Dokter yang Cocok untuk Diajak Konsultasi Demi Menjaga Kehamilan Muda

menjaga kehamilan muda www.facebook.com/ibudanbalita

Menjaga kehamilan muda tidak bisa ibu serahkan pada diri sendiri saja. Ibu membutuhkan bantuan dokter setidaknya untuk ibu ajak sharing dan meminta masukan secara medis agar janin dalam kandungan sehat hingga persalinan nanti.

Tentu saja ibu bisa mendapatkan tips mengenai cara menjaga kehamilan entah di jurnal kesehatan atau di forum-forum ibu hamil. Namun, pastikan juga ibu memilih dokter yang tepat untuk konsultasi kehamilan.

Dokter atau Bidan

Sebenarnya, ibu bisa memilih antara dokter atau bidan yang bisa ibu pilih untuk konsultasi seputar kehamilan. Hanya saja, akan lebih baik jika ibu memilih dokter. Pendidikannya yang lebih tinggi daripada bidan serta pengalamannya yang luas membuat ibu bisa mendapatkan masukan secara medis yang tepat untuk menjaga kehamilan muda.

Selain itu, dokter juga memiliki wewenang untuk melakukan tindakan emergency yang tidak bisa dilakukan oleh bidan. Karena pada kondisi tertentu, bidan mungkin tahu apa yang harus dilakukan. Namun, ia tidak boleh melakukan tindakan tanpa ada rekomendasi dari dokter.

Dan yang paling penting, konsultasi kehamilan dengan dokter berarti ibu akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pemeriksaan USG. Pemerikasaan ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan janin mulai dari berat badannya, usianya, serta HPL.

Tentu saja bukan berarti ibu tidak boleh memilih bidan. Pemerintah saat ini sangat concern terhadap kesehatan ibu hamil sehingga bidan diturunkan ke desa-desa sebagai fasilitator yang bisa membantu ibu hamil menjaga kehamilan muda hingga nanti proses persalinan.

Jangan Asal Pilih Dokter

Walaupun direkomendasikan untuk memilih dokter, bukan berarti ibu bisa asal memilih dokter. Tentu saja ibu harus selektif memilih dokter.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu ibu pertimbangkan. Pilihlah dokter yang memiliki reputasi yang baik. Ini sangat penting karena banyak sekali dokter yang reputasinya buruk. Biasanya, dokter dengan reputasi buruk tersebut memiliki tingkat pendidikan yang kurang bagus. Selain itu, kesungguhan untuk menjadi dokter tidak begitu tinggi. Untuk meyakinkan ibu bisa mendapatkan nasehat yang tepat untuk menjaga kehamilan muda, ibu harus pilih dokter yang memiliki reputasi bagus.

Selain itu, ibu juga harus pertimbangkan dokter yang mudah diajak berkomunikasi. Apakah ibu bekerja? Tentu sangat sulit sekali untuk melakukan konsultasi dengan dokter karena ibu harus bekerja. Untuk itu, pilihlah dokter yang mudah untuk diajak berkomunikasi sehingga pada kondisi emergency, ibu bisa menelpon untuk mendapatkan saran tanpa harus bertemu di tempat praktek. Hal ini sangat penting untuk memastikan ibu selalu menjaga kehamilan muda saat bekerja.

Dan yang terakhir dan yang paling penting, ibu harus pilih dokter yang bersertifikasi dari universitas terkemuka. Saat ini sepertinya mudah sekali untuk mendapatkan title dokter sekalipun. Banyak sekali universitas di mana orang bisa dengan mudah menjadi dokter.

Untuk itu, pastikan ibu memilih untuk konsultasi kehamilan dengan dokter yang lulus dari universitas terkemuka dan terpercaya. Ini untuk memastikan keilmuannya sebagai dokter.

Kesimpulannya, menjaga kesehatan ibu hamil muda itu tidak susah asal ibu mau melakukan konsultasi dengan dokter secara rutin. Tidak ada alasan karena sibuk dan akhirnya tidak mempunyai waktu untuk konsultasi dengan dokter kandungan. Pilihlah dokter yang kredibel agar ibu mendapatkan nasehat medis yang tepat untuk menjaga kehamilan muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*