Cemilan Enak dan Sehat Ketika Hamil Muda

hamil muda https://www.facebook.com/ibudanbalita

Hamil muda merupakan masa yang sangat sulit untuk sebagian wanita. Khususnya bagi wanita yang baru pertama kali hamil, mereka sering merasa khawatir ketika masih dalam masa kehamilan muda. Bagaimana dengan ibu?

Sebenarnya, sah-sah saja merasa khawatir karena ibu harus menjaga baik-baik kesehatan janin yang ada di dalam kandungan. Akan tetapi, bukan berarti kekhawatiran ibu tersebut kemudian membuat ibu merasa terkekang dan aktivitas ibu terbatasi.

Selain itu, ketika ibu sedang dalam masal hamil muda, ibu juga masih bisa seperti wanita yang tidak hamil lainnya. Ibu bisa mengkonsumsi cemilan seperti biasa asalkan cemilan tersebut sehat. Jadi, salah jika menganggap kehamilan membuat ibu terbatasi.

Untuk itu, ada beberapa cemilan enak dan lezat namun juga aman untuk ibu konsumsi ketika dalam masa kehamilan muda. Apa saja cemilan tersebut?

Kismis

Ibu pasti tahu makanan yang satu ini. Memang kismis lebih sering dijadikan bahan campuran makanan lain. Akan tetapi, kismis juga bisa sebagai cemilan. Jika ibu pecinta cokelat, kismis bisa ibu jadikan pengganti. Pasalnya, cokelat merupakan jenis makanan yang seharusnya dihindari oleh ibu-ibu hamil. Bahkan, pada kondisi tertentu, dokter kandungan menyarankan menghindari dari mengkonsumsi cokelat.

Bahkan, bagi ibu yang didiagnosa mengalami kelebihan berat badan ketika hamil, ibu bisa mengkonsumsi kismis. Ini seolah bisa dijadikan makanan diet karena kismis bisa menurunkan berat badan ibu. Jelas mengalami kelebihan berat badan ketika hamil tidak saja berbahaya bagi janin, tapi juga bagi ibu sendiri.

Yogurt

Cemilan enak untuk ibu hamil muda selain kismis adalah yogurt. Makanan ringan yang satu ini tidak hanya bisa ibu jadikan sebagai cemilan saat santai. Ternyata, dengan mengkonsumsi yogurt secara tidak langsung ibu memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi yang ada di dalam kandungan. Yogurt mengandung prebiotik yang baik untuk perkembangan janin. Prebiotik bagus untuk memastikan janin berkembang dengan sehat.

Selain itu, prebiotik juga bagus untuk ibu hamil. Dengan mengkonsumsi yogurt, sistem pencernaan ibu terjaga sehingga apapun makanan yang ibu konsumsi bisa diserap oleh tubuh. Ibu bisa bayangkan jika sistem pencernaan terganggu sehingga nutrisi dari makanan yang ibu konsumsi tidak diserap dengan baik oleh tubuh. Bukan hanya membahayakan kesehatan itu, tapi juga kesehatan bayi yang ibu kandung.

Salad

Makanan ringan untuk ibu hamil muda selanjutnya adalah salad. Memang sedikit agat ribet untuk membuat makanan ringan ini. Ibu bisa meluangkan waktu sebentar untuk membuat salad sendiri ketika weekend. Sambil bersantai, membaca buku, atau menonton film, ibu bisa jadikan salad ini cemilan sehat ketika masa kehamilan.

Biasanya salad terdiri dari sayuran atau buah-buahan. Ada juga salad yang terdiri dari campuran sayuran dan buah-buahan. Ibu tinggal memilih sayuran atau buah-buahan apa yang ibu sukai. Tentunya ibu harus memilih sayuran atau buah-buahan yang segar.

Akan tetapi, pastikan bukan buah nanas yang ibu pilih. Pasalnya, buah nanas termasuk buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi apalagi pada masa kehamilan muda.

Itulah beberapa jenis cemilan atau makanan ringan yang baik untuk ibu konsumsi ketika hamil. cemilan tersebut sangat baik sekali untuk kesehatan janin dalam kandungan. Bahkan, cemilan tersebut di atas sangat direkomendasikan oleh para pakar gizi karena bisa dipilih sebagai makanan ringan yang sehat sehat untuk ibu hamil muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*