Hal – Hal Penting Yang Terjadi Pada Perkembangan Janin 3 bulan

Perkembangan Janin 3 Bulan Source: cbc.ca

ceritawanitamodern.com – Apabila Anda ingin memperdengarkan musik pada janin, Anda bisa  memulainya pada perkembangan janin 3 bulan ini. Pada masa ini, ia sudah bisa mendengar suara dan percakapan, baik suara itu Anda, ataupun bunyi dari luar perut ibunya. Pada usia kehamilan  3 bulan, risiko keguguran akan semakin menurun dibandingkan saat masih 2 bulan. Akan tetapi perut yang mulai terlihat membesar akan membuat Anda harus mengganti pakaian dengan pakaian yang lebih besar dan nyaman untuk Anda gunakan. Dengan semakin berkurangnya morning sickness Anda lebih bisa  menyesuaikan diri dengan perubahan tubuh  ketika hamil.

Sebagian perut wanita memang akan nampak membesar. Frekuensi buang air kecil dapat meningkat sebab kantong kemih yang tertekan oleh  rahim. Walaupun belum memakai pakaian hamil, akan tetapi Anda mungkin sudah mengganti pakaian sehari-hari dengan pakaian yang lebih nyaman. Selain itu, stretch mark juga dapat mulai terlihat pada perut bagian atas, bokong, payudara dan paha. Payudara Anda akan mulai mempersiapkan produksi ASI sehingga akan terasa lebih kencang dan sedikit membesar. Pembuluh darah juga akan mulai nampak  pada kulit payudara.

Pertumbuhan Janin 3 Bulan

Pada usia 3 bulan masa kehamilan ini, berat bayi kurang lebih 23 gram dengan panjang sekitar 7,4 cm. Dalam minggu ke- 13 ovarium atau testis sudah akan berkembang. Organ kelamin juga sudah terbentuk, walau belum bisa  terdeteksi ketika USG. Janin Anda dapat juga mengalami cegukan walau Anda belum bisa merasakannya. Hal ini merupakan tanda bahwa ia sedang berlatih bernapas. Bayi Anda juga sudah bisa mengisap dan hal ini merupakan persiapan nantinya saat ia akan mencari puting susu setelah lahir. Apabila bayi Anda perempuan, ia mempunyai paling tidak 2 juta sel telur di dalam ovariumnya. Ketika lahir, sel telurnya akan berkurang menjadi sekitar  1 juta. Semakin ia dewasa maka jumlah sel telur akan makin berkurang. Pada usia 17 tahun, jumlah sel telurnya akan menjadi 200 ribu.

Dalam minggu ke- 14, bayi Anda memiliki berat badan sekitar 40 gram dengan panjang kurang lebih 8 cm. Bayi akan mulai menelan cairan ketuban secara perlahan. Cairan ini nantinya akan masuk ke perut dan diproses oleh ginjal, lalu dialirkan kembali menjadi bentuk urine. Lengan bayi sudah menjadi lebih sempurna dengan ukuran tubuhnya. Hati sudah mulai memproduksi cairan empedu, sedangkan limpa sudah akan memproduksi sel darah merah. Alis dan rambutnya juga telah tumbuh. Karena sinyal dalam otaknya, otot wajah bayi saat ini sudah mulai memunculkan ekspresi tertentu, misalnya saja menyeringai , menyipitkan mata, dan mengerutkan kening. Ginjal bayi sudah akan memproduksi urine yang dilepaskan ke kantung ketuban.

Dalam minggu ke-15 ini janin Anda akan mempunyai berat 70 gram dengan panjang sekitar 9,1 cm. Bayi Anda mulai bisa  mendengar berbagai hal, misalnya saja suara sistem pencernaan, bunyi detak jantung serta suara Anda. Walaupun matanya tertutup, ia bisa menjadi lebih sensitif terhadap cahaya dari luar perut ibunya. Kulit bayi Anda sangat tipis sehingga pembuluh darahnya bisa terlihat.Telinganya akan terus berkembang dan mulai terleihat seperti telinga dewasa pada umumnya. Matanya sedikit demi sedikit  mulai berpindah dari sebelah kanan dan kiri kepala menjadi dekat dengan hidung. Bayi Anda biasa mengalami cegukan, namun tidak akan mengeluarkan suara sebab tenggorokannya penuh dengan cairan.

Dalam  minggu ke-16 ini Janin Anda berbobot sekitar  100 gram dengan panjang kurang lebih 10 cm. Otot pada wajah mulai terbentuk akan tetapi belum bisa  dikontrol bayi. Sistem saraf sudah berkembang, sehingga otot pada anggota tubuhnya bisa sedikit melentur. Di dalam rahim, ia sudah akan bermain dengan memainkan tali pusat ibunya. Kepala bayi sudah mulai tegak dan matanya telah berada di posisi semestinya.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Perkembangan Janin 3 Bulan

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan dan harus dihindari pada usia kehamilan 3 bulan.

1. Berhubungan seksual

Gairah seksual yang akan kembali normal setelah 2 bulan masa awal kehamilan sebenarnya tidak harus ditahan. Bayi Anda sudah dilindungi oleh cairan ketuban di dalam rahim sehingga berhubungan seksual di masa kehamilan merupakan hal yang tidak berbahaya. Akan tetapi hubungan seksual sebaiknya dihindari bila:

  • Cairan ketuban pecah
  • Pasangan Anda mempunyai penyakit menular seksual
  • Mempunyai riwayat keguguran atau bayi lahir secara prematur
  • Mengalami pendarahan atau keluarnya cairan vagina yang tidak beraturan
  • Mengalami plasenta previa atau lapisan plasenta yang sangat  rendah
  • Ada gangguan pada leher rahim Anda.

2. Mengatasi stretchmark

Berolahraga dan mengoleskan lotion dengan kandungan vitamin E dan asam alfa hidroksi bisa membantu menghilangkan stretchmark. Namun tentunya harus diperhatikan kandungan lotionnya agar jangan sampai mengandung bahan – bahan yang berbahaya bagi si buah hati.

Akan tetapi Anda harus berhati-hati dengan kandungan suplemen maupun krim yang bisa terserap ke dalam darah ibu hamil dan membahayakan bayi. Apabila dibiarkan, stretchmark sebenarnya bisa hilang atau berubah warna dengan sendirinya setelah persalinan nanti.

3. Posisi tidur yang nyaman

Berbaring dengan posisi menyamping merupakan posisi tidur yang sangat nyaman dan sehat bagi ibu hamil. Berbaring telentang  bisa menyebabkan pembuluh darah besar Anda tertekan rahim. Anda bisa menggunakan bantal tambahan untuk membuat posisi tidur lebih nyaman. Pijatan ringan pada punggung bisa dilakukan oleh suami guna  meringankan pegal yang sering dialami ibu hamil. Anda juga bisa minta bantuan kepada pasangan atau keluarga untuk mengerjakan beberapa hal tertentu yang dikhawatirkan bisa  membahayakan kandungan. Pada perkembangan janin 3 bulan ini perut akan semakin menonjol dan pergerakan bayi sudah bisa Anda rasakan.

Image Source: cbc.ca

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*