Diskusi Ibu-Ibu Di Forum Anak Agar Si Kecil Tidak Ngompol Lagi

forum anak www.pricebook.co.id

Tempat belajar paling menyenangkan bagi para ibu yang memiliki balita ada di forum anak. Kenapa? Karena di forum ini, setiap ibu yang menjadi anggota di forum tersebut berdiskusi dan saling memberikan masukan sesuai dengan pengalaman mereka masing-masing.

Tentu saja ibu bisa saja langsung bertanya dengan pakar perkembangan anak. Mereka jelas lebih paham secara teoritis tentang tumbuh kembang anak dan berbagai permasalahannya. Namun, apakah ibu harus datang dan tanya ke pakar tentang anak yang sering mengompol?

Untuk masalah yang seperti ini, ibu cukup mendengarkan pengalaman dari para ibu yang juga memiliki balita. Atau, jika ibu ingin lebih jelas, ibu bisa tanya dengan pakar, tidak dengan secara langsung tapi secara online. Ibu bisa daftarkan diri di www.ibudanbalita.com sehingga ibu bisa konsultasi anak secara online.

Apa yang seharusnya ibu lakukan agar anak tidak lagi ngompol? Setidaknya berikut ini beberapa saran yang diberikan oleh para ibu di forum ibu dan balita.

Hentikan Menggunakan Popok

Sebenarnya ini cara yang paling tidak menyenangkan. Ibu tahu kenapa? Karena ibu harus siap untuk membersihkan lantai rumah setiap saat si kecil ngompol. Saat awal ibu tidak mengenakan popok, ibu harus bersiap-siap juga cucian baju si kecil menumpuk. Akan banyak sekali celana yang diompoli oleh si kecil.

Meskipun demikian, cara ini sangat tepat dilakukan. Jika ibu terlalu lama memakaikan popok, maka akan semakin sulit si kecil untuk belajar agar tidak buang air kecil di celana. Maka dari itu, sebaiknya ibu sesegera mungkin menghentikan penggunaan popok.

Pertanyaannya sekarang adalah pada usia berapa sebaiknya hal ini dimulai? Sebaiknya ketika bayi ibu belum menginjak balita. Ada yang bilang sebaiknya berhenti memakaikan popok ketika balita sudah bisa berbicara. Kalaupun balita sudah bisa berbicara, hal tersebut tidak pasti membuat si kecil mau bicara ketika ingin buang air kecil. Ada baiknya ibu mulai melepas popok, dalam arti menghentikan memakaikan popok sebelum usia balita. Jadi, anak merasa risih sendiri sehingga ketika itu juga anak akan mulai belajar memberitahu ibu entah itu dengan rengekan, tarikan tangan, atau kode lainnya.

Mengajak Ke Kamar Mandi Setiap 15 Menit Sekali

Di forum anak, hampir semua tips yang dibagikan oleh para ibu tentang bagaimana caranya agar anak tidak ngompol itu merepotkan. Salah satunya tips yang satu ini, yaitu mengajak anak ke kamar mandi setiap 15 menit sekali. Ibu bisa bayangkan bagaimana repotnya ibu harus membawa anak ke kamar mandi setiap 15 menit. Apalagi pada saat itu belum pasti juga anak mau buang air kecil.

Akan tetapi, ini cara yang tepat untuk mengajarkan anak agar tidak ngompol. Dengan membiasakan anak ke kamar mandi, si kecil akan tahu bawasannya ia tidak boleh ngompol di celana. Lambat laun ia akan memahami jika buang air kecil itu harus di tempat yang khusus, yaitu di kamar mandi.

Ada satu catatan yang harus ibu ketahui. Semakin dewasa, frekuensi buang air kecil anak semakin berkurang. Biasanya, ketika balita usia 2 tahun, ia buang air kecil 30 menit dan bahkan 1 jam sekali. Hal ini disebabkan anak ibu sudah mulai bisa menahan buang air kecil sehingga jaraknya semakin lama. Dalam hal ini, ibu harus benar-benar paham.

Toilet Training

Sebenarnya ini hanya istilah saja. Hanya saja, banyak ibu yang menggunakan istilah ini di forum balita lengkap dengan penerapannya.

Ada banyak hal yang harus ibu lakukan untuk mengajarkan toilet training. Pertama-tama, ibu harus ajarkan agar anak mau memberitahu ibu ketika ia ingin buang air kecil. Ibu bisa ajarkan kata yang mudah seperti “pis” atau “pipis”, dan padangan kata lainnya yang mudah untuk diucapkan si kecil. Masalahnya adalah bagaimana jika anak ibu belum bisa berbicara. ini persoalan lain.

Selain itu, dalam menerapkan toilet training, ibu harus pastikan si kecil tertarik untuk ke kamar mandi. Tujuannya agar anak mau dan ingat kamar mandi terutama ketika ia ingin buang air kecil. Oleh sebab itu, ibu harus mendesain kamar mandi dengan desain yang menarik. Ibu bisa taruh beberapa alat di kamar mandi yang sangat disukai oleh si kecil seperit boneka bebek, ember lucu untuk mandi, gayung berbentuk karakter kartun, dan lain sebagainya. Dengan memberikan kesan seperti ini, maka akan semakin mudah si kecil mengingat toilet dan ia tidak akan ngompol lagi di celana.

Ada juga ibu yang menyarankan agar memakaikan popok khusus toilet training, yaitu popok yang terbuat dari kain. Jika si kecil ngompol, air seni tidak akan bocor namun si kecil merasakan ketika ia buang air kecil. Selain itu, ia juga merasa risih sehingga ia secara spontan akan memberitahu ibu.

Cara manapun yang ibu lakukan, itu semuanya tepat. Yang pasti, menurut ibu-ibu di forum anak, tidak ada cara yang tidak memerlukan pengorbanan. Bisa dikatakan ibu harus meluangkan waktu yang banyak dan membutuhkan jangka waktu yang lama untuk mengajarkan anak agar tidak ngompol di celana lagi.

Untuk informasi lainnya, ibu bisa baca di forum untuk ibu dan balita. Atau, jika ibu memiliki pertanyaan, lemparkan saja pertanyaan tersebut di forum. Akan banyak sekali tanggapan dari ibu-ibu yang bergabung di forum anak tersebut.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*