Enaknya Konsultasi Kehamilan dengan Bidan

konsultasi kehamilan www.facebook.com/ibudanbalita

Konsultasi kehamilan itu sangat penting. Ibu harus meluangkan waktu untuk datang ke tempat konsultasi. Apapun kesibukannya, ibu harus tetap berkonsultasi setidaknya satu kali dalam satu bulan.

Memang bukan hal yang mudah untuk membagi waktu, khususnya ibu hamil yang juga berkarir. Akan tetapi, sekarang ada bidan yang bisa ajak konsultasi setiap hari. Tentu saja tidak ada alasan lagi untuk melewatkan kesempatan untuk berkonsultasi, bukan?

Itulah sebabnya banyak sekali ibu hamil yang datang dan berkonsultasi kesehatan kehamilan dengan bidan daripada dengan dokter kandungan. Alasannya hampir sama. Bidan memiliki waktu yang flexible. Bahkan, jika ibu kenal baik dengan bidan tersebut, ibu bisa konsultasi kehamilan walaupun di hari minggu.

Saat ini pemerintah memfokuskan agar pelayanan kesehatan khususnya ibu hamil bisa didapatkan oleh setiap orang. Untuk itu, di setiap desa, setidaknya sudah ada satu bidan yang siap sedia melayani persalinan. Jadi, sekarang tenaga kesehatan tidak harus ke kota. Ibu bisa mencari bidan di sekitar rumah jika ibu mengalami keluhan seputar kehamilan.

Konsultasi ibu hamil sering dikonotasikan sebagai konsultasi seputar kesehatan janin. Apakah bidan punya kapabilitas untuk melakukan pemeriksaan tersebut? Tentu saja punya. Seorang bidan memang sudah dibekali ilmu pengetahuan yang bisa memberikan pelayanan kesehatan kehamilan. Selain itu, bidan yang ditugaskan pemerintah di setiap desa juga memiliki tanggungjawab agar angka keguguran di daerah tersebut berkurang atau benar-benar tidak ada. Karena tanggungjawab tersebutlah, seorang bidan pasti akan memberikan pelayanan semaksimal mungkin.

Selain waktu yang lebih flexible serta mudahnya bertemu dengan bidan, ibu juga tidak perlu mengeluarkan banyak dana. Ibu bisa bandingkan sendiri konsultasi kehamilan di rumah sakit, dengan dokter, dan dengan bidan. Pasti biaya murah jika konsultasi dengan bidan. Dan tahukah ibu, sebenarnya tidak ada bedanya antara konsultasi dengan dokter.

Hanya saja, jika ibu berkonsultasi dengan bidan, ibu tidak bisa melihat kondisi janin melalui USG. Pasalnya, bidan tidak memiliki alat USG dan bidan tidak memiliki kapasitas untuk menggunakan alat tersebut.

Akan tetapi, tentu saja hal itu tidak menjadi sisi negatif bidan. Bukankah konsultasi ibu hamil itu bukan hanya ingin tahu kesehatan janin? Ibu juga harus mendapatkan informasi tentang cara menjaga kesehatan ibu hamil, bukan?

Jadi, tentu saja tidak salah jika ibu konsultasi kehamilan dengan bidan. Selain itu, toh pemerintah lebih menekankan agar ibu hamil memeriksakan pada bidan yang sudah digaji oleh pemerintah.

Dan yang tak kalah penting, bidan itulah yang akan merekam kesehatan ibu selama masa kehamilan sampai melahirkan nanti. Bidan tersebut bisa dikatakan yang bertanggungjawab atas kesehatan ibu dan bayi sampai pada saat proses persalinan nanti.

Bagaimana dengan Konsultasi Online?

Dengan adanya internet saat ini dan orang sudah mulai melek internet, maka fasilitas berupa konsultasi ibu hamil secara online pun semakin marak. Ada beberapa forum online di mana ibu hamil bisa langsung berkonsultasi dengan pakar kehamilan.

Ibu juga bisa ikut dalam forum tersebut. Akan tetapi, konsultasi tersebut hanya seputar tanya jawab tentang apa keluhan ibu dan lain sebagainya. Tetap saja konsultasi langsung dengan bidan sangat diperlukan karena saat berkonsultasi, ibu akan diperiksa tekanan darahnya, posisi kandungan, berat badan, dan lain sebagainya. Jadi, banyak pertimbangan yang akan diambil ketika ibu konsultasi offline meskipun sah-sah saja jika ibu konsultasi kehamilan online.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

9 Comments on Enaknya Konsultasi Kehamilan dengan Bidan

  1. Ketentuan Juknis BOS 2016 // May 20, 2016 at 6:33 pm // Reply

    I was verdy happy to uncover this wweb site. I neeed to to
    thank you foor your timme just for this wonderfdul read!!
    I definitely apprecisted every part of it and i aloso hqve youu book marked to see new informstion onn yoir site.

  2. saya mau tanya, kenapa setelah puasa dedek dalam kandungan jarang gerak??

    • ketika berpuasa otomatis makanan yang diasup oleh ibu berkurang sehingga pergerakan janin melambat, sebaiknya bunda sebelum memutuskan berpuasa berkonsultasi dulu ke dokter kandungan akan kondisi janin. Jika memang bunda merasa khawatir, sebaiknya tidak ikut berpuasa dulu ya bun.

  3. Winda selvia // December 7, 2016 at 11:33 am // Reply

    Saya mau tanya .. saya udh nikah 4 bulan tapi kok saya belum hamil yh …haidny pernah telat kirain udh ngisi eh pas d tes negatif.. gimana ya caranya agar supaya bisa cepet hamil

  4. Dok saya mau tanya kalau misalkan terakhir haid tanggal 26 juni dan tes hasil positif pada bulan juli tgl 30 dan skarang sudah november brapa usia kandungannya dok ?

  5. Dok saya mau tanya knp setelah melahirkan saya selalu nyeri tulang ekor? Persalinan anak ke 1 atau k 2 juga sama , malah yang k 2 nyeri nya masih terasa udh mau 1thn 😥 , saya tanya k bidan bidan nya malah kaya yang aneh gitu.
    Terus apakah kalo persalinan selanjut nya begini lagi??
    Terima kasih .

Leave a comment

Your email address will not be published.


*