Coba dan Praktekan Resep Bubur Bayi 6 Bulan Untuk Pemenuhan Gizi Buah Hati.

Resep Bubur Bayi 6 Bulan www.awalsehat.nestle.co.id

Memang, ASI adalah makanan yang paling baik untuk bayi karena mengandung gizi dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan bayi. Akan tetapi, bunda juga harus memahami bahwa ketika bayi suda berusia 6 bulan, mereka membutuhan makanan tambahan atau makanan pendamping ASI. Salah satunya adalah dengan memberikan bubur bayi. Jadi, bagi bunda sangat penting mengetahui cara membuat dan resep bubur bayi 6 bulan agar mereka tercukupi nutrisi dan gizinya.

Ketika berusia 6 bulan, bayi akan belajar mengenal makanan selain ASI. Tahap pengenalan makanan ini perlu diketahui oleh bunda apalagi jika ini adalah buah hati pertama. Bunda harus mencermati makanan yang bisa dan boleh masuk ke mulut bayi. Jenis makanan yang paling cocok adalah makanan yang bertekstur lembek sehingga bayi tidak kesulitan menguyah dan tidak membuat tersedak. Bubur bayi menjadi pilihan yang sering dipilih oleh para ibu untuk memberikan tambahan makanan bagi si buah hati.

Makanan pendamping ASI menjadi faktor yang penting untuk di ketahui dan dipahami oleh bunda. Makanan yang akan diberikan kepada bayi yang baru berusia 6 bulan sebaiknya makanan yang masih natural dan tidak mengandung bahan makanan yang berbahaya. Bunda harus mencermati betul bahan makanan yang baik dan tidak baik terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Kenali bahan-bahan makanan dan kandungan nutrisinya agar dapat menentukan pilihan yang tepat. Selain itu pembuatan makanan juga sangat penting karena juga dapat mempengaruhi nutrisi makanan tersebut. akan lebih baik jika bunda dapat membuat resep bubur bayi 6 bulan ini sendiri di rumah.

Resep bubur bayi 6 bulan yang bisa bikin gemuk.

Bunda pasti menginginkan buah hatinya selalu sehat dan tumbuh secara normal bukan? Salah satu perantara yang dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan si buah hati ialah dari makanan. Jangan sembarangan dalam memberikan makanan untuk bayi apalagi yang baru menginjak usia 6 bulan. Tidak hanya mengeyangkan, namun juga harus diperhatikan kualitas dari bahan makanan tersebut apakah sudah memenuhi kebutuhan gizi bayi atau belum.

Makanan pendamping ASI, mempunyai manfaat yang banyak. Apalagi jika bayi tergolong bayi yang alergi dengan ASI ataupun bayi yang susah mengalami pertumbuhan berat badan. Jika pertumbuhan berat badan bayi termasuk yang lamban, maka biasanya dokter akan mengajurkan bunda untuk memberikan makanan pendamping ASI yang bisa mendorong pertumbuhan bayi terutama untuk masalah berat badan. MPASI untuk bayi yang berusia 6 bulan biasanya cukup 1-2 kali sehari saja karena bukan hanya banyaknya makanan melainkan kualitas makanan yang lebih penting.

Agar bayi dapat tumbuh dan berat badannya naik alias gemuk, bunda dapat memperhatikan kandungan-kandungan yang terdapat dalam bahan makanannya. Usahakan kalori dan minyak sayur dapat bunda berikan melalui MPASI. Akan tetapi, kebutuhan gizi lainnya seperti karbohidrat dan protein juga tidak boleh diabaikan. Bunda dapat memberikan nasi tim dan sayuran dengan tekstur yang lembut agar bayi mudah untuk mengkonsumsinya selain itu pemenuhan gizi juga tercapai agar bayi dapat mudah mengalami pertumbuhan.

Resep bubur bayi 6 bulan bergizi yang mudah dibuat sendiri.

Jika bunda telah mengetahui pentingnya mengetahui manfaat makanan pendamping ASI maka kali ini bunda juga harus mengetahui bagaimana resep dan cara membuat bubur bayi untuk bayi berusia 6 bulan. Sebenarnya, cara membuatnya tidak sulit, bunda dapat membuatnya sendiri dirumah dengan mudah. Berikut kami berikan beberapa resep bubur bayi 6 bulan yang penuh gizi dan berkualitas.

  1. Bubur Brokoli dan Kentang

Bahan-bahan:

50 gr kentang

3 sendok makan ASI

3 helai kecil brokoli

Cara membuat bubur:

Kupas kentang dan brokoli kecil-kecil kemudian kukus hingga matang dan empuk.

Jika sudah empuk, angkat dan dinginkan.

Kemudian blender hingga bertekstur lembut.

Sajikan di mangkuk dan jangan lupa tambahkan ASI dan aduk secara merata.

  1. Bubur Kentang Kaldu Ayam

Bahan:

100 gram kentang bentuk dadu kecil

50 gram ikan salmon atau kakap

30 potong brokoli bentuk dadu kecil

Tulang ayam

Wortel

Daun seledri

Air dan daun salam

Cara membuat:

Campur bahan yaitu sayuran dan tulang ayam kemudian rebus hingga wangi kaldu ayam mulai tercium.

Masukkan kentang, ikan, brokoli dan wortel ke dalam air kaldu tersebut dan rebus hingga sayuran menjadi empuk.

Sayuran yang dimasukkan ke dalam kuah angkat kemudian blender hingga halus.

Bubur sudah siap di sajikan.

  1. Bubur Susu Beras Merah

Bahan-bahan :

40 gr beras merah yang direndam

250 gr kaldu ayam

90 ml susu formula, atau ASI

20 gr pisang ambon yang haluskan.

Cara membuat :

Campur kaldu ayam dan tepung beras hingga mendidih dan aduk terus hingga matang. Setelah matang, angkat dan campurkan susu formula atau ASI yang telah disiapkan.

Tambahkan pula pisang ambon yang sudah di haluskan sebelumnya dan aduk hingga merata.

Bubur siap disajikan selagi hangat.

Itulah beberapa resep bubur bayi 6 bulan sehat dan berkualitas yang dapat bunda coba dan praktekan sendiri di rumah. bahan-bahan makanan untuk bubur bayi 6 bulan mudah sekali bunda dapatkan. Resep bubur bayi tidak sulit untuk dicoba dan tentunya lebih aman berkualitas karena bunda sendiri yang membuatnya dan dari bahan-bahan makanan yang berkualitas serta penuh dengan nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan gizi buah hati Anda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*