Hal Kecil yang Sebaiknya Ibu Lakukan Sewaktu Hamil Muda

hamil muda www.facebook.com/ibudanbalita

Hamil muda merupakan di mana ibu merasakan senang yang luar biasa tapi juga merasa cemas. Pada saat itulah, ibu merasa menjadi orang paling beruntung sedunia karena akan segera melahirkan sebuah anak manusia ke dunia. Namun, di sisi lain, ibu akan berada pada kondisi khawatir tingkat tinggi karena ibu harus sekuat tenaga menjaga janin yang ibu kandungan. Kesalahan kecil yang membahayakan janin merupakan tanggujawab ibu.

Itulah mengapa ibu sangat dianjurkan untuk konsultasi ibu hamil dengan dokter kandungan atau bidan. Atau ibu juga bisa juga konsultasi secara online. Konsultasi tersebut diperlukan agar perkembangan janin bisa terpantai. Jika ada sesuatu hal yang membahayakan janin, maka tindakan secepatnya bisa diberikan.

Terlepas dari itu semua, ibu sebaiknya melepaskan kecemasan tersebut dengan melakukan hal-hal yang positif untuk kesehatan ibu dan juga bayi dalam kandungan. Dalam hal ini, ada beberapa hal kecil yang ibu bisa lakukan. Hal tersebut berpengaruh secara signifikan sekali terhadap perkembangan bayi dalam kandungan.

Membaca Buku

Beruntung sekali jika ibu pecinta buku. Ibu tidak perlu memaksakan diri untuk membuka dan menikmati isi buku. Akan tetapi, bagi ibu yang tidak terbiasa berdiam diri membaca buku, sebaiknya ibu mempertimbangkan untuk mulai cinta membaca.

Pada masa hamil muda, ternyata kebiasaan membaca yang dilakukan ibu itu berpengaruh pada otak bayi dalam kandungan. Membaca memberikan sinyal-sinyal positif kepada perkembangan janin. Di beberapa negara maju, ibu-ibu sadar betul pentingnya membaca ketika mereka sedang dalam masa kehamilan muda. Dengan membaca, mereka secara tidak langsung berperan penting dalam perkembangan sang buah hati walaupun masih dalam kandungan.

Mengerjakan Soal Matematika

Sudah berapa lama ibu tidak membuka soal matematika? Mungkin setelah meninggalkan bangku sekolah, ibu mungkin sudah tidak pernah mengerjakan matematika. Ibu bisa ambil lagi buku-buku matematika waktu SMA. Mulailah mengerjakan tugas-tugas matematika yang paling mudah hingga yang paling sulit.

Ini bukan ujian bagi ibu hamil, tapi dalam rangka memberi rangsangan terhadap perkembangan otak janin. Ternyata, jika ibu mengerjakan soal matematika sederhana sekalipun, secara otomatis otak janin akan berkembang lebih cepat. Bahkan, survey membuktikan bahwa jika ibu lebih sering mengerjakan soal matematika pada masa hamil muda, anaknya akan lebih pintar jika dibandingkan dengan ibu yang tidak mengerjakan soal matematika.

Tentu saja ibu tidak perlu mengalokasikan waktu khusus untuk mengerjakan soal matematika layaknya pelajar. Ibu bisa membuka-buka buku matematika lalu mengerjakan soal di dalamnya ketika ibu memiliki waktu senggang, seperti di pagi hari atau di sore hari.

Mendengarkan Musik dan Bernyanyi

Ibu mungkin tidak percaya jika mendengarkan musik itu berpengaruh pada perkembangan janin. Tapi, fakta menunjukkan bahwa janin bisa mendengarkan apa yang ada di luar kandungan. Oleh karena itu, ibu disarankan agar mendengarkan musik nada rendah. Bisa juga ibu bernyanyi sendiri.

Kegiatan tersebut akan mempengaruhi mood. Ibu tidak akan merasa stress tapi justru merasa sangat bahagia. Secara tidak langsung, perasaan bahagia tersebut akan mempengaruhi janin di dalam kandungan.

Jadi, ada kegiatan positif yang mudah untuk ibu lakukan. Akan tetapi, jangan lupa ibu harus konsultasi ibu hamil secara rutin untuk mengetahui lebih jelas bagaimana kondisi janin di dalam kandungan. Mulailah memeriksakan kondisi janin sewaktu masih hamil muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*