Gerakan Senam Hamil yang Penting untuk Dilakukan Pada Trimester Ketiga

senam hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Senam hamil dikatakan sebagai olahraga yang bisa membuat proses persalinan lancar. Setidaknya itu yang dipahami oleh masyarakat saat ini.

Namun, tahukah ibu banyak sekali manfaat yang juga bisa ibu rasakan sekali untuk memperlancar proses persalinan? Ternyata, senam ibu hamil juga bisa membuat tubuh bugar selama masa kehamilan. Itulah mengapa senam hamil itu sangat direkomendasikan untuk dilakukan para wanita hamil.

Dalam senam ibu hamil ini, terdapat gerakan-gerakan yang berbeda yang harus diikuti oleh ibu hamil yang ikut program senam kehamilan. Gerakan juga disesuaikan dengan usia kehamilan. Untuk ibu hamil yang sudah masuk trimeseter ketiga atau bahkan sudah hampir tiba masa persalinan, ada gerakan senam hamil 9 bulan yang akan sangat membantu sekali dalam proses persalinan nanti. Gerakan yang dimaksud akan membuat ibu rileks, memiliki tubuh yang fit, dan proses persalinan akan lancar.

Gerakan dalam Senam Ibu Hamil 9 Bulan

Setidaknya ada dua gerakan yang sangat bagus jika dilakukan para ibu hamil pada usia 9 bulan.

  • Gerakan Hands and Back up Train

Gerakan ini disebut juga gerakan pemanasan di awal kegiatan senam ibu hamil. Gerakan ini dilakukan dengan cara mengangkat kedua lengan lurus di atas kepala dan telapak tangan berhadapan. Jangan turunkan dulu sampai sekitar 20 detik. Kemudian renggangkan kedua tangan 20 detik. Lakukan gerakan tersebut hingga 5 kali.

Gerakan dalam senam hamil ini akan membuat ibu rileks. Stress akan berkurang jika ibu rajin melakukannya rutin setiap hari. Jika ibu mengikuti program senam kehamilan, gerakan ini sering dilakukan di awal program.

  • Gerakan Hip

Hip artinya pinggul. Artinya, gerakan ini akan memperkuat pinggul ibu. Gerakan ini sudah boleh dilakukan ketika usia kehamilan 8 bulan. Gerakan ini akan memperbaiki posisi bayi dalam rahim.

Bagaimana cara menerapkan gerakan ini? Pertama-tama, ibu harus berbaring terlentang dengan lutut ditekuk. Kemudian, ibu tarik nafas melalui hidung. Pada saat yang sama, ibu bisa coba mengencangkan otot bagian perut dan juga bokong. Hitung sampai 5 detik dan hempuskan nafas. Lakukan gerakan senam hamil ini beberapa kali.

  • Gerakan Mencium Lantai

Gerakan yang satu ini sangat mempengaruhi posisi bayi. Posisi kepala bayi akan berada di bawah seolah-olah siap untuk lahir.

Gerakan senam hamil yang satu ini diawali dengan cara jongkok. Kemudian, ibu bisa membungkuk namun ibu harus hati-hati. Bungkuk hingga ibu mencium lantai. Ibu bisa tahan posisi seperti itu hingga 10 detik.

Untuk melakukan gerakan ini, sebaiknya ibu ditemani instruktur yang sudah berpengalaman jika memang ibu pernah melakukan gerakan ini.

Hati-Hati Melakukan Senam Ibu Hamil

Ada satu hal yang harus diperhatikan. Ternyata, tidak semua ibu hamil diperbolehkan untuk melakan senam ibu hamil. Dalam kondisi tertentu yang memungkinkan bisa membahayakan janin dalam kandungan, ibu hamil dilarang melakukan gerakan apapun di dalam senam hamil.

Untuk itu, ibu harus konsultasi kehamilan dengan bidan atau dokter kandungan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengikuti program senam kehamilan. Jika diperbolehkan, ibu bisa langsung bergabung dengan ibu hamil yang mengikuti senam kehamilan.

Yang jelas, selain membuat tubuh ibu fit selama kehamilan, beberapa gerakan dalam senam ibu hamil memang diformulasikan agar bagian tubuh tertentu semakin kuat dan posisi janin sudah bagus. Jika ibu memang ingin sekali melahirkan sang buah hati secara normal, tidak salah jika ibu ikut program senam hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*