Cara Menjaga Kehamilan Trimester Ketiga Lengkap Dengan Tantangannya

cara-menjaga-kehamilan zdrowie.radiozet.pl
cara-menjaga-kehamilan

zdrowie.radiozet.pl

Ketika kehamilan menginjak trimester ketiga, ibu akan merasa lebih berat. Selain perut yang semakin membesar, ada juga keluhan kesehatan yang terus datang bergantian. Maka dari itu, ibu perlu tahu bagaimana cara menjaga kehamilan trimester ketiga.

Sebenarnya tidak ada yang terlalu berbeda dengan cara menjaga ibu hamil trimester satu dan dua. Hanya saja, karena ada kondisi tertentu yang terjadi ketika kehamilan mencapai trimester ketiga, maka ad acara yang khusus perlu dilakukan untuk menjaga kehamilan trimester ketiga.

Keluhan Saat Kehamilan Trimester Ketiga Dan Cara Mengatasinya

Ibu pasti ingat bagaimana ibu mual dan muntah setiap pagi ketika kehamilan trimester pertama. Atau ibu merasa lemah dan lesu saat kehamilan trimester kedua karena anemia. Sekarang, apakah keluhan pada kehamilan trimester ketiga? Ada kemungkinan masih akan ibu rasakan. Hanya saja, ada keluhan yang sepertinya hanya dirasakan oleh ibu  hamil trimester ketiga. Apa saja itu?

  • Kaki Bengkak

Ada yang bilang bengkak pada bagian kaki disebabkan karena beban perut semakin berat. Alasan ini ada benarnya namun kurang tepat. Dari sudut pandang ahli medis, kaki bengkak yang dialami oleh seorang ibu hamil tua disebabkan oleh retensi air yang disebut dengan edema. Bengkak ini akan semakin memburuk jika ternyata cuaca di tempat di mana ibu tinggal begitu panas.

Kaki yang bengkak ini sebenarnya tidak berbahaya. Akan tetapi, hal ini bisa mengganggu aktivitas ibu setiap hari. Oleh sebab itu, ibu harus mengatasi masalah yang satu ini. Caranya dengan mengurangi terlalu lama berdiri atau terlalu lama duduk. Ada baiknya ibu rileks dengan cara meredam kaki di dalam ember yang diisi dengan air hangat. Berenang juga bisa ibu lakukan. Selain untuk mengatasi kaki bengkak, berenang juga menjadi cara tepat menjaga kehamilan trimester ketiga agar tubuh ibu bugar selalu.

  • Kaki Terasa Panas Dan Gatal

Banyak ibu hamil yang bilang kakinya terasa digigit atau dicakar binatang. Ada juga yang merasa seperti ada binatang yang merayap di kakinya. Hal tersebut biasanya membuat kaki terasa gatal dan sedikit panas. Saat ibu sedang tertidur, sepertinya ada perasaan di mana ibu ingin sekali menggerakkan kaki.

Memang hal semacam itu tidak mengganggu kesehatan ibu hamil. Hanya saja. para ahli kesehatan kandungan mengkhawatirkan satu hal, yaitu kekurangan asupan gizi berupa zat besi. Dalam dunia medis, perasaan seolah-olah ada binatang yang merayap dan menimbulkan rasa gatal dan panas pada kaki disebut dengan restless leg syndrome yang disingkat dengan RLS. Menurut ahli medis, ini disebabkan seorang ibu hamil kekurangan zat besi.

Inilah mengapa ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi susu ibu hamil. Dengan mengkonsumsi dua gelas susu ibu hamil ini, kebutuhan harian zat besi akan tercukupi.

  • Supine Hypotensive Syndrome

Ini juga yang sering dialami oleh seorang ibu hamil tua. Ini merupakan sindrom yang menyebabkan ibu akan merasa pusing yang luar biasa. Faktor utamanya adalah perubahan pada detak jantung yang mengakibatkan tekanan darah yang tidak stabil. Inilah yang kemudian menjadikan ibu merasa pusing.

Keluhan kesehatan ini bisa diatasi dengan cara mengurangi makanan yang bisa memincu detak jantung berdetak lebih kencang. Kurangi mengkonsumsi minuman apapun yang mengandung kafein terutama kopi.

Stres Saat Kehamilan Tua

Sebenarnya, yang harus diwaspadai adalah masalah psikis. Contohnya saja stres. Ini lebih berbahaya jika dibandingkan dengan masalah kesehatan seperti pusing, anemia, dan lain sebagainya.

Cara yang tepat menjaga kehamilan adalah dengan menghindari stres. Pasalnya, stres akan berakibat buruk bagi kesehatan ibu hamil secara keseluruhan, tak terkecuali kesehatan janin di dalam kandungan. Itulah mengapa stres harus benar-benar dihindari.

Sayangnya, ketika kehamilan mencapai trimester ketiga, ibu rentan sekali mengalami stres. Selain disebabkan oleh faktor hormonal, stres juga disebabkan karena rasa khawatir yang berlebihan ketika waktu persalinan sudah semakin dekat. Umumnya, ini dialami oleh seorang wanita yang hamil anak pertama. Tentu saja wajar jika wanita tersebut merasa khawatir karena adanya takut yang berlebihan.

Perasaan takut tersebut harus dibuang. Ini cara yang harus ibu lakukan agar tidak stres. Menghilangkan rasa takut bisa dilakukan dengan memikirkan hal yang positif saja. Ibu bisa ikut forum ibu hamil di mana ibu akan lebih banyak mendapatkan informasi yang positif. Dengan demikian, ibu tidak akan merasa khawatir dan berakhir dengan stres.

Ada baiknya juga jika ibu memanjakan diri. Ibu bisa minta suami untuk mengantar jalan-jalan agar pikiran lebih fresh. Temui beberapa teman dan ajak bercerita. Ini akan membuat stres yang ibu rasakan hilang.

Semakin banyak kegiatan positif yang ibu lakukan, maka tidak ada ruang bagi pikiran ibu untuk memikirkan hal yang negatif dan membuat ibu khawatir. Mulailah membuat jadwal kegiatan menyenangkan yang bisa ibu lakukan. Akan lebih baik jika kegiatan tersebut juga termasuk bagian dari cara menjaga kehamilan seperti kegiatan senam ibu hamil atau yoga untuk ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*