Cerelac Nutripuffs Cemilan Sehat Untuk Bayi

Cerelac Nutripuffs Source: Awal Sehat Nestle

Bayi usia sekitar 9 bulan sudah boleh diberi cemilan lho bu. Tentunya cemilan tersebut harus sehat. Contohnya cemilan Cerelac Nutripuffs. Mungkin selama ini ibu tahunya Cerelac itu produk bubur bayi. Kini, sudah ada produk Cerelac berupa cemilan.

Bolehkah anak belum sampai 1 tahun mengkonsumsi cemilan? Tidak hanya boleh tapi disarankan lho bu. Asalkan usianya sudah di atas 6 bulan. Artinya, ia sudah boleh mendapatkan makanan MPASI, tidak hanya ASI saja.

Mengapa Bayi Sebaiknya Mengkonsumsi Cemilan

Ada yang salah kaprah, terutama para orang tua yang tidak mau mengindahkan saran dari ahli kesehatan anak. Mereka terlalu dini memberikan makanan sebelum usia bayi mencapai 6 bulan.

Namun, ada juga orang tua yang terlalu khawatir. Karena bayi belum berusia 1 tahun, maka mereka tidak memberikan makanan selain bubur atau makanan yang lunak lainnya.

Padahal, ada waktu di mana anak harus mengkonsumsi makanan seperti cemilan lho. Dokter anak menyarankan agar bayi usia 9 bulan sudah diberikan cemilan. Dan inilah mengapa Nestle mengeluarkan produk baru yang dinamaka dengan Cerelac Nutripuffs.

Cemilan bayi ini sudah sesuai dengan yang disarankan oleh para ahli kesehatan. Salah satu syaratnya adalah mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil. Ini sudah pasti. Namun, ada syarat lain lagi yang juga perlu untuk ibu ketahui. Cemilan harus sedikit lebih keras.

Lho kok keras? Tenang bu. Ini bukan untuk menyakiti si kecil. Justru cemilan seperti ini bisa membantu perkembangan bayi.

Cemilan yang agak sedikit keras bisa menstimulus pertumbuhan gigi. Ibu pasti sering melihat bayi ibu menggigit benda-benda tertentu ketika ia sedang tumbuh gigi, bukan? Itu disebabkan bayi ibu merasakan gatal pada bagian gusi. Dan untuk menghilangkan rasa gatal tersebut, ibu bisa memberikan cemilan yang agak keras. Bukankah itu lebih baik daripada ia menggigit mainannya sendiri yang belum tentu higienis, kan?

Selain itu, cemilan yang agak keras bisa membuat sistem pencernaan semakin siap untuk mencerna makanan selain bubur. Ini seolah menjadi latihan agar bay ibu sudah siap mengkonsumsi makanan seperti yang ibu konsumsi setiap hari seperti nasi, mie, buah tanpa diblender, dan lain sebagainya.

Sekarang sudah tahu kan mengapa Cerelac Nutripuffs ini bagus untuk bayi? Ibu bisa saja membuatkan cemilan sendiri seperti memberikan cemilan yang sering disebut dengan finger food yang terbuat dari wortel, pepaya, mangga, dan lain sebagainya. Namun, agar tidak blepotan terutama ketika ibu sedang mengajak si kecil dalam perjalanan jauh, ibu bisa berikan cemilan Nutripuffs ini.

Dan yang pasti, Cerelac Nutripuffs ini mengandung banyak sekali nutrisi lho. Ingin tahu apa saja?

Kandungan Nutrisi Di Dalam Cerelac Nutripuffs

Ibu pasti tidak percaya begitu saja jika dikatakan bawasannya Nutripuffs ini mengandung gizi yang tinggi. Ibu juga harus menelisik lebih jauh nilai gizi di dalam cemilan bayi ini.

Yang paling banyak adalah zat besi. Di dalam cemilan ini, terdapat kandungan zat besi sekitar 20%. Zat besi ini sangat diperlukan untuk mencegah si kecil loyo. Selain itu, zat besi ini takarannya banyak karena bayi memang membutuhkannya untuk pertumbuhan tulang.

Tidak hanya itu. Kandungan proteinnya juga cukup tinggi. Protein inilah yang akan membuat bayi ibu merasa kenyang walaupun mengkonsumsi cemilan. Dan yang terpenting adalah kandungan berupa energi yang totalnya 30 Kkal.

Tentu ada kandungan gizi lainnya. Anda bisa beli dan berikan kepada si kecil. Ia pasti suka.

Aturan Pemberian Cemilan Untuk Bayi

Kapan sih seharusnya ibu memberikan cemilan? Tentu tidak setiap saat. Ada waktunya ibu memberikan menu MPASI. Cemilan ini bisa ibu berikan dua kali sehari, yaitu di siang hari dan di sore hari. Jangan terlalu sering memberikan cemilan karena ini bisa membuat anak merasa kenyang dan akhirnya tidak mau makan.

Selain itu, ibu juga harus memberi jarak antara pemberian makanan utama dengan cemilan. Hal ini diperlukan agar bayi ibu tidak kekenyangan. Cemilan ini sebenarnya dikonsumsi sebagai penunda lapar karena waktu makan siang atau makan malam belum tiba.

Agar si kecil mengenal cemilan lainnya, ibu bisa membuatkan variasi cemilan yang ibu buat sendiri. Siapkan saja sayuran atau buah yang sedikit lebih kasar lalu potong memanjang agar mudah dipegang oleh si kecil. Dengan demikian, si kecil tidak bosan karena ibu selalu memberikan cemilan yang sama.

Ibu bisa juga memberikan cemilan lainnya. Akan tetapi, cemilan yang biasa dikonsumsi oleh orang dewasa sebaiknya ibu hindari. Pasalnya, cemilan seperti itu biasanya sudah ada bumbunya. Dan ini tidak bagus untuk sistem pencernaan bayi.

Ibu bisa cari cemilan yang khusus dibuat untuk bayi. Cemilan seperti ini biasanya masih original. Artinya, tidak ada bumbu atau bahan pengawet yang digunakan. Dan Cerelac Nutripuffs ini salah satunya. Cemilan ini tidak goreng. Proses pembuatanya dengan cara dipanggang. Jadi, jelas sehat, tanpa kolesterol. Bahan utamanya dari gandung yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil. Bayi ibu pasti suka karena setelah masuk di mulut, cemilan ini langsung meleleh.

Meskipun demikian, bukan berarti ibu tidak perlu lagi mencaritahu tentang menu MPASI. Jelas menu MPASI itu yang paling utama. Inilah sumber nutrisi utama yang diperlukan oleh bayi. Sementara itu, cemilan hanya sebagai sumber nutrisi nomor dua.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*