Cara Merawat Kulit Wajah Agar Tampak Awet Muda

 

 merawat kulit wajah

www.cleanandclear.co.id

Banyak orang yang menginginkan wajah tetap tampak awet muda walaupun umur semakin bertambah. Namun, kenyataannya pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur juga dapat membuat kulit menjadi keriput, timbul garis-garis halus dan lain sebagainya. Selain itu, masalah gravitasi yang menarik lemak pada wajah, jaringan epidermis yang mulai menipis, jumlah sel pigmen yang berkurang, kulit yang berdegenerasi akibat proses elastosis, hingga hal-hal yang berhubungan dengan pembuluh darah juga menjadi penyebab wajah Anda terlihat cepat tua. Meskipun faktanya hal tersebut sulit untuk dicegah tetapi Anda bisa mengatasinya dengan melakukan perawatan kulit. Di bawah ini akan dijelaskan cara apa saja yang bisa Anda lakukan agar wajah Anda terlihat awet muda.

1. Cuci wajah pada malam hari

Setelah seharian lelah beraktivitas, wajah Anda pasti terkena terpaan debu, kotoran, minyak dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda perlu membersihkan bagian kulit di wajah sebelum tidur. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan make up remover untuk menghapus bekas make up yang telah menempel selama seharian. Dengan cara ini, pori-pori wajah Anda tidak akan tersumbat dan jerawat pun tidak akan muncul, sehingga kulit wajah akan terlihat awet muda. Selain itu, membersihkan sisa-sisa make up juga berguna untuk menghindari timbulnya bakteri dan jamur yang dapat menjadi masalah serius di kemudian hari. Selain make up remover, Anda juga harus memilih sabun muka yang sekiranya cocok dengan jenis kulit wajah Anda. Mengapa begitu? Karena hal ini sangat berpengaruh pada keadaan wajah Anda kedepannya.

2. Gunakan toner

Toner berguna untuk menghilangkan minyak serta kotoran yang menempel pada kulit wajah Anda. Selain itu, toner juga dapat membantu menutup pori-pori kulit, sehingga kulit tampak lebih kencang dan terhindar dari jerawat dan komedo. Siapkan sebuah toner, lalu tuang beberapa tetes ke atas bola kapas, oleskan perlahan kapas tersebut ke seluruh bagian wajah Anda. Wajah akan tampak lebih awet muda.

3. Jangan menyentuh jerawat

Jerawat dan komedo sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya atau dengan menggunakan krim khusus yang telah diberikan oleh dokter. Namun, terkadang kita gemas dan cenderung menyentuh jerawat. Alhasil jerawat malah membesar bahkan menginfeksi area lainnya jika tidak ditangani dengan baik. Oleh sebab itu, lakukan perawatan yang baik dan hindari menyentuh jerawat jika Anda ingin selalu tampil awet muda.

4. Minum

Kurangnya mengonsumsi air putih dapat menyebabkan dehidrasi, kulit kering dan masalah-masalah kulit lainnya, termasuk meningkatkan risiko penuaan dini yang menyebabkan kulit menjadi cepat keriput. Oleh sebab itu, perbanyak mengonsumsi air putih setiap hari dengan takaran yang cukup, yaitu sekitar 6 hingga 12 gelas. Air putih ini berguna untuk mengeluarkan racun atau toksin yang ada di dalam tubuh.

5. Olahraga

Dan yang terakhir adalah berolahraga. Dengan rajin berolahraga seperti jogging, hal ini berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar tetapi juga membuat tubuh menjadi lebih awet muda dalam arti berbagai fungsi tubuh akan tetap baik hingga usia tua. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menunjukan bahwa para manula yang rutin berolahrga jogging mempunyai tubuh yang hampir sama baiknya dengan orang dewasa berumur sekitar 20 tahun. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk rutin berolahraga agar tidak menyesal ketika sudah tua nanti.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*