Di Kehamilan Trimester Ketiga, Hal yang Perlu Ekstra Diwaspadai

Kehamilan trimester ketiga

www.friso.co.id

Siapa bilang kehamilan muda itu masa yang paling sulit. Jika dibanding-bandingkan, maka setiap tahap kehamilan itu memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Saat hamil muda, ibu akan merasakan hal yang tidak menyenangkan seperti sering mual dan muntah di pagi hari. Saat kehamilan trimester kedua, biasanya seorang ibu hamil akan mengalami anemia dan mudah lelah.

Sementara itu, bagaimana jika kehamilan sudah mencapai trimester ketiga?

Bisa juga pada saat kehamilan tua ibu akan merasakan akumulasi dari kehamilan muda hingga kehamilan trimester kedua. Artinya, ibu masih merasakan apa yang ibu rasakan pada saat hamil muda dan hamil trimester kedua.

Hal ini bisa disebabkan tubuh ibu tidak mampu beradaptasi ketika sudah ada janin di dalam kandungan. Bisa juga hal tersebut disebabkan karena kondisi kesehatan ibu yang kurang fit.

Itulah mengapa setiap ibu hamil diwajibkan membaca referensi tentang bagaimana menjalani masa kehamilan. Jangan anggap enteng karena jika ibu gagal maka ibu akan merasakan ketidaknyamanan dalam menjalani masa kehamilan.

Beruntung sekarang sudah ada media online di mana ibu membaca artikel kesehatan ibu hamil, bahkan ibu bisa konsultasi dengan dokter kandungan secara online di www.friso.com.

Yang Perlu Diwaspadai

Saat kehamilan trimester ketiga, ada beberapa hal yang perlu ibu waspadai. Salah satunya tiba-tiba merasa pusing. Sebenarnya pusing yang datang secara tiba-tiba tidak hanya dialami oleh ibu hamil tua saja. Ibu hamil trimester kedua pun bisa mengalami hal ini.

Hanya saja, yang paling sering mengalami pusing secara tiba-tiba biasanya ibu hamil tua. Hal ini disebabkan sel darah merah di dalam tubuh berkurang atau yang sering disebut anemia.

Kenapa perlu diwaspadai? Karena dikhawatirkan rasa pusing tersebut tiba-tiba datang dan ibu sedang dalam posisi berdiri atau berjalan di jalan yang tidak rata, bisa jadi ibu jatuh seketika itu juga.

Oleh sebab itu, dari beberapa tips untuk ibu hamil trimester ketiga, ibu harus pastikan ibu menerapkan tips untuk mencegah anemia. Ada banyak cara yang bisa ibu lakukan. Ibu bisa mendapatkan tips mencegah anemia lebih lengkap di situs Friso.

Hal lain yang tak kalah penting untuk diwaspadai adalah kontraksi. Wajar jika saat ibu sedang menunggu masa kelahiran ibu akan merasakan kontraksi karena itu merupakan signal di mana bayi di dalam kandungan sudah siap untuk lahir.

Meskipun demikian, ibu harus waspada. Pasalnya, ada bayi yang ingin keluar walaupun HPL belum tiba atau bisa dikatakan bayi tersebut lahir prematur. Untuk itu, ibu harus tahu mana kontraksi yang biasa dengan kontraksi yang merupakan tanda akan terjadi persalinan.

Itulah mengapa seorang ibu hamil trimester ketiga sangat disarankan untuk lebih sering mengontrol kesehatan dengan bidan atau dokter kandungan. Hal ini diperlukan untuk mengetahui bagiamana keadaan bayi di dalam kandungan.

Saat bertemu dengan bidan atau dokter kandungan, ibu bisa konsultasikan tentang kontraksi yang ibu sering alami. Jadi, ibu akan mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap tentang kontraksi biasa dengan kontraksi yang merupakan pertanda persalinan.

Untuk lebih lengkapnya, ibu bisa kunjungi website Friso untuk mengetahui lebih banyak tentang apa saja yang perlu ibu ketahui saat usia kandungan trimester ketiga. Selain itu, ibu juga akan lebih tahu bagaimana cara mempersiapkan diri agar bisa melakukan persalinan secara normal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*