Cara Menjaga Kehamilan Saat Musim Hujan Tiba

konsultasi ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Cara menjaga kehamilan menjadi sedikit lebih sulit ketika musim penghujan. Pasalnya, pada musim hujan, orang akan lebih rentan terhadap penyakit. Orang lebih cepat sakit apalagi ibu hamil. Lalu, bagaimana caranya?

Sebelum membahas tentang tips menjaga kehamilan, ada satu hal yang harus dipahami. Apapun alasannya, ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsi obat, apalagi obat kimiawi. Pada masa kehamilan, ada kemungkinan ibu akan terserang penyakit. Namun, tidak disarankan untuk mengkosumsi obat.

Itulah mengapa ada beberapa cara menjaga kehamilan di mana cara tersebut tanpa melibatkan obat, terutama yang mengandung bahan kimiwi.

Minuman Hangat dan Sehat

Pada musim hujan, paling enak bersantai ditemani dengan minuman hangat. Namun, jangan asal pilih minuman hangat. Ibu hamil harus selektif dalam mimilih minuman. Pastikan minuman tersebut aman untuk dikonsumsi.

Salah satu minuman hangat yang bisa ibu konsumsi adalah jahe hangat. Minuman ini biasanya dikonsumsi pada waktu musim hujan. Fungsinya adalah untuk menghangatkan badan.

Selain itu, jahe ternyata juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bagi ibu hamil, mengkonsumsi jahe bisa dijadikan sebagai cara menjaga kehamilan. Dengan mengonsumsi wedang jahe, maka sistem kekebalan tubuh semakin kuat sehingga ibu tidak mudah sakit. Artinya, ibu juga bisa menghindari dari mengkonsumsi obat karena tidak sakit.

Akan tetapi, ada pro kontra di kalangan ahli gizi balita. Ada yang beranggapan bahwa jahe itu bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak baik bagi perkembangan janin. Hal ini dikarenakan jahe mengakibatkan rasa panas sehingga bisa membahayakan janin.

Alasan tersebut di atas sangat masuk akal. Hanya saja, para ahli gizi yang menganggap wedang jahe boleh dikonsumsi oleh ibu hamil memberikan satu catatan, yaitu wedang jahe tersebut dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

Membuat Menu Makanan Berbahan Brokoli dan Bunga Kol

Ibu bisa merasakan betapa nikmatnya jika menyantap hidangan malam hangat di waktu hujan. Tapi masih bingung kira-kira hidangan apa yang enak namun sehat pastinya bagi ibu hamil?

Ibu buat saja sup berbahan brokoli dan bunga kol. Cara membuatnya sangat mudah. Ibu bisa cari resep istimewa agar hidangan yang biasa ini menjadi istimewa.

Namun, kenapa harus brokoli dan bunga kol? karena menu makanan ibu nanti akan menjadi makanan sehat ibu hamil. Brokoli serta bunga kol kaya akan vitamin C. Sementara itu, vitamin C diperlukan tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tentu saja ibu bisa mendapatkan asupan vitamin C ini dari menu makanan atau sayuran lain. Namun, akan sangat berbeda jika ibu mengolah dua sayuran tersebut menjadi hidangan hangat di suasana malam yang dingin musim hujan.

Kebutuhan gizi ibu hamil ketika musim hujan tiba harus lebih banyak. Logikanya, orang yang tidak hamil saja rentan sekali terhadap penyakit ketika musim hujan, apalagi ibu hamil yang harus menjaga kesehatan dirinya sendiri dan juga janin dalam kandungan.

Untuk itu, diperlukan langkah yang cerdas agar ibu hamil tidak mudah sakit sehingga bisa memastikan janin dalam kandungan tumbuh dengan normal. Apa yang ibu harus lakukan? Seperti penjelasan di atas, ibu bisa memilih minuman hangat yang sehat seperti wedang jahe dan menu makanan enak seperti sup brokoli dan kembang kol.

Selain baik dan sehat bagi ibu hamil, wedang jahe serta sup brokoli dan kembang kol tersebut sangat mudah dibuat dan sangat murah. Tentunya, ibu harus menjadikan tips tersebut sebagai cara menjaga kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*