Gizi Ibu Hamil yang Paling Dibutuhkan Saat Musim Hujan

gizi ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Gizi ibu hamil tidak hanya melulu untuk kepentingan perkembangan janin saja ya. Harus dipahami juga bahwa kesehatan ibu hamil itu sendiri juga harus diperhatikan. Oleh sebab itu, gizi untuk ibu hamil itu diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan.

Pada musim hujan seperti saat ini, seorang ibu hamil harus menjaga kesehatannya dengan memenuhi semua gizi ibu hamil. Akan tetapi, tahukah ibu apa yang sangat penting saat musim hujan tiba?

Yang paling penting adalah memperkuat immune system atau sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, hanya dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh, kesehatan ibu hamil akan selalu terjaga. Ibu tidak akan mudah sakit saat musim hujan tiba.

Lalu, apa saja gizi ibu hamil yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuhnya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Gizi untuk Ibu Hamil yang Bisa Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gizi ibu hamil itu sangat penting untuk memastikan kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan terjaga. Hanya saja, cara yang paling bijak dan paling efektif untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dalam hal ini, terdapat berbagai jenis gizi ibu hamil yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Salah satunya adalah vitamin C. Sudah banyak orang ketahui bahwa vitamin C itu sangat berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C ini bisa didapatkan dari buah jeruk, jambu, dan lain sebagainya. Apalagi saat musim hujan tiba, tentu ibu hamil sangat mudah sekali terkena flu dan demam. Jadi, ibu harus perbanyak mengkonsumsi makanan sumber vitamin C.

Akan tetapi, tidak hanya vitamin C saja yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ternyata, vitamin A juga memiliki peran yang sama seperti vitamin C. Selama ini banyak orang yang hanya mengetahui bahwa vitamin A itu hanya untuk kesehatan mata. Padahal, vitamin A juga berperan aktif meningkat kekebalan tubuh ibu hamil dengan cara melindungi sel-sel tubuh agar tidak rusak akibat radikal bebas.

Vitamin D juga tak kalah penting. Bahkan, salah satu peran vitamin D adalah melawan sel kanker coleretal. Memang kasus yang satu ini jarang terjadi. Akan tetapi, bukan berarti tidak mungkin terjadi, bukan? Oleh sebab itu, pastikan ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung semua gizi ibu hamil terutama vitamin D.

Makanan Enak untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Ibu Hamil

Sekarang ibu sudah tahu bahwa banyak sekali gizi ibu hamil yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lalu, apa makanan yang enak yang bisa menguatkan kekebalan tubuh?

Tentu saja jumlahnya sangat banyak. Hanya saja, untuk mendapatkan vitamin C, vitamin A, dan vitamin D tersebut di atas, ibu bisa mengkonsumsi sayuran hijau. Ibu bisa buat sayur bening dari berbagai jenis sayuran. Selain itu, ibu juga bisa membuat sup buah yang mengandung semua gizi ibu hamil yang dibutuhkan.

Yang jelas ada banyak sekali makanan enak yang mengandung nutrisi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, terlepas dari itu semua, ibu harus juga perhatikan gizi untuk ibu hamil lainnya ya seperti gizi ibu hamil yang bisa mencerdaskan otak bayi yang masih ada di dalam kandungan. Itu juga tak kalah penting ya bu.

Sebagai ibu hamil, ibu harus secara konsisten menyuplai semua nutrisi yang ibu dan janin dalam kandungan butuhkan. Beruntung sekali karena ibu tinggal di Indonesia, negara tropis di mana banyak sekali jenis makanan yang mengandung gizi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*