Cara Untuk Merangsang Kecerdasan Anak Sejak Dini

tips merangsang kecerdasan anak www.friso.co.id

Kecerdasan seorang dapat dibilang sebuah anugerah yang diberikan Tuhan kepada anak tersebut. Namun ternyata faktor yang mempengaruhi kepintaran seorang anak juga ditentukan oleh lingkungannya. Ada banyak hal yang dapat merangsang kecerdasan anak, salah satunya yaitu dengan belajar di sekolah.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat anak menjadi lebih pintar:

– Pemberian ASI

ASI adalah makanan otak yang paling dasar. Peneliti secara konsisten terus menunjukkan berbagai macam keuntungan ASI yang behubungan dengan pertumbuhan bayi. Anak yang mengkonsumsi ASI eksklusif akan memiliki tingkat kepintaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang mengkonsumsi ASI hanya beberapa bulan saja.

– Bermain permainan yang membuat si kecil berpikir

Catur, teka-teki silang dan sudoku selain menyenangkan juga mendukung strategi berpikir anak-anak, bagaimana cara menyelesaikan masalah, dan membuat keputusan yang kompleks.

– Bermain musik

Bermain musik selain menyenangkan juga bisa merangsang pertumbuhan otak kanan. Adanya pelajaran musik bisa memberikan keuntungan dalam meningkatkan IQ anak dan performa akademisnya. Semakin lama waktu yang digunakan untuk bermain musik maka efek yang dihasilkan juga semakin besar.

– Membiasakan untuk berolahraga

Hubungan yang kuat antara kebugaran dan prestasi akademik di antara anak-anak sekolah dasar. Semakin bugar badan sang anak maka kemampuan dalam menerima pelajaran juga meningkat. Sebaiknya mendorong anak untuk terlibat dalam aktivitas fisik atau organisasi olahraga tertentu sesuai dengan minat anak.

– Menghindari makanan siap saji

Mengurangi asupan gula, lemak trans dari makanan siap saji dan menggantinya dengan makanan bergizi tinggi yang baik untuk perkembangan mental anak usia dini serta berfungsi dalam perkembangan motorik anak pada usia 1-2 tahun pertama. Misalnya saja  anak-anak memerlukan zat besi untuk perkembangan jaringan otak yang sehat, anak yang kekurangan zat besi akan lambat dalam menerima rangsangan.

– Mengembangkan rasa ingin tahu

Para ahli mengatakan orang tua yang menunjukkan rasa ingin tahunya pada anak akan mendorong anak untuk mencari ide-ide baru, sehingga merangsang anak untuk berpikir. Mengajari anak keterampilan baru serta pendidikan di luar rumah juga bisa mengembangkan rasa ingin tahu anak dan intelektualnya.

– Biasakan membaca

Membaca adalah cara yang paling mudah untuk meningkatkan pembelajaran dan perkembangan kognitif anak-anak dari segala usia. Cara ini bisa dimulai dengan sering membacakan anak dongeng sebelum tidur dan sering-seringlah memberikan anak hadiah buku yang bisa menarik perhatiannya.

– Membentuk  kepercayaan diri

Orang tua sebaiknya meningkatkan semangat dan optimisme anak-anak. Berpartisipasi dalam tim olahraga atau kegiatan sosial akan membantu meningkatkan kepercayaan diri sang anak diantara teman-temannya.

Tips Menstimulasi Kecerdasan Anak Dari Usia 0 Sampai 3 Tahun

Otak anak sudah terbentuk sejak ia masih di dalam kandungan. Saat lahir, berat otaknya hanya 400 gr dan belum berkembang sempurna. Namun pada usia 3 tahun, berat otak Si Kecil akan mencapai 1.100 gr dan sudah hampir berkembang sempurna. Masa penentu tumbuh-kembang otak anak memang terjadi sejak dalam kandungan hingga usia 3 tahun. Oleh sebaba itu, ia perlu diberi nutrisi dan stimulasi yang tepat, agar kecerdasannya berkembang secara optimal.  Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk membentuk kecerdasan buah hati Anda ;

-Pada Tahun Pertama (0-6 bulan)

Pada usia ini, Si Kecil akan belajar mengenali wajah, suara, dan bau tubuh orang lain. Bantu ia untuk mencapai kemampuan tersebut dengan sering menyentuh dan memeluknya. Lakukan saat Anda bermain sambil berbicara atau bernyanyi bersamanya.

-Pada Tahun Kedua (12-18 bulan)

Si Kecil sudah mulai lancar berjalan sendiri atau sambil berpegangan, naik tangga dengan merangkak, melempar bola, serta membalikkan halaman buku. Biarkan ia melakukan semua kegiatan itu sendiri. Anda hanya perlu mengawasi dan menemaninya saja.

 -Pada Tahun Ketiga (24-30 Bulan)

Di usia ini, Si Kecil sudah memiliki teman bermain yang disukainya. Bangun kemampuan sosialisasinya dengan menemukan teman yang sebaya dengannya. Jangan lupa untuk mengajari Si Kecil cara berbagi kepada temannya ya,

Merangsang Kecerdasan Anak Melalui Beberapa Tahapan

6 tahun pertama dalam kehidupan adalah masa paling penting untuk perkembangan otak anak. Dengan mengetahui tahap-tahap perkembangannya, kita dapat memaksimalkan kecerdasannya. Walalupun otak bayi berkembang sejak masih janin, enam tahun pertama dalam kehidupan adalah waktu yang paling penting untuk perkembangan otak anak. Untuk itu kita perlu mengetahui tahap-tahap perkembangannya  sehingga kita dapat memaksimalkan kecerdasannya pada setiap tahap.

Kesehatan ibu sebelum hamil sangat penting untuk pertumbuhan bayi dan otak bayi. Nutrisi yang baik, menghindari alkohol dan obat-obatan adalah hal terbaik yang dapat dilakukan untuk janin yang dikandung. Makanan yang mengandung Omega 3 atau DHA sangat baik untuk perkembangan otak bayi, terutama pada kehamilan bulan ke 7 hingga masa menyusui. Bayi dilahirkan dengan lebih dari 100 miliar sel otak. Sel-sel ini membantu mengontrol fungsi-fungsi utama dalam tubuh misalnya pernafasan sampai dengan fungsi yang lebih kompleks misalnya fungsi intelektual.

Sepanjang masa pertumbuhan anak, terjadi koneksi antar 100 miliar sel-sel ini. Koneksi terjadi ketika anak mengalami sesuatu yang baru dengan melibatkan indera mereka. Menimang, berbicara, senyum, serta memperkenalkan bayi pada pandangan, bau, dan rasa baru dapat mensimulasi koneksi sel-sel otak. Semakin banyak pengalaman ini diulang, semakin kuat koneksi yang terbentuk untuk merangsang kecerdasan anak. Hanya pengalaman yang positif yang membantu perkembangan otak anak, sedangkan pengalaman negatif dapat menyebabkan masalah emosional, perilaku, dan pembelajaran. Pada sekitar umur 3 tahun, koneksi antar sel ini paling banyak terjadi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*