Hal Kecil Yang Berakibat Besar Untuk Menjaga Kehamilan Muda

Hamil Muda blog.glowing.cm

Banyak wanita yang sedang mengandung menanyakan apa sih yang mereka harus lakukan untuk menjaga kehamilan. Terlalu banyak cara untuk menjaga kehamilan muda membuat mereka bingung mana hal penting yang harus diprioritaskan.

Tentu saja seorang ibu hamil muda harus mengutamakan perkembangan janin dalam kandungan. Dan hal tersebut harus dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari.

Sayangnya, mengkonsumsi makanan yang sehat saja belum tentu cukup. Apakah ibu yakin makanan sehat yang ibu konsumsi memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari? Pertanyaan yang sulit sekali untuk dijawab.

Mungkin hal kecil berikut ini perlu dipertimbangkan untuk ibu lakukan.

Mengubah Jadwal

Banyak orang yang bilang, saat hamil muda tidak boleh beraktivitas terlalu berat. Bahkan, ada juga yang akhirnya resign atau mengundurkan diri lantaran ingin sekali fokus menjaga kehamilan muda. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Yang lebih tepat adalah mengatur ulang jadwal kegiatan setiap hari. Jika ibu setiap hari pulang terlalu larut karena harus hang out dengan kawan setelah bekerja, maka hal tersebut sebaiknya berhenti dilakukan dulu. Jika ibu selama ini sering bangun terlalu siang dan langsung pergi ke kantor, maka hal ini harus diubah. Bangun pagi-pagi benar dan kemudian lakukan olahraga ringan seperti jalan santai di sekitar komplek perumahaan atau melakukan senam ibu hamil sendiri di rumah.

Jadwal kegiatan setiap hari tidak harus dirubah secara drastis. Ibu hanya perlu mengatur ulang jadwal sehingga kehidupun ibu lebih teratur. Dan yang pasti, pengaturan ulang tersebut bisa membuat ibu memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat.

Jadi, pada intinya ibu tidak dilarang untuk bergerak aktif layaknya sebelum hamil. Jika tidak ada hal yang mengkhawatirkan, ibu tetap bisa bekerja dan melakukan kegiatan setiap hari. Yang terpenting adalah ibu mengatur ulang jadwal.

Masak Sendiri

Syukur jika selama ini ibu sudah terbiasa memasak makanan setiap hari. Banyak ibu hamil yang berprofesi sebagai wanita karir tidak memiliki waktu untuk masak makanan sendiri. Kesibukan membuat mereka tidak memiliki waktu untuk masak makanan sendiri di rumah.

Apakah ini ada hubungannya dengan menjaga ibu hamil muda? Tentu saja ada. Memang lebih mudah makan di luar. Tinggal pilih dan pesan makanan apa yang ingin di makan. Akan tetapi, apakah ibu yakin bahan yang digunakan higienis? Yang paling dikhawatirkan lagi adalah adanya bumbu yang kurang baik untuk perkembangan bayi di dalam kandungan. Contohnya saja penyedap rasa dan kandungan garam yang terlalu banyak. Belum lagi makanan yang bersantan yang bisa menyebabkan ibu mudah mengalami mual.

Akan lebih tepat jika ibu meluangkan waktu untuk masak makanan sendiri di rumah. Dengan memasak makanan sendiri di rumah, ibu bisa pastikan bahan yang ibu gunakan mengandung gizi ibu hamil, bersih, dan higienis. Selain itu, ini juga bisa ibu lakukan untuk refreshing. Ibu tidak boleh menganggap memasak menjadi kegiatan yang melelahkan. Nikmati proses memasak maka ibu akan lebih rileks.

Minum Susu Ibu Hamil

Dari sekian banyak hal sepele yang baik untuk menjaga kesehatan kehamilan muda, cara yang satu ini yang paling diremehkan. Banyak ibu hamil yang akhirnya tidak mau melakukan tips menjaga kehamilan yang satu ini.

Mereka memiliki alasan yang berbeda. Ada beralasan mengkonsumsi susu membuat mual dan muntah. Ada juga yang merasa tidak penting mengkonsumsi susu karena tidak ada keluhan kesehatan serius yang ia rasakan. Setidaknya dua alasan tersebut yang membuat ibu hamil tidak mau minum susu.

Namun, kenapa para ahli kesehatan gencar sekali mengkampanyekan pentingnya mengkonsumsi susu hamil? Alasannya hanya satu, yaitu agar menurunkan tingkat kematian ibu dan bayi.

Banyak sekali penyebab terutama kematian bayi di dalam kandungan. Namun yang pasti, beberapa ibu hamil tidak menyadari hal ini. Mereka menganggap sudah melakukan cara menjaga kehamilan muda dan tidak ada keluhan kesehatan. Padahal, ternyata janin tidak berkembang karena nutrisi tidak terpenuhi. Bayi mengalami penurunan perkembagan dan akhirnya keguguran.

Kasus semacam ini sering terjadi karena seorang ibu hamil muda kekurangan nutrisi. Bisa saja ibu hamil tersebut terlihat sehat tapi ternyata janin di dalam kandungan tidak berkembang. Untuk menghindari hal tersebut, para ahli kesehatan kandungan menyarankan agar semua ibu hamil mengkonsumsi susu. Pilihlah susu yang tidak mengandung banyak gula sehingga tidak membuat ibu merasa mual dan bahkan muntah saat mengkonsumsinya.

Konsultasi Kehamilan Secara Rutin

Aneh jika sekarang ini seorang ibu hamil tidak mau konsultasi kehamilan. Padahal sekarang fasilitas kesehatan sudah lebih banyak. Di setiap desa, sudah ada bidan desa yang siap membantu semua ibu hamil, mulai dari saat kehamilan hingga proses persalinan nanti. Belum lagi fasilitas konsultasi dengan dokter secara online yang semakin mudah di akses.

Sebenarnya tidak ada hal sulit yang harus dilakukan untuk menjaga kehamilan muda. Dengan melakukan beberapa hal kecil tersebut di atas, maka ibu akan merasakan manfaat yang besar, terutama manfaat berupa kesehatan terjaga dan perkembangan bayi di dalam kandungan baik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*