mandi Air Hangat

Salah satu cara untuk me-refresh pikiran adalah dengan mandi atau berendam di air hangat. Memang ini merupakan cara yang tepat untuk melepas kejenuhan atau stress.

Sayangnya, kegiatan ini juga tidak baik untuk janin. Sama halnya dengan massage, mandi di air dengan suhu yang panas bisa berpengaruh terhadap suhu tubuh dan bisa berakibat kurang baik bagi perkembangan janin. Karena janin di dalam kandungan membutuhkan suhu yang stabil, bukan suhu yang panas seperti ketika ibu sedang berendam di air panas.

  1. Sering Menonton Film

Sebenarnya tidak masalah jika ibu rileks sambil menonton film. Hanya saja, kebanyakan ibu hamil justru semakin malas jika sudah menonton film. Dan ini yang dikhawatirkan.

Bisa dikatakan ibu bisa kecanduan menonton film dan lupa untuk aktif bergerak. Padahal, bergerak aktif seperti jalan sehat atau ikut senam ibu hamil sangat diperlukan untuk menjaga stamina selama masa kehamilan.

Yang paling dikhawatirkan oleh seorang ibu hamil seharusnya adalah ketika stamina menurun. Sebaik apapun kondisi kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan, jika stamina ibu tidak bagus, maka ibu akan menyesal. Karena ibu beresiko harus melahirkan secara caesar.

Karena salah satu syarat utama agar ibu bisa menjalani masa persalinan secara normal adalah mulai hamil muda sampai hamil tua, stamina harus terjaga.

Ada banyak hal yang bisa ibu lakukan agar bisa menjaga stamina dan bisa melakukan persalinan secara normal. Banyak tips yang sudah dibagikan di situs ibu dan balita. Ibu tinggal catat dan praktekkan agar ibu bisa siap untuk melahirkan secara normal.

Semoga info ini bisa membuat ibu bisa menjaga kesehatan mulai awal kehamilan hingga proses persalinan tiba. Menjalani masa kehamilan akan semakin mudah jika ibu tahu bagaimana cara yagn tepat untuk menjalaninya.

Situs ibudanbalita merupakan referensi yang tepat di mana ibu bisa belajar banyak hal seputar bagaimana agar menjadi calon ibu yang baik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*