Cara Perkenalan Minum Cangkir Dan Pentingnya Susu Pertumbuhan Anak 1 Tahun

minum susu pertumbuhan anak 1 tahun dengan gelas www.ibudanbalita.com
minum susu pertumbuhan anak 1 tahun dengan gelas

www.ibudanbalita.com

Dua belas bulan lamanya semua perjuangan berhasil dilewati. Merayakan ulang tahun pertama buah hati merupakan pertanda orang tua berhasil mencapai salah satu tahap perkembangan si kecil. Walau dinyatakan berhasil, namanya lengah bisa meruntuhkan semua usaha yang telah dilakukan. Susu pertumbuhan anak 1 tahun justru hadir dengan tujuan mempermudah kerja ayah bunda.

Masuk gerai pemasaran manapun, pasti lorong bayi jarang sekali sepi. Pembaca bisa saja telah menjadi salah satu orang yang setidaknya mencoba jelajahi barisan khusus buah hati ayah bunda. Terbesit pertanyaan jika memang susu pertumbuhan diperlukan, lantas apa fungsi susu pertumbuhan untuk anak 1 tahun? Apakah keberadaan produk ini hanya bertujuan menggeruk untung lebih banyak bagi masyarakat?

Perusahaan dengan kredibilitas tinggi pasti memiliki hubungan simbiosis mutualisme, atau saling menguntungkan. Keberadaan lembaga dan hukum perlindungan konsumen memang ditujukan konsumen. Seharusnya susu pertumbuhan berkode produk resmi yang beredar di pasaran aman untuk diminum. Bagaimana menghidangkan susu, dan memahami kebutuhan susu bagi anak kembali pada bunda ayah, artikel ini sekedar membantu beri pencerahan.

 Usia 1 tahun berarti anak sudah bisa berjalan, kebanyakan anak sudah bergigi lengkap, dan mengucapkan beberapa kata walau masih cedal. Apa lagi yang tersisa? dilihat kasat mata, anak memang jauh tumbuh berkembang. Akan tetapi, jika dilihat lebih dekat, orang tua akan tahu bahwa badan anak jauh dari kata siap menghadapi dunia sebenarnya tanpa kehadiran orang dewasa.

Tulang anak misalnya, masih sangat empuk, masih membutuhkan perbaikan lebih lanjut. Kemampuan berlari dan jalan anak belum maksimal karena tulang yang menopang tubuh belum kokoh. Anak berjuang keras menjaga keseimbangan dengan tulang yang cukup ringkih meski tidak selemah biasanya, ayah bunda bisa lihat dari bagaimana bayi nyaris jatuh tiap kali jalan cepat sampai lari.

 Mengingat gigi termasuk anggota tulang, tidak aneh jika gigi termasuk anggota tubuh yang sedang berjuang pula. Seperti yang bunda dan ayah tahu, gigi anak umur 1 tahun hanya gigi temporer. Artinya, gigi bayi bisa lepas atau copot kapan saja dan digantikan dengan gigi yang baru nan permanen. Nah, kalau sudah tahu begini, persiapan gigi permanen harus dimulai bahkan sebelum acara ‘copot gigi’ dimulai.

Kalsium telah ditetapkan dalam dunia kesehatan sebagai nutrisi khusus pejuang tulang. Adanya kalsium sebagai bagian pekerja tubuh, sangat mempercepat serta memastikan pertumbuhan tulang ada pada jalur yang tepat, tidak melenceng kemana – mana. Ya, kalsium memang ibarat batu bata pada pembangunan rumah. Tulang membuat pertumbuhan tulang semakin pasti lancar, dan tubuh anak semakin aman ke depan.

Ternyata kalsium tidak bisa bekerja sendiri. Sebagai batu bata pada tulang, tentu butuh semen. Bayangkan saja, mana ada rumah dibangun tanpa perekat dan tahan lebih lama, begitu pula kalsium. Semen pada pembangunan tulang tubuh terletak pada vitamin D.

Keluarga vitamin D telah dikenal baik pada kalsium. Keduanya seolah menjalin kontrak kerja sama yang berlaku seumur hidup. Tanpa adanya vitamin D, tubuh akan kesulitan menyerap kalsium. Percuma saja bunda memaksa anak minum asupan kalsium setiap ahrinya tapi tidak menambahkan vitamin D di dalamnya. Kalsium bak sampah tidak berguna, bekerja tidak maksimal, merindukan vitamin D. Kalau boleh dibilang, kalsium dan vitamin D itu seperti batman dan robin.

Salah satu sumber terpecaya guna dapatkan vitamin D ada pada sang surya. Ya, sinar matahari sebelum radiasi dan ultra violet menyerang, menawarkan penyerapan vitamin D maksimal. Tentu saja, anak harus bagun pagi, dan mau keluar bermain di luar, pasalnya matahari hanya aman bagi si kecil sebelum pukul 9 sampai 10 pagi saja, selebihnya anak harus menghindar atau pakai perlindungan tabir.

Vitamin D sebetulnya sedikit sulit didapat dari menu makanan sehari hari saja. Bukan sekedar vitamin D susah dicari, namun makanan yang mengandung vitamin D tidak disukai sebagian besar anak. Asupan vitamin D banyak dijual guna memenuhi faktor satu ini. Kembali lagi, percuma berkonsentrasi pada vitamin D saja kalau kalsium tidak didapat. Belum lagi meminta anak minum asupan tersebut.

Susu pertumbuhan dibuat bertujuan memastikan asupan kalsium dan vitamin D pada takaran normal tanpa rasa susah. Kebanyakan anak menyukai susu, sejak lahir si kecil sudah terbiasa minum susu baik formula maupun air susu ibu. Bila anak tidak berhenti minum air susu ibu sampai usia 1 tahun, mungkin susu pertumbuhan terasa aneh. Tidak ada salahnya kalau bunda mencampurkan susu pertumbuhan dan air susu bunda di awal sampai dirinya terbiasa.

Minum susu dari botol, sebetulnya bisa merusak pertumbuhan gigi. Jelas, faktor minum dari botol bertentangan dengan tujuan mendukung pertumbuhan tulang termasuk gigi. Belum lagi, anak hobi ngedot atau minum dari botol sampai tertidur yang jelas buruk untuk gigi. Solusinya, bunda dan ayah harus mengajari anak minum dari cangkir.

Alih alih langsung merebut botol dari tangan bayi dan mengganti dengan cangkir, ada baiknya lebih halus lagi. Setiap kali anak mau makan, sediakan cangkir di sebelahnya. Beri contoh minum dari cangkir dengan duduk di depan anak. Perlahan tapi pasti, malaikat kecil ayah bunda akan mencontoh. Halangan pendapatan manfaat susu pertumbuhan anak 1 tahun teratasi dengan baik, hati jadi tenang.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*