Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

kesehatan ibu hamil

Masa kehamilan adalah masa yang membahagiakan dan penuh petualangan bila bunda tahu bagaimana menjaga kesehetan ibu hamil. Bisa anda kira – kira seperti apa jadinya bila fisik ibu melemah yang mana sangat berpengaruh pada janin.

Usaha mungkin telah dilakukan, tapi jangan sampai “tong kosong bunyinya nyaring”. Usaha anda hanya akan menguras tenaga, tak berguna bila tidak disertai ilmu.

01. Menu makan cerminan Kesehatan ibu hamil
Sandang, pangan, papan adalah 3 kebutuhan dasar manusia. Papan yakni tempat tinggal dimana manusia bisa menyelamatkan diri atau menunda bahaya datang kepadanya. Sandang berarti pakaian, suatu penutup tubuh, tidak hanya sekedar mempercantik diri namun juga mencegah bakteri atau kuman hinggap. Terakhir, namun paling penting, pangan alias makan. Apapun yang anda konsumsi akan menjadi cerminan kesehatan anda. Membahas kesehatan ibu hamil, tentu faktor pangan tidak lagi bergantung pada individu saja melainkan dua individu. Sebelum hamil memang anda bebas mengatakan “ini hidup, dan badan saya” setiap kali ada yang mengingatkan pilihan makanan buruk anda, tapi hamil? Janin di dalam diri anda sangat bergantung pada kebijakan yang anda pakai.

Kuman, bakteri, sampai parasit dengan senang hati memanfaatkan mahluk tak berdaya di dalam perut anda, mahluk yang bahkan tidak bisa menjaga dirinya sendiri. Listeriosis misalnya, parasit jahat yang diam – diam bersembunyi dalam makanan umum. Makanan yang mungkin anda anggap ‘tak berbahaya’ seperti susu, keju, sampai daging. Anda bisa saja memakan salah satu bahan tersebut dan tidak sadar bahwa parasit sudah masuk ke dalam rahim anda, dan membuat janin kesakitan namun apa daya tak mampu berkata. Bukan berarti, anda lantas menjauhi makanan karena masa mengandung bisa menguras energi perempuan dan hanya makanan yang mampu menggantikan kehilangan tenaga tersebut. Syarat yang harus anda pegang teguh sebelum menyentuh makanan adalah semua makan benar – benar dipastikan matang. Mungkin beberapa dari anda mencibir, yakin semua makanan yang selama ini anda konsumsi sudah pasti masak. Steak pada level matang medium rare yakni daging bagian luar padat, namun bagian dalam daging kemerahan dengan jus yang menggoda masih kategori mentah untuk disajikan pada ibu hamil. Bahkan, bila anda mengunjungi restoran cepat saji dan masih bisa melihat bekas merah pada daging yang anda pesan, segera minta ganti. Listeriosis cukup sulit dibunuh bila hanya dibakar tanggung.

Pada saat makan, Anda juga bisa menambahkan sayur-sayuran seperti bokchoy dalam menu Anda sebagai serat sehingga konstipasi tidak terjadi.

02. Bergerak ! Ayo olah raga !

Kesalahan terbesar banyak ibu hamil dengan fisik cukup sehat yaitu diam di rumah, mengeluh, dan berusaha tidak banyak bergerak karena takut keguguran. Secara dunia kedokteran, ya meminimalisir resiko itu harus, tapi bukan berarti anda bertingkah seperti orang traumatis, terlebih jika badan anda dinyatakan sehat sentosa. Olah raga kerap dikaitkan dengan kegagalan masa mengandung, padahal tidak begitu. Salah satu cara menjaga kesehatan ibu hamil terbaik justru terletak pada rajin atau tidaknya anda menggerakkan tubuh. Tidak, bukan berarti anda lantas memilih olah raga macam berenang, terjun payung, atau aktivitas lain dengan label ‘bahaya untuk ibu hamil’. Pilih olah raga yang memang anda sukai, namun tidak memberikan beban di perut, seperti jalan sehat. Kalau anda bingung dan memang dasarnya jarang berolah raga, sudah banyak kelas senam ibu hamil dibuka secara umum. 

Bayangkan saja, dengan berolah raga setiap hari, meski kurang dari 20 menit sekalipun anda bisa terbebas dari berbagai macam masalah kehamilan. Sakit punggung dan mual – mual merupakan salah satu dari sekian banyak manfaat yang pantas ditawarkan untuk menggantikan waktu anda terbuang untuk olah raga. Anda yang baru pertama kali hamil, akan sangat diuntungkan dengan mengikut kelas senam hamil atau olah raga di komunitas apapun, pasalnya anda bisa mendapatkan banyak teman yang mungkin lebih berpengalaman. Tidak hanya anda bisa mendapatkan banyak masukan, anda juga bisa memuaskan kebutuhan sosialisasi anda. Pasangan memang memberikan komunikasi, tapi tidak bisa dipungkiri komunikasi antar perempuan juga sama diperlukannya. Berita baiknya lagi, beberapa penelitian menunjukkan perempuan dengan kegemaran olah raga, cenderung lebih mudah dan cepat melahirkan normal (tidak operasi cesar) dibanding perempuan yang tidak. Tunggu apa lagi?

03. Hentikan kebiasaan buruk anda dan pasangan

Kesuksesan kehamilan bukan hasil kerja keras perempuan saja, melainkan perjuangan anda dan pasangan.  Pernahkah anda mendengar kalimat “merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, hiportensi, gangguan kehamilan dan, janin” ? Ya, peringatan di bungkus produk rokok bukan untuk menakuti – nakuti anda. Sudah banyak ahli medis menyarankan ibu hamil berhenti menjadi perokok baik aktif maupun pasif. Arti aktif adalah merokok secara langsung, apalagi jika sampai perokok aktif berat dimana 1 bungkus rokok tidak cukup untuk sehari. Sedangkan pasif ditunjukkan pada orang – orang yang tidak merokok namun kerap menghirup asap rokok. Sejatinya, perokok pasif jauh lebih merugi dibanding perokok aktif. Bayangkan saja, sudah tidak bisa menikmati sensasi merokok, tapi menanggung resiko dari produk tembakau itu pula. Minuman keras juga tidak menguntungkan kehamilan anda. Banyak kasus menunjukkan bayi lahir dengan kondisi cacat dari bunda yang gemar menenggak alkohol atau biasa dikenal dengan sebutan Fetal syndrome. Bila anda atau pasangan mengidap salah satu atau malah kedua kebiasan tersebut, segera bicarakan satu sama lain agar tidak membahayakan kesehatan ibu hamil lebih jauh lagi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*