Di Mana Tempat Konsultasi Ibu Hamil yang Bisa Menjawab Semua Keluhan?

konsultasi ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Tempat konsultasi ibu hamil tidak hanya di rumah sakit atau puskesmas. Sekarang ini, ibu bisa berkonsultasi mengenai kehamilan di rumah. Dengan adanya akses internet, ibu bisa melakukan konsultasi kehamilan secara online.

Namun, manakah yang paling efektif? Tentu saja setiap tempat konsultasi memiliki kekurangan dan kelebihan. Dengan mempertimbangkan dua hal tersebut, maka ibu bisa memutuskan kemana ibu akan berkonsultasi.

Konsultasi dengan Bidan di Puskesmas

Saat ini, pemerintah mendorong semua masyarakat agar memeriksakan kesehatan di puskesmas, terutama kesehatan kehamilan. Hal ini merupakan upaya yang dilakukan pemerintah agar setiap anggota warga negara Indonesia mendapatkan akses kesehatan yang bisa dijangkau.

Itulah mengapa pemerintah menggelontorkan sejumlah dana agar ada keadilan di mana masyarakat yang tidak mampu bisa mendapatkan akses kesehatan. Bahkan, ada beberapa program di mana orang yang benar-benar tidak mampu bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, dengan syarat mereka harus mentaati peraturan, yaitu memeriksakan kesehatan berjenjang. Artinya, setiap warna negara harus memeriksakan kesehatan mulai dari bawah, yaitu puskesmas.

Jadi, ibu bisa konsultasi ibu hamil di puskesmas. Di sana, ibu akan dilayani oleh tenaga medis yang merupakan pegawai pemerintah, mulai dari bidan dan juga dokter. Hanya saja, biasanya ibu harus mengantri panjang. Pasalnya, dengan adanya program gratis serta murah untuk bisa memeriksakan di puskesmas, maka banyak sekali masyarakat yang datang ke puskesmas.

Konsultasi dengan Dokter Kandungan

Untuk masyarakat yang mampu, mereka akan memilih untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Setidaknya ada dua keuntungan. Yang pertama, ibu tidak perlu mengantri terlalu panjang untuk bisa bertemu dan berkonsultasi dengan dokter kandungan. Yang kedua, ibu akan mendapatkan hasil USG lantaran dokter kandungan memiliki kompetensi serta ijin untuk memeriksa kehamilan menggunakan alat USG.

Sayangnya, ibu harus rela merogoh kocek yang lebih mahal. Biasanya obat yang diberikan juga bukan termasuk obat generik, namun obat non generik yang harganya tidak murah.

Konsultasi Online

Saat ini alternatif lain adalah berkonsultasi secara online. Ini dianggap sebagai cara yang paling efektif. Bagi ibu yang sibuk bekerja, biasanya tidak memiliki waktu untuk datang berkonsultasi dengan bidan maupun dengan dokter. Mereka hanya butuh smartphone atau laptop kemudian berkonsultasi dengan tenaga medis secara online di website forum konsultasi kehamilan. Ada forum online yang dikelola oleh ahli kesehatan ibu hamil sehingga pertanyaan yang ibu tanyakan akan langsung ditanggapi oleh sang ahli.

Selain itu, ibu juga saling berdiskusi dengan ibu hamil lainnya. Ini juga bisa dijadikan sebagai ajang konsultasi, tidak dengan ahli tapi dengan sesame ibu hamil. Keluhan yang ibu rasakan bisa dijawab oleh anggota forum diskusi ibu hamil yang mungkin pernah merasakan keluhan yang sama.

Sayangnya, konsultasi online hanya bisa dilakukan jika ibu hanya mengalami masalah atau merasakan keluhan ringan. Selain itu, konsultasi online ini tidak bisa memberikan solusi yang jelas lantaran tidak ada pemeriksaan kesehatan secara langsung.

Untuk itu, kalaupun ibu berkonsultasi secara online, sebaiknya ini ibu jadikan sebagai alternatif saja. Sementara itu, ibu harus tetap datang dan konsultasi langsung dengan bidan atau dokter.

Jadi, mana yang ibu pilih? Tentu saja ada pertimbangan khusus yang bisa membuat ibu memutuskan kemana akan berkonsultasi. Yang jelas, tidak ada yang salah jika ibu memilih salah satu dari ketiga tempat konsultasi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*