Gizi Ibu Hamil pada Pisang yang Membuat Anda Ingin Selalu Menyantapnya

gizi ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Gizi ibu hamil bisa didapatkan dari mana saja, entah dari sayuran, buah-buahan, atau jenis makanan yang lainnya. Sekarang ini, semakin banyak makanan yang dijual di minimarket terdekat di mana makanan tersebut mengandung gizi bagi ibu hamil. Karena semakin banyak pilihan itulah, ibu tidak perlu khawatir kekurangan gizi saat hamil.

Namun, ibu perlu pertimbangkan untuk mengkonsumsi pisang. Selain mudah dan murah, buah yang satu ini juga kaya akan gizi ibu hamil. Setelah ibu tahu manfaat dari buah pisang untuk kehamilan, ibu pasti ingin selalu menjadikan pisang sebagai buah yang wajib ibu konsumsi.

Penunda Rasa Lapar

Pisang tidak seperti buah yang lainnya. Buah terkesan sesuatu yang menyegarkan seperti semangka, jeruk, dan lain sebagainya. Pisang cenderung tidak menyegarkan karena memang teksturnya berbeda dengan buah seperti semangka dan jeruk. Kandungan airnya pun tidak seperti yang terdapat pada dua buah tersebut.

Akan tetapi, tahukah ibu bahwa kandungan gizi ibu hamil yang ada di dalam pisang bisa membuat ibu selalu kenyang? Pisang bisa ibu jadikan cemilan penunda rasa lapar. Ketika sedang dalam perjalanan atau sedang mengerjakan pekerjaan di mana belum saatnya untuk istirahat makan siang, ibu bisa menunda rasa lapar dengan hanya mengkonsumsi pisnag. Hal ini dikarenakan kandungan kalori yang ada di dalam buah yang satu ini sangatlah tinggi.

Ibu hamil perlu sekali kalori dalam jumlah yang banyak. Ibu pasti sadar hal tersebut. Beban yang semakin berat serta janin yang semakin berkembang membuat kebutuhan kalori ibu hamil semakin tinggi. Jadi, jangan lupa membawa pisang ke mana pun ibu berada ya.

Mengatasi Anemia

Apa yang ibu akan lakukan jika divonis oleh dokter kandungan bahwa ibu mengalami anemia? Mengkonsumsi daging mungkin cara yang paling cepat untuk mengatasi anemia. Hanya saja, daging bisa berakibat kurang baik bagi perkembangan janin dalam kandungan jika proses memasaknya tidak benar-benar matang. Selain, memasak daging membutuhkan waktu yang lama juga, bukan?

Untuk mengatasi anemia, ibu cukup mengkonsumsi buah pisang saja. Salah satu kandungan gizi ibu hamil yang terdapat pada buah pisang ini adalah zat besi. Menurut ahli gizi, kandungan zat besi pada satu buah pisang sekitar 225 gram. Dengan adanya zat besi ini, produksi hemoglobin akan meningkat sehingga anemia bisa segera teratasi.

Meringankan Morning Sickness

Harus dipahami bahwa morning sickness itu sebenarnya tidak bisa diobati karena hal tersebut merupakan pengaruh hormonal yang selalu terjadi saat hamil. Hanya saja, mual dan muntah karena morning sickness bisa diringankan dengan cara mengkonsumsi pisang. Hal ini dikarenakan pisang mengandung vitamin B6 yang menurut para ahli kesehatan   gizi ibu hamil tersebut bisa secara efektif meringankan morning sickness.

Meskipun demikian, bukan berarti ibu hanya mengandalkan nutrisi dari makanan seperti buah pisang saja ya. Untuk menjaga kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan, ada hal lain yang perlu juga untuk mendapatkan perhatian. Terutama dalam mencegah infeksi torch, ibu tidak hanya perlu mengkonsumsi makanan sehat. Ada hal lain yang juga tak kalah penting dari gizi ibu hamil untuk mengatasi infeksi torch ini.

Yang jelas, ibu harus bersyukur karena ibu sudah mendapatkan titipan dari Tuhan. Titipan berupa jabang bayi tersebut harus ibu benar-benar jaga dengan melakukan hal-hal yang baik untuk kesehatan janin dalam kandungan serta mencukupi semua gizi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*