Catat ya Bu Batasan Minum Air Putih Balita Di Indonesia

Ibu dan balita www.ibudanbalita.com
Ibu dan balita

www.ibudanbalita.com

Ternyata beda lho batasan minum air putih untuk balita di Indonesia dengan negara lain. Jadi, ibu perlu tahu informasi ini. Jangan asal menyerap informasi kesehatan dari situs luar negeri atau dari peneliti luar negeri. Karena obyeknya memang berbeda.

Kenapa Harus Beda?

Ada banyak faktor yang menyebabkan takaran atau batasan minum air putih untuk balita di setiap negara itu berbeda. Contoh kecilnya saja cuaca atau iklim. Di negara yang panas, tentu saja kebutuhan air putihnya jauh lebih banyak daripada balita yang tinggal di daerah dingin atau tropis seperti di Indonesia.

Belum lagi masalah usia balita serta sistem metabolism setiap balita. Jadi, banyak faktor yang menjadikan ada angka standar ukuran minum air putih bagi balita.

Berapa Liter Balita Sebaiknya Mengkonsumsi Air Putih?

Pada tahun 2004, baru ada rekomendasi berapa liter per hari balita harus mengkonsumsi air putih.

Untuk balita usia 1-3 tahun, disarankan mereka mengkonsumsi air putih sebanyak 1,2 liter per hari. Sementara itu, jika usinya sudah mencapai 4 tahun hingga 6 tahun, standar minum air putihnya meningkat menjadi 1,5 liter.

Apakah ibu sudah memberikan air putih kepada si kecil sesuai dengan rekomendasi tersebut di atas?

Jika belum, maka bukan hanya dehidrasi yang bisa saja dialami oleh si kecil. Bisa saja masalah lain yang dialami oleh si kecil disebabkan ibu kurang memperhatikan asupan air putih si kecil setiap hari.

Bukan Hanya Dehidrasi Jika Anak Kurang Air Putih

Banyak yang menganggap jika balita kekurangan air putih, maka badannya menjadi lemah karena mengalami dehidrasi. Padahal bukan itu saja yang bisa terjadi jika si kecil kekurangan air putih.

Setidaknya ada tiga hal serius yang bisa terjadi jika si kecil sering kekurangan air putih.

  1. Gigi Rusak

Memang minuman seperti susu Frisian Flag itu sangat baik untuk menjaga kesehatan si kecil. Hal ini disebabkan semua nutrisi terkandung di dalam susu tersebut.

Namun, ibu harus tahu bawasannya susu bisa menempel pada gigi yang membuat gigi rusak. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan membiasakan si kecil menggosok gigi. Akan tetapi, jangan remehkan peran air putih. Dengan banyak mengkonsumsi air putih, maka gigi si kecil akan sehat selalu.

  1. Kecerdasan Berkurang

Apa hubugannya? Sekilas memang tidak ada hubungannya.

Air putih memiliki peran untuk memastikan nutrisi serta oksigen tersebar ke seluruh tubuh. Tanpa air putih yang cukup, oksigen dan nutrisi bisa tidak dihantarkan ke seluruh organ tubuh sesuai dengan kebutuhan, terutama otak. Akibatnya, organ tidak bisa bekerja maksimal.

Ibu bisa bayangkan bukan jika otak tidak bekerja maksimal. Jadi, tahu kan apa hubungannya antara kekurangan air putih dengan kecerdasan anak.

  1. Sembelit

Sebenarnya bukan hanya kekurangan serat saja yang menyebabkan si kecil mengalami sembelit atau susah buang air besar, tapi juga hal tersebut dikarenakan kekurangan air putih.

Sebenarnya, para ahli kesehatan sudah menjelaskan lebih detail di www.ibudanbalita.com tentang manfaat apa saja yang akan didapatkan oleh si kecil jika ia mendapatkan air putih dalam jumlah yang sudah ditentukan untuk balita di Indonesia.

Yang pasti, sekarang ibu sudah tidak meremehkan air putih. Pastinya air putih ini sangat menentukan kondisi kesehatan si kecil secara keseluruhan serta menunjang perkembangannya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*