Forum Ibu Hamil Membahas Seputar Psikologi Juga Lho

forum ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Forum ibu hamil kini semakin diminati. Semakin banyak ibu yang memiliki smartphone sehingga mereka lebih mudah bergabung dan berinteraksi sesama ibu hamil melalui forum tersebut.

Akan tetapi, bukan itu yang menjadi sangat penting. Tingginya kesadaran para ibu hamil untuk menjaga kesehatan kehamilan membuat mereka bergabung dengan forum ibu hamil.

Jumlahnya forum seperti itu pun semakin banyak. Bahkan, ada juga forum ibu hamil yang dikelola oleh para ahli kesehatan dan dokter kandungan. Di dalam forum tersebut, ibu tidak hanya bisa tanya jawab dengan pakar kesehatan kandungan dan mendapatkan informasi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan, melainkan ibu juga akan tahu beberapa hal seputar psikologi seorang ibu hamil.

Psikologi Ibu Hamil

Jika berbicara seputar kesehatan ibu hamil, maka ibu tidak boleh meninggalkan tema tentang psikologi ibu hamil. Kesehatan tidak hanya berhubungan dengan nutrisi saja, tapi juga psikologi. Bahkan, tidak sedikit keluhan kesehatan saat hamil itu justru disebabkan oleh psikologi ibu hamil.

Hal tersebutlah yang membuat banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh ibu hamil di dalam forum ibu hamil. Terjadi pula diskusi yang menarik antara sesama ibu hamil mengenai hal tersebut.

Tidak sedikit yang mengeluhkan kenapa saat hamil mereka justru sering marah-marah. Hal tersebut tentu saja berhubungan dengan psikologi, bukan?

Para ahli kesehatan kehamilan mengatakan bahwa seringnya marah saat hamil itu salah satunya disebabkan oleh faktor hormonal. Saat ibu mengandung, hormon yang diproduksi tubuh semakin banyak. Dan hal tersebut mengakibatkan ibu mudah sekali emosi.

Apalagi jika meningkatnya produksi hormon tersebut menyebabkan ibu sering mual, muntah, dan pusing. Tentu hal tersebut akan membuat ibu jengkel dan akhirnya emosi.

Untuk lebih lengkapnya, ibu bisa membaca penjelasan lainnya mengenai hal tersebut di forum ibu hamil. Namun, yang tak kalah penting adalah bagaimana mengontrol emosi saat hamil.

Terapi Psikologi Ibu Hamil

Ada satu solusi yang ditawarkan agar ibu bisa mengontrol emosi saat hamil, yaitu melakukan terapi psikologi. Salah satu cara terapi psikologi ibu hamil yang paling mudah adalah dengan cara mendengarkan musik. Ibu bisa mendengarkan lagu yang menenangkan. Lakukan kegiatan ini pada waktu senggang.

Ada baiknya juga ibu memperdengarkan lagu kepada si kecil. Hal ini bisa ibu lakukan dengan cara menaruh headset pada perut ibu. Pilihkan lagu yang bernada riang di siang hari agar si kecil aktif walaupun masih ada di dalam kandungan. Sementara itu, pilihkan lagu dengan nada rendah atau lagu-lagu klasik di malam hari. Dari berbagai forum ibu hamil, dijelaskan bahwa lagu sangat baik untuk kecerdasan janin. Selain itu, mendengarkan lagu juga akan membuat ibu tenang dan tidak mudah emosi.

Yoga juga bisa ibu lakukan sebagai terapi psikologi saat hamil. Namun, pastikan ibu mengikuti program yoga khusus ibu hamil ya. Pasalnya, gerakan di dalam yoga ibu hamil tidak akan membahayakan ibu dan juga janin di dalam kandungan. Diharapkan dengan melakukan yoga, pikiran ibu akan lebih fresh dan ibu tidak akan mudah emosi.

Banyak sekali manfaat yang akan ibu dapatkan jika bergabung dengan forum ibu hamil. Tidak hanya info kehamilan saja yang akan ibu dapatkan. Ibu juga bisa berinteraksi dengan sesama ibu hamil. Jadi, saat ibu sedang bersantai, tidak ada salahnya jika ibu mengunjungi forum ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*