Dapatkan Beragam Manfaat Dengan Bubur Bayi Kacang Hijau

bubur bayi kacang hijau solusisehatku.com

Bubur bayi kacang hijau bukan hal asing di tanah air Indonesia mengingat kacang hijau sendiri seolah telah beredar dari ribuan tahun lalu. Pengolahan kacang hijau dalam kuliner asia tidak perlu lagi diragukan, mulai dari dimakan mentah, bubur, sampai dengan isi roti semua bisa memanfaatkan kacang hijau. Pertanyaan yang diajukan bukan lagi bisakah saya memakan kacang hijau melainkan apa manfaat kacang hijau bagi bayi saya dan kapan bisa memberikan kacang hijau. Dalam artikel ini, akan dijelaskan lebih lanjut dan cukup terperinci seputar bubur bayi kacang hijau.

Persia, Iran merupakan negara pertama yang diyakini mengembangkan tanaman bundar kecil berwarna hijau terang satu ini. 3500 tahun silam, India melirik tanaman unik berbiji yang tumbuh liar di berbagai belahan wilayah Iran, dan mulai mencoba menanam kacang hijau dan menamainya mung, menjelaskan kenapa kacang hijau disebut mung bean dalam bahasa Inggris. Setelah India, negara Cina melihat potensi kacang hijau dengan beragam manfaatnya, selain itu perawatan kacang hijau cukup mudah dan cepat. Kacang hijau bisa tumbuh dalam suhu netral, tidak memerlukan panas yang terlalu tinggi bahkan bisa hidup dalam suasana gelap. Pedagang asal Cina menyebar, melebarkan sayap kekuasaan kacang hijau di berbagai wilayah Asia tetangga termasuk Indonesia, termasuk cara mengolah kacang hijau. Anggota keluarga legume satu ini mulai dikenal dengan luas dalam berbagai wilayah hingga negara barat.

Vitamin dalam satu kacang hijau tidak bisa dipandang sebelah mata. C, A, K, E, B-6, thiamin, riboflavin, niacin, asam folat, hanya segelintir vitamin yang terkandung dalam satu butir kecil kacang hijau. Vitamin umum seperti C saja sudah mampu membantu banyak fungsi tubuh mulai dari kekebalan tubuh, mempercantik kulit, hingga membantu tubuh menutup bekas luka. Mitos mengenai semakin sering makan kacang hijau, rambut makin berkilau dan tumbuh panjang bisa disebabkan salah satunya oleh vitamin C. Ditambah pengelihatan semakin baik dengan adanya vitamin A, dan kulit kenyal dengan vitamin E. Bayangkan betapa cantik atau tampan anak ketika tumbuh besar hanya bermodalkan kacang hijau yang tentu saja cukup murah beredar di pasaran.

Kekebalan tubuh dan paras menawan bukan satu – satunya hal menarik dalam CV (curriculum vitae) kacang hijau. Kalsium, zat besi, magnesium, potassium, phosphorous, zinc and sodium semakin menonjolkan kelebihan kacang hijau. Seperti yang pasti sudah pernah dengar, zat besi bertugas memproduksi darah. Tanpa adanya sel darah segar, seseorang bisa kekurangan darah alias anemia, terhambatnya aktivitas sehari – hari bukan hal pertama yang dikhawatirkan. Begitu pula dengan kalsium sebagai pahlawan tulang. Pembangunan tubuh sangat memerlukan kehadiran kalsium, kalau tidak postur tubuh bisa terganggu karena minimnya kerangka penopang badan. Bongkok di usia muda bukan hal yang bisa dibanggakan orang tua.

Salah satu penghambat seseorang beraktivitas sehari – hari terletak pada kondisi mental. Anxiety kerap dibarengi depression. Bagi yang tidak familiar dengan penyakit mental, anxiety berarti kecemasan dan depression adalah depresi. Kecemasan yang dimadsud disini bukan perasaan panik terdorong oleh suatu masalah melainkan kecemasan berlebihan yang menjadikan seseorang kesulitan menyingkirkan perasaan negatif berlebihan terhadap sesuatu. Seseorang dengan tingkat kecemasan tinggi kerap mengalami panic attack yakni rasa panik berlebihan tanpa alasan yang jelas dengan ditandai rasa sesak di dada seperti tenggelam, keringat bercucuran dan perasaan lain yang sulit digambarkan. Nah, asam folat yang terkandung dalam kacang hijau sangat mungkin mengurangi kadar depresi dan anxiety. Beberapa studi menunjukkan pasien yang diberi kadar asam folat cukup merasa depresi dan anxiety berkurang signifikan.

Seperti halnya tanaman lain dengan beragam gizi, pasti ada satu kandungan menonjol dibanding yang lain. Dalam kasus ini, kacang hijau cukup bangga dengan proteinnya. Ya, ternyata diam – diam kacang hijau kecil tersebut berisi 23 gram protein, wow, cukup banyak, bukan ? Tidak perlu diragukan lagi apa fungsi protein. Bila rumah memerlukan semen dan batu bata untuk membangun berbagi fondasinya, maka protein adalah batu bata serta semen bagi tubuh. Tanpa adanya protein, tubuh kebingungan bagaimana cara mendapat bahan untuk membangun badan anak. Asal tahu saja, rambut dipenuhi oleh protein, perubahan rambut menggunakan catok sebenarnya menghancurkan protein sehingga membentuk rambut seperti keinginan pengguna.

Susu, ikan, dan daging memang mengandung protein, masalahnya, memberikan makanan sekeras daging dan ikan bukan hal mudah. Gigi bayi berusia 6 bulan masih cukup lemah ditambah perasaan khawatir terhadap tekstur tertentu menjadikan bayi rentan terhadap alergi. Kacang hijau yang mudah diubah menjadi apapun mengurangi resiko alergi pada bayi tanpa mengurangi pasokan protein bagi tubuh bayi ketika tumbuh nanti. Berbicara mengenai alergi, kacang hijau termasuk salah satu tanaman yang cukup mudah dicerna bahkan untuk perut bayi yang lemah sekalipun. Beragam manfaat didapat tanpa menyakiti pengkonsumsinya menjadikan kacang hijau cukup ideal untuk makanan sehari hari si kecil.

Usia 6 bulan umumnya momen pertama bayi mulai mengenal makanan padat termasuk kacang hijau. Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan kacang hijau memang cukup aman apabila bayi tidak memiliki alergi khusus terhadap keluarga tanaman legume. Hanya saja, pengenalan kacang hijau tidak bisa semerta merta melainkan harus dibarengi nasi atau buah guna mematikan rasa kacang hijau dan serat yang cukup dominan. Mencoba berbagai bubur bayi kacang hijau yang cocok bisa sedikit memakan waktu namun layak dicoba.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*