Diskusi Ibu Hamil Tentang Musim Hujan dan Tantangan Menjaga Kesehatan Janin

diskusi ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Diskusi ibu hamil yang paling ramai saat ini membahas tentang bagaimana kiat-kiat cerdas ibu hamil mengahadapi musim hujan. Sekarang ini, hujan turun di berbagai daerah di Indonesia. Bagi ibu hamil, musim hujan merupakan tantangan tersendiri karena musim ini identik dengan penyakit-penyakit tertentu seperti flu, pilek, demam, dan lain sebagainya.

Tentu penyakit-penyakit tersebut akan memperburuk keadaan. Morning sickness terkadang sudah cukup membuat kacau kegiatan sehari-hari para ibu hamil, apalagi ditambah dengan flu, pilek, dan demam yang sering menghantui saat musim hujan tiba.

Hal itulah yang sering dibahas di forum diskusi ibu hamil. Di forum seperti itu, para ibu hamil saling bertukar pikiran tentang tips menghadapi musim hujan saat mengandung.

Sayangnya, tidak semua tips atau kiat-kiat bisa diterapkan oleh semua ibu hamil yang ada di Indonesia. Perbedaan kondisi lingkungan serta jenis kegiatan yang mereka lakukan sehari-hari membuat ibu harus cerdas memilih tips mana yang bisa dilakukan.

Hal yang Tidak Boleh Terlintas Di Dalam Pikiran

Sebelum membahas tentang kiat-kiat menjaga kesehatan ketika musim hujan, ada satu hal yang tidak boleh ibu lakukan. Bahkan, jangan sampai terlintas dalam pikiran, yaitu mengkonsumsi obat. Ibu bisa bayangkan ada banyak sekali jenis obat-obatan yang akan ibu konsumsi jika hanya mengandalkan obat ketika sakit. Penyakit akan datang silih berganti. Dan penyakit seperti flu dan pilek merupakan penyakit yang tidak mudah disembuhkan. Dibutuhkan istirahat yang cukup untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Itulah mengapa diskusi ibu hamil biasanya membahas tentang kegiatan dan cara sehat tanpa obat. Karena dikhawatirkan, obat-obatan (apalagi yang berbahan kimiawi) akan mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan.

Oleh sebab itu, ibu jangan sampai berpikir mengkonsumsi obat. Lalu, apa yang sebaiknya ibu lakukan?

Kiat Sehat Ibu Hamil Di Musim Hujan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak semua kiat atau tips bisa ibu praktekkan. Pasalnya, perbedaan kondisi serta kegiatan yang ibu lakukan setiap hari.

Untuk itu, kiat sehat ibu hamil ini dibagi menjadi dua kategori; yaitu kiat sehat untuk wanita karir dan kiat sehat untuk ibu rumah tangga.

  • Wanita Karir

Mungkin berolahraga akan sangat susah dilakukan mengingat sibuknya pekerjaan. Apalagi di musim hujan, berolahraga di luar justru akan memperburuk kesehatan lantaran udara yang sangat dingin.

Bagi wanita karir, cara agar terhindari dari penyakit yang sering muncul di musim penhujan adalah dengan cara berjalan. Di kantor, ibu bisa berjalan untuk melakukan beberapa hal seperti mengambil air putih, berkonsultasi dengan rekan sekantor, dan lainnya. Berjalan sebagai alternatif pengganti olahraga.

Di sela istirahat makan siang, pastikan ibu mengkonsumsi minuman yang mengandung madu. Ibu bisa bawa madu asli sendiri dari rumah. Ketika ibu memesan minuman di kantin, ibu bisa mencampurkan madu tersebut. Madu akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  • Ibu Rumah Tangga

Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga juga tak kalah beratnya dnegan pekerja wanita karir. Ibu harus membersihkan rumah, mencuci baju, memasak, dan lain sebagainya. Namun, kegiatan tersebut lebih baik daripada berolahraga di luar yang cuacanya dingin.

Karena pekerjaan ibu rumah tangga tidak kejar deadline, pastikan ibu bisa mengatur agar ibu bisa sesekali beristirahat. Istirahat yang cukup merupakan cara yang paling tepat agar tubuh tidak terforsir sehingga mengakibatkan mudah terserang penyakit.

Itulah beberapa tips tentang cara menghadapi musim hujan bagi ibu hamil. Ibu bisa bagikan tips ini ke teman-teman atau share di forum diskusi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*