Cerdas Memilih Tipe Permainan Anak Yang Mendidik

latih kognitif anak mybaby.co.id

Sebagai orang tua, ibu terkadang bingung untuk memilihkan permainan anak yang mendidik. Memang sudah ada game atau permainan yang dibuat untuk anak-anak. Namun, ibu masih ragu apakah permainan tersebut benar-benar mendidik atau hanya untuk membuat anak senang saja.

Ada juga orang tua yang tidak yakin jika mainan yang mereka berikan itu tidak sesuai dengan usia sang buah hati. Mereka harus browsing dulu untuk mencaritahu apakah permainan yang akan mereka pilihkan itu cocok untuk sang buah hati mereka atau tidak.

Agar ibu lebih leluasa untuk memilihkan permainan, akan lebih baik jika ibu mengetahui berbagai ciri dari game anak yang mendidik berikut ini.

Membuat Anak Aktif Bergerak

Banyak orang tua yang merasa bersalah ketika mengetahui salah satu ciri permainan edukatif adalah permainan yang membuat anak bergerak. Jelas sekali memberikan mainan gadget atau video game bukan pilihan yang cerdas. Pasalnya, game online entah itu melalui gadget ataupun komputer tidak membuat anak bergerak.

Beruntung sekarang sudah ada developer game yang membuat sebuah game di mana anak ibu harus bergerak. Bahkan, ada juga tipe game olahraga di mana anak ibu akan terus bergerak seperti orang yang sedang berolahraga. Sayangnya, kebanyakan game yang diberikan oleh orang tua saat ini merupakan game yang membuat anak pasif. Secara fisik, jelas ini bukan permainan yang baik. Apalagi secara mental. Banyak anak yang kecanduan game gadget seperti ini sehingga sulit sekali jika mereka harus bersosialisasi dengan orang lain karena mereka lebih asyik dengan bermain game sendiri.

Permainan edukatif yang membuat si kecil bergerak sangat banyak sekali. Dan permainan ini sangat murah. Contohnya saja bermain petak umpet, sepeda, sudah manda, dan lain sebagainya. Ini merupakan beberapa permaian anak edukatif yang membuat sang buah hati ibu bergerak.

Membuat Anak Menciptakan Sesuatu

Banyak anak yang sudah masuk usia sekolah pintar dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Dan pola pendidikan ini terus diajarkan hingga SMP dan bahkan SMA. Dan apa yang terjadi? Anak-anak seolah hanya diajarkan untuk pintar mengerjakan soal, bukan membuat sesuatu dan berinovasi.

Bagi ibu yang ingin sekali memiliki anak yang cerdas, sebaiknya ibu biasakan si kecil membuat sesuatu. Contoh kecilnya saja, ibu bisa mengajak anak ibu ke pantai agar ia bermain pasir dan membuat sesuatu dari pasir.

Bagaimana jika berada di rumah? Tenang saja bu. Sekarang, banyak permainan yang membuat anak berkreasi seperti permainan balok. Bahkan, sudah ada permainan masak-masakan di mana sudah ada bahan-bahan membuat kue mainan.

Permainan balita yang mendidik seperti ini tidak hanya akan membuat fisik bergerak, tapi juga otak berkembang. Otak si kecil akan terus berpikir bagaimana berkreasi. Dan jika ini menjadi kebiasaan, saat dewasa nanti, anak ibu akan menjadi anak yang terus berinvasi dan melahirkan sesuatu hal yang baru. Bukan hanya pandai dalam mengerjakan soal saja.

Membuat Anak Sadar Lingkungan

Permainan edukatif tidak hanya yang berhubungan dengan otak saja, tapi juga jiwanya juga. Banyak anak yang pintar secara intelektual, namun kurang pintar dalam hal yang lain. Maka dari itu, banyak orang yang punya otak pintar, namun bukan hati kosong.

Ibu pasti setuju jika saat ini sangat diperlukan orang yang pintar otak dan hati. Dan hal tersebut hanya bisa dimiliki oleh orang yang sejak kecil ditanamkan pentingnya mencintai lingkungan.

Dalam hal ini, ada banyak pilihan permainan mendidik yang bisa ibu berikan kepada si kecil. Contohnya saja, ibu bisa membiasakan si kecil untuk bermain sampah. Bukan berarti ibu memberikan sampah, tapi ibu memberikan pengetahuan mengenai sampah. Di rumah, ibu bisa siapkan dua tempat sampah yang berbeda. Satu untuk sampah organik dan satunya lagi non organik. Anak akan mulai bisa mengidentifikasi mana sampah yang organik dan mana yang tidak. Pada saat yang sama, sang buah hati juga sedang membiasakan diri untuk mencintai lingkungan.

Ada juga ide lainnya seperti permainan menjaga hewan yang sudah dibahas di www.friso.co.id. Ibu juga bisa dapatkan ide permainan edukatif lainnya di situs tersebut.

Membuat Anak Berpetualang

Dari sekian banyak ciri permainan anak yang edukatif, ciri yang satu ini yang paling penting. Permainan yang membuat anak berpetualang akan membuat sang buah hati memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan berani melakukan action. Jika ibu memiliki dua sifat tersebut (rasa ingin tahu yang tinggi dan berani), maka anak ibu akan semakin mudah mencapai kesuksesan. Pasalnya, ia tahu apa yang ia ingin ketahui dan ia mengerti bahwasannya ia bisa mencapai yang ia ingikan tersebut.

Lalu, seperti apa permainan yang membuat anak berpetualang? Banyak sekali. Contoh kecilnya saja, ibu bisa membiarkan si kecil bermaian camping di halaman belakang rumah. Ibu bisa berikan alat-alat camping seperti tenda, tikar camping, dan lain sebagainya.

Selain itu, ibu juga bisa biarkan si kecil bermain di alam bebas. Ini juga tantangan tersendiri bagi sang buah hati.

Dan sebenarnya banyak permainan edukatif yang bisa ibu pilihkan. Dengan demikian, diharapkan ibu tidak melulu menghabiskan uang untuk membelikan mobil-mobilan apalagi video game atau gadget. Jelas permainan seperti itu kurang edukatif. Mulailah ibu mencaritahu permainan anak yang mendidik seperti apa yang cocok untuk usia sang buah hati.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*