Diskusi Ibu Hamil tentang Cara Meredakan Mual Tanpa Harus Mengkonsumsi Obat

diskusi ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Diskusi ibu hamil selalu ramai. Apalagi sekarang banyak sekali ibu yang sadar akan kesehatan janin dalam kandungan. Bergabung dengan komunitas ibu hamil akan membantu mereka untuk menemukan serta mengupdate informasi penting seputar kehamilan.

Kebanyakan ibu hamil muda, khususnya mereka yang baru sekali mengandung, menanyakan bagaimana cara meredakan mual. Banyak ibu hamil yang sudah pernah mengalami hal tersebut memberikan solusi, entah berdasarkan medis atau berdasarkan pengalaman sendiri. Yang jelas, untuk masalah keluhan kehamilan, ibu hamil tidak perlu langsung ke dokter. Forum diskusi ibu hamil akan memberikan informasi tentang hal-hal seputar kehamilan. Dan semua itu berdasarkan pengalaman setiap ibu hamil.

Lalu, bagaimana cara untuk mengobati mual? Apakah ibu harus mengkonsumsi obat? Ternyata, ibu tidak perlu mengkonsumsi obat. Berikut beberapa hal yang bisa ibu lakukan agar mual bisa diatasi selama kehamilan.

Jangan Langsung Bangun Pagi

Mungkin ibu sudah terbiasa dengan kebiasaan langsung bangun pagi. Ibu punya jadwal yang padat sehingga harus langsung bangun. Akan tetapi, hal sepele tersebut memicu mual. Mual disebut juga morning sick dan keluhan ini sering dialami oleh ibu hamil muda. Di pagi hari, mereka langsung beranjak dari tempat tidur.

Mulai sekarang, ibu tidak boleh melakukan hal itu lagi. Setelah bangun tidur pagi, ibu bisa santai dahulu. Jangan langsung beranjak dari tempat tidur

Menghirup Udara Pagi

Sederhana sekali tapi cara yang satu ini sangat efektif. Setelah bangun pagi, ibu bisa bersantai di depan rumah untuk merasakan sejuknya udara pagi. Dari beberapa orang yang ikut diskusi ibu hamil, mereka merasakan manfaat yang cukup signifikan untuk meredakan mual dengan cara yang satu ini.

Sebenarnya, ini bukan hanya sugesti saja, tapi bisa dijelaskan secara ilmiah. Ketika ibu menghirup udara segar pagi hari, syaraf otak akan bekerja dan menghilangkan mual. Apalagi mual sering muncul di pagi hari, bukan?

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Ada banyak sekali makanan sehat yang bisa ibu konsumsi. Namun, ibu harus tahu mana makanan ibu hamil yang bisa menghilangkan mual. Salah satu makanan yang bisa menghilangkan mual adalah buah-buahan. Akan tetapi, pastikan buah yang ibu konsumsi masih segar. Akan lebih baik juga jika ibu menyimpan buah di lemari es. Konsumsilah selagi dingin. Buah tersebut akan menetralisir rasa mual.

Akan tetapi, ibu jangan memilih buah-buahan yang mengandung vitamin C. Pasalnya, buah yang mengandung vitamin C rasanya masam. Sementara itu, rasa masa justru akan memperburuk asam lambung yang mengakibatkan mual.

Minuman Sehat

Selain makanan sehat ibu hamil, ada juga minuman sehat yang bisa meredakan rasa mual. Jahe hangat salah satunya. Memang ada yang mengatakan wedang jahe itu tidak baik bagi perkembangan janin. Alasannya, jahe mengakibatkan lambung panas dan hal tersebut berimbas buruk bagi janin.

Alasan tersebut bisa diterima dan itu benar adanya. Hanya saja, jika ibu mengkonsumsi wedang jahe dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, maka hal buruk terhadap janin tidak akan terjadi. Untuk mengatasi mual, ibu bisa membiasakan minum wedang jahe di malam hari. Apalagi ketika musim hujan, wedang jahe menjadi pilihan yang tepat untuk menghangatkan badan.

Jadi, sekarang tidak boleh sekalipun terbesit di pikiran ibu untuk mengkonsumsi obat ketika ibu mual. Cara-cara tersebut di atas sudah dilakukan dan di share oleh ibu-ibu hamil yang menjadi anggota dari forum diskusi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*