Fase Perkembangan Janin dalam Kandungan

Perkembangan janin dalam kandungan

www.johnsonsbaby.co.id

 

Perkembangan Janin dalam Kandungan menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi Bunda karena Bunda dapat merasakan langsung sang buah hati tumbuh semakin besar setiap harinya. Tak terasa waktu semakin berlalu, janin yang asal usulnya dari pertemuan sel sperma dan ovum itu semakin tumbuh menjadi manusia seutuhnya. Biasanya, momen berharga ini tidak ingin dilewatkan begitu saja oleh para Bunda. Nah untuk itu, mari kenali lebih dekat si kecil melalui Tumbuh Kembangnya dalam Kandungan.

  • Pada bulan pertama kehamilan, kantung kehamilan terbentuk untuk melindungi janin dari air ketuban. Selain itu, di bulan pertama ini juga mulai terbentuk plasenta yang berfungsi menyalurkan makanan atau nutrisi dari tubuh ibu hamil ke janinnya.
  • Bulan kedua kehamilan adalah masa-masa awal tubuh dan wajah janin mulai terbentuk. Bakal telinga sudah mulai tampak sebagai lipatan pada bagian kanan dan kiri kepalanya. Seiring dengan hal tersebut, mulai tampak pula calon lengan, kaki, dan jari-jemarinya. Selain itu, sistem syaraf pusat atau otak, syaraf tulang belakang serta saluran pencernaan juga mulai terbentuk di usia kehamilan bulan ke-2 ini.
  • Memasuki bulan ketiga, Tumbuh Kembang Janin dalam Kandungan semakin jelas, dengan tanda-tanda hampir terbentuk sempurnanya semua bagian tubuh bayi. Tangannya akan mulai bisa mengepal, dan kuku-kukunya juga mulai dapat tumbuh. Meski belum terlihat dengan sempurna, jenis kelamin bayi di usia kehamilan ini juga sudah mulai terbentuk.
  • Trimester kedua, bulan keempat adalah awal terjadinya pembentukan dasar organ-organ penting dalam tubuh pada janin, seperti pada bagian-bagian tubuh ini yakni, tangan, kaki, jari, wajah sudah dapat dilihat dengan jelas. Maka sangat penting untuk mengawasi apa saja yang Anda konsumsi pada trimester pertama termasuk makanan dan obat-obatan. Pada masa ini juga adalah masa ideal Anda melakukan pemeriksaan USG.
  • Bulan kelima, Anda mulai dapat merasakan pergerakan janin Anda. Saat ini, janin Anda semakin pintar menggerakan sendinya, sehingga tidak heran kini ia senang menekuk lengan dan kakinya serta menendang perut ibunya. Pada bulan ini juga, kepala janin sudah mulai ditumbuhi rambut halus, begitupun dengan tangan dan kakinya. Seluruh kulit bayi mulai tertutup oleh lapisan putih yang berfungsi untuk mencegah bayi terkena cairan ketuban secara langsung saat kelak ia dilahirkan.
  • Di akhir trimester ke dua, janin akan mencapai panjang sekitar 12 cm dengan berat kurang lebih 900 gram. Anda akan bisa merasakan lebih banyak gerakan karena di fase ini janin mulai bisa cegukan. Tumbuh Kembang Janin dalam Kandungan ditandai oleh berkembangnya sistem pendengaran,
  • Penglihatan, penciuman dan pengecapan janin, sehingga ini adalah waktunya bila Anda ingin mengobrol atau memperdengarkan musik pada janin Anda.
  • Di tahap terakhir perkembangan janin dalam kandungan, lemak mulai tercipta pada tubuh si Kecil, tubuhnya semakin besar, dan Anda dapat merasakan ketika bayi berganti posisi.
  • Pada bulan kedelapan, cadangan lemak pada kulit janin semakin banyak sehingga kulit janin tidak keriput lagi. Perkembangan otak janin sedang sangat bertumbuh hingga kepala janin akan membesar dengan cepat, si Kecil semakin sering menendang-nendang perut Anda.
  • Bulan kesembilan berat badan ibu akan bertambah setengah kilo perminggunya, dimana setengahnya merupakan penambahan berat badan janin yang semakin siap untuk dilahirkan. Saat ini sistem saraf dan paru janin berfungsi semakin baik. Di bulan ini, Anda akan semakin dekat dengan proses persalinan, sehingga siapkan mental dan fisik Anda.

Demikianlah Fase Perkembangan Janin dalam Kandungan ini Anda dapat perhatikan untuk menjadi acuan perkembangan sang buah hati.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*