Enaknya Konsultasi Kehamilan dengan Bidan

konsultasi kehamilan www.facebook.com/ibudanbalita

Konsultasi kehamilan itu bisa dengan bidan atau dengan dokter kandungan. Namun, masyarakat pada umumnya menganggap lebih mantap rasanya jika berkonsultasi dengan dokter kandungan daripada bidan.

Anggapan tersebut memang beralasan. Dokter memiliki keilmuan yang lebih tinggi dan lebih lengkap daripada bidan. Akan tetapi, bukan berarti alasan tersebut membuat posisi bidan lebih rendah di bawah dokter.

Dalam hal jabatan di rumah sakit misalnya, bidan memang lebih rendah daripada dokter. Hanya saja, dari segi keilmuan, bidan juga mampu memberikan saran yang terbaik untuk ibu hamil. Apalagi bidan memang mendapatkan pelajaran khusus tentang bagaimana menangani ibu hamil. Tentu saja bidan mengetahui seluk beluk tentang kehamilan mulai dari keluhan saat kehamilan, cara mengatasinya, sampai dengan gizi ibu hamil.

Akan tetapi, masihkah ibu meragukan jika harus berkonsultasi dengan bidan? Berikut beberapa hal yang bisa ibu jadikan pertimbangkan kenapa sebaiknya ibu berkonsultasi dengan bidan.

Anjuran Pemerintah

Pada saat ini, pemerintah sedang menggalakkan pelayanan kesehatan berjenjang. Artinya, masyarakat dihimbau untuk melakukan konsultasi kesehatan dengan tenaga medis yang paling bawah terlebih dahulu. Dalam hal kehamilan, ibu bisa konsultasi kehamilan dengan bidan terlebih dahulu. Baru kemudian jika terjadi hal-hal yang hanya bisa diputuskan oleh dokter, maka ibu baru bisa berkonsultasi dengan dokter.

Biaya Terjangkau

Karena ada program berjenjang dari pemerintah, maka ada kucuran dana dari pemerintah bagi siapa saja yang mau berkonsultasi dengan bidan. Otomatis, biaya lebih murah. Bahkan jika ibu memiliki jaminan kesehatan yang dikeluarkan pemerintah, bisa saja ibu tidak perlu mengeluarkan sepeserpun.

Lebih Efektif

Bagi ibu yang tinggal di kota, mungkin mudah sekali untuk berkonsultasi dengan dokter. Akan tetapi, bagaimana dengan ibu yang tinggal di desa? Pasalnya, hanya ada bidan yang bertugas di desa di mana ibu bisa berkonsultasi.

Selain itu, jika ibu konsultasi kehamilan dengan bidan, ibu bisa leluasa bertanya. Biasanya, tidak banyak yang antri di bidan. Hal ini dikarenakan setiap desa memiliki bidan. Berbeda jika ibu konsultasi dokter seputar kehamilan. Ibu harus antri dan terkadang waktu untuk berkonsultasi itu hanya pendek.

Apa yang Perlu Ditanyakan Saat Konsultasi

Sebenarnya, apapun bisa ibu tanyakan kepada bidan. Bidan adalah seorang profesional yang sudah dibekali dengan pengetahuan kebidanan, seperti tentang ibu hamil.

Ibu sebaiknya melaporkan keluhan yang sering ibu rasakan agar keluhan tersebut bisa dihindari. Selain itu, ibu tanya juga perkembangan janin serta makanan apa yang perlu dikonsumsi untuk memenuhi gizi ibu hamil. Ibu harus tahu tidak semua ibu hamil memerlukan kadar nutrisi yang sama. Ada kondisi di mana setiap ibu memerlukan nutrisi yang berbeda. Seperti contoh, bagi ibu yang mengandung dalam keadaan terkena diabetes, maka makanan yang baik adalah makanan yang tidak terlalu banyak mengandung lemak dan gula.

Satu hal lagi yang harus ibu tanyakan adalah tentang air ketuban. Ini yang sering terlewatkan oleh ibu hamil. Padahal, ibu hamil memelukan air ketuban yang cukup agar janin dalam kandungan bisa berkembang normal. Jika air ketuban habis, yang terburuk yang mungkin terjadi adalah keguguran.

Tentu ada banyak sekali pertanyaan yang bisa ibu tanyakan kepada bidan. Yang jelas, ibu tidak perlu meremehkan bidan. Bidan juga memiliki keilmuan yang cukup untuk memberikan masukan serta solusi ketika ibu konsultasi kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*