Cara Menjaga Kehamilan Muda Yang Sering Absen Dilakukan

Menjaga Kehamilan Muda The Pregnancy Lab

Sudah banyak sekali tips untuk menjaga kehamilan muda. Hampir semuanya sama, yaitu mencegah terjadinya keguguran lantaran janin masih sangat rentan mengalami hal tersebut. Begitu juga dengan kondisi rahim. Saat kehamilan masih berusia beberapa minggu atau bahkan beberapa hari, dinding rahim belum begitu kuat sehingga bisa berakibat buruk jika terjadi goncangan sedikit saja.

Dari penjelasan tersebut di atas, tentu ibu sudah tahu bagaimana cara menjaga kehamilan muda. Hal tersebut tidak jauh dari upaya seperti mengurangi kegiatan fisik serta mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Cukupkah? Ternyata tidak. Dari sekian banyak cara menjaga hamil muda, mungkin berikut ini beberapa hal yang lupa untuk ibu lakukan.

Mengurangi Hubungan Seksual

Beberapa dokter kandungan menyarankan agar selama masa kehamilan muda, ibu tidak perlu melakukan hubungan seksual. Ibu bisa memberi penjelasan kepada suami ibu mengapa hal tersebut terjadi.

Sebenarnya tidak harus demikian. Hanya saja, frekuensinya saja yang dikurangi. Ibu tahu kenapa? Sperma yang masuk ke dalam rahim bisa mengakibatkan kontraksi. Dan jika kontraksi ini terjadi begitu keras, maka rahim yang belum begitu kuat akan mengalami masalah. Bukan tidak mungkin janin yang ibu kandung akan mengalami keguguran.

Inilah yang membuat pakar kesehatan ibu hamil menyarankan agar frekuensi melakukan hubungan suami istri dikurangi. Bahkan, jika khawatir terhadap resiko buruk yang bisa terjadi, sangat disarankan agar tidak perlu melakukan hubungan suami istri selama masa kehamilan muda. Ini dianggap sebagai cara menjaga hamil muda yang paling tepat untuk dilakukan.

Hindari Minum Teh

Sebenarnya minum teh tidak harus dihindari, hanya saja dikurangi. Dan harus teh herbal yang boleh dikonsumsi. Mengkonsumsi teh celup tidak begitu baik untuk kesehatan ibu hamil muda lantaran kandungan kafeinnya yang sangat cukup tinggi.

Jadi, selain mengurangi mengkonsumsi teh, ibu harus memilih teh herbal. Teh hijau sangat direkomendasikan. Namun, jika ibu tidak menemukan teh yang sudah pasti baik untuk kesehatan ibu hamil, alangkah baiknya jika ibu ganti saja dengan susu ibu hamil. Susu Frisian Flag Mama bisa ibu jadikan minuman nikmat di kala waktu istirahat di sore hari.

Minta Bantuan Suami

Suami harus ikut serta dalam menjaga kehamilan muda. Peran suami adalah untuk memastikan ibu tidak stres. Suami ibu memanjakan istri dengan cara memijat bagian punggung dan kaki, melayani apa saja yang dibutuhkan, dan lain seterusnya. Tujuannya hanya satu, yaitu agar istri merasa rileks dan tidak terbebani dengan pekerjaan rumah. Dengan demikian, ibu hamil bisa terhindar dari stres sehingga kesehatannya pun terjaga.

Ingin mendapatkan informasi lainnya tentang kesehatan ibu hamil? Silakan bergabung saja dengan forum ibu hamil di www.ibudanbalita.com. Di sana, ibu akan mendapatkan banyak sekali informasi tentang kehamilan, termasuk tentang bagaimana cara mengatasi keluhan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil seperti morning sickness, anemia, nyeri punggung, sakit gigi, heartburn, dan lain sebagainya.

Tidak salah jika ibu meluangkan waktu untuk ikut diskusi di forum tersebut. Selain mendapatkan informasi, ibu juga akan berkenalan dengan sesama ibu hamil di forum tersebut.

Yang pasti, menjadi ibu hamil tidaklah berat. Ada yang bilang menjaga kehamilan itu tidak mudah. Pada kenyataannya tidak demikian. Jika ibu tahu apa yang harus ibu lakukan untuk menjaga kehamilan muda, maka tidak akan berat menjalani hari demi hari menjadi seorang ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*