Fakta dan Cara menghitung usia kehamilan

cara menghitung usia kehamilan

Muntah mual sudah. Payudara terasa nyeri ditambah mood yang tidak karuan. Sampai akhirnya anda atau pasangan sudah mulai curiga ada yang tidak beres. Terang saja, begitu dilakukan uji coba, ternyata anda sedang dalam kondisi mengandung. Betapa bahagia mendengar kabar kehamilan terlebih jika memang anda dan pasangan telah mengharapkan kehadiran buah hati sejak awal pernikahan. Tiba – tiba anda sadar bahwa anda tidak tahu cara menghitung usia kehamilan.

Padahal dengan mengetahui seberapa jauh kehamilan anda telah berlangsung, maka anda bisa mengira – ngira aktivitas dan persiapan apa saja yang harus dilakukan guna memastikan perkembangan janin lancar. Belum lagi, dengan tahu usia janin, berarti anda sudah bisa bersiap – siap apabila ketuban pecah. Tidak lucu, bukan, bila anda sedang di perjalanan jauh tanpa tahu kehamilan anda sudah sangat tua dan tinggal menghitung hari menyambut bayi.

Cara menghitung usia kehamilan secara medis sebetulnya telah banyak berkembang. Anda bisa membayangkan betapa besar usaha ilmu kedokteran guna menyibak misteri kehamilan selama ini. Jaman dahulu wanita hamil diasingkan ke dalam hutan karena dianggap tidak suci sampai bayi lahir atau diminta menggemukkan badan semaksimal mungkin agar janin sehat. Untunglah, era modern kehamilan benar – benar diperlakukan istimewa dan layak. Sebagai ibu mengandung, tanpa diberi beban tambahan sekalipun, keberadaan janin saja sudah membutuhkan usaha yang besar. Sayang beribu sayang, masih ada satu lagi ilmu yang belum ditemukan yakni mengetahui usia kehamilan dengan pasti. Ya, memang, bila anda memilih pergi ke dokter, kemungkinan besar ahli kandungan bisa memberitahu anda estimasi kelahiran anda. Pada realitanya, mengetahui usia kehamilan dengan akurat sedikit mustahil dengan ilmu kedokteran jaman sekarang. Meski anda telah menggunakan alat canggih, saat ini, tidak ada yang tahu pasti kapan sperma memenangkan balapan dan memulai proses ‘kencan’ dengan sel telur. Anda hanya bisa berharap kalau ‘ketuk palu’ dokter alias penjelasan dokter akurat sehingga anda tidak perlu panik bila ketuban pecah sebelum tiga puluh minggu. Bahkan, bila anda memang tidak ragu merogoh kocek lebih dalam, sekarang sudah ada teknologi yang sedikit lebih canggih yakni Ultra sound Scan. Memang biasa digunakan pada trimester kedua, tapi bukan berarti ultra sound scan tidak bisa dimanfaatkan pada awal kehamilan guna melihat perkembangan janin.

Faktor kedua yang sama bikin pusing bahkan dokter sekalipun adalah ketika anda bahkan tidak tahu kapan terakhir kali datang bulan. Cara menghitung usia kehamilan tanpa siklus menstruasi sedikit lebih rumit dibanding perempuan yang paham betul kapan ‘tamu’ perempuan datang. Mari diakui tidak semua orang mencatat siklus menstruasi, beberapa hanya berharap menstruasi akan datang bulan ini sehingga membawa pembalut kemana – mana. Bahkan, ada juga perempuan dengan kondisi tubuh yang membuat menstruasi tidak beraturan. Manapun alasannya, menstruasi seolah menjadi tolak ukur menghitung usia janin. Tenang, saja, tetap ada caranya. Pertama, anda mengira – ngira kapan terakhir kali berhubungan intim dengan pasangan. Bisa jadi, anda berbagi kasih selama seminggu berturut – turut, tidak masalah, catat saja. Jangan lupakan untuk mengingat apakah anda dan pasangan menggunakan pengaman (kondom, pil pengontrol kehamilan, dan lain lain). Sambungkan faktor berhubungan intim dengan gejala kehamilan. Selain menstruasi terlambat, gejala kehamilan juga termasuk mudah lelah, pusing tanpa alasan yang jelas, serta muntah dan mual. Anda diperbolehkan untuk pesimis dan tidak berasumsi berlebihan bila mengalami tanda – tanda tersebut. Silahkan meminum obat yang sebaiknya aman untuk kehamilan guna meredakan rasa sakit. Kenapa? setidaknya bila memang ada janin berkembang dalam tubuh anda, meminum obat yang aman untuk kehamilan akan sangat memberi posisi aman bagi anda.

Tidak semua orang percaya dengan dunia kedokteran dan mau merogoh kocek guna mengetahui usia kehamilan serta vonis hamil atau tidak. Bukan tidak ada jalan lain, jaman teknologi sekarang ini selalu ada jalan keluar meski tidak akurat. Seperti yang anda tahu, di pasaran telah beredar test pack atau tes kehamilan. Anda bisa menemukan di apotek atau bahkan toko – toko konvensional. Bentuknya seperti corong termometer kuno yang dijepit di ketiak, dengan garis putih di tengah – tengah. Harga tes kehamilan semacam ini tergolong murah dan cepat. Bagaimana tidak, yang perlu anda lakukan hanya buang air kecil di atasnya dan dalam waktu beberapa menit, alat tersebut menganalisa tubuh anda. Bila terdapat tanda positif pada garis putih, berarti anda hamil, sedangkan kalau negatif tidak ada manusia berkembang dalam tubuh anda. Nah, berhubung cara murah berarti mengumpulkan data sendiri, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan. Pertama, setelah tes kehamilan, anda harus tahu kapan terakhir kali anda berhubungan badan tanpa pengaman dan sperma pasangan ‘keluar’ di dalam. Kedua, anda harus paham minimal rata – rata siklus datang bulan anda. Terakhir, anda harus mencatat gejala kehamilan dan berapa banyak gejala yang telah anda alami sejauh ini. Bila ketiga data tersebut telah siap mari serahkan segalanya pada situs pencari. Namanya digital, semua orang mengejar membuat sistem yang mampu memecahkan masalah anda guna mendapat uang. Kalkulator kehamilan banyak beredar di internet, beberapa gratis dan beberapa tidak. Anda hanya perlu memilih satu dan memasukkan data, lalu keluarlah hasilnya. Walau perlu diingat cara menghitung usia kehamilan satu ini kurang efektif.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*